Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan
Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan?

Posted on

KucingMania.net – Setelah berjuang keras melahirkan bayi-bayinya, induk kucing harus mendapatkan makanan dan nutrisi yang terbaik agar ia menghasilkan susu yang akan diminum oleh anak-anaknya. Namun terkadang ada beberapa induk kucing yang malah kehilangan selera makan mereka setelah melahirkan. Tentu saja ini adalah hal yang sangat berbahaya bagi induk kucing itu sendiri dan bayi-bayinya. Oleh karena itu mari kita mempelajari kenapa kucing tidak mau makan setelah melahirkan dan kemudian akan saya beri beberapa tips untuk memancing induk kucing ini agar mau makan.

Air susu induk kucing adalah hal yang sangat penting bagi bayi-bayi kucing. Air susu kaya akan antibodi yang akan membantu melindungi bayi yang baru lahir dari infeksi sementara sistem kekebalan tubuh mereka sendiri masih berkembang. Anak kucing yang baru lahir harus segera menyusui untuk mendapatkan hasil maksimal dari kolostrum kaya antibodi dari induk mereka. Namun masalah akan timbul ketika setelah melahirkan sang induk malah tidak doyan makan. Jika induk tidak mau makan, maka ia tidak akan mendapatkan asupan nutrisi untuk memproduksi susu. Jika kita sudah menyediakan makanan dan minuman didekatnya dan induk tidak mau memakannya, mungkin ada masalah yang terjadi. Berikut ini beberapa penyebab kenapa kucing tidak mau makan setelah melahirkan.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

#1. Beberapa induk kucing akan memakan plasenta bayi kucing setelah mereka lahir. Bisa jadi ia masih kenyang setelah memakan plasenta tersebut. Jika dalam maksimal 24 jam setelah melahirkan induk kucing masih belum mau makan, ada masalah lain yang terjadi.

#2. Penyebab kucing tidak mau makan setelah melahirkan yang berikutnya adalah adanya masalah radang rahim. Beberapa induk kucing mengalami peradangan rahim setelah melahirkan. Peradangan ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang akan menghilangkan selera makannya. Hal ini dikarenakan ketika proses melahirkan, ada beberapa bahan kimia dilepaskan ke dalam darah yang menyebabkan demam dan menurunkan nafsu makan. Tunggu maksimal hingga 24 jam apakah induk kucing masih belum berselera makan.

#3. Penyebab kucing tidak mau makan setelah melahirkan yang berikutnya adalah ada masalah dengan pendarahan. Pendarahan yang berasal dari rahim setelah lahir adalah normal. Kotoran harus berwarna coklat kemerahan dan tidak berbau busuk. Jika ia berdarah yang berlebihan dan berwarna merah terang maka hal ini menunjukkan masalah di rahim atau dalam sistem pembekuan darah. Jika dibiarkan, perdarahan dapat menyebabkan anemia dan akan membuat kucing merasa lemah dan tidak ingin bergerak atau makan.

#4. Terkadang plasenta bayi kucing masih tertinggal didalam rahim induk kucing. Hal ini sangat berbahaya karena akan menimbulkan masalah seperti berkembangnya bakteri yang akan memicu peradangan rahim yang disebut metritis. Kondisi peradangan dapat menyebabkan rasa sakit, demam, dan menghilangnya nafsu makan.

#5. Penyebab kucing tidak mau makan setelah melahirkan yang berikutnya adalah induk kucing bisa saja mengalami kondisi yang disebut Hipokalsemia. Ini terjadi ketika jumlah kalsium dalam darah turun di bawah normal. Efek dari masalah ini adalah kucing akan bernafas dengan cepat dan gelisah, tremor, anggota badan kaku dan kesulitan berdiri atau berjalan yang akan menyebabkan kucing kehilangan selera makan.

Baca juga: Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Apa yang terjadi ketika induk kucing tidak makan setelah 24 jam melahirkan? Kucing yang tidak makan selama lebih dari 24 jam akan mulai merasa lemah dan menimbulkan kondisi yang disebut lipidosis hati yang akan menciptakan masalah yang agak serius di hati. Tanpa asupan makanan yang digunakan untuk energi, tubuh akan mencapai titik di mana ia akan mulai menggunakan cadangan lemak dan zat-zat lemak ini diproses di hati. Hal ini secara signifikan meningkatkan beban kerja hati dan mengganggu fungsi normalnya. Kekurangan nutrisi ditambah dengan stres juga menyebabkan melemahnya sistem kekebalan yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Seekor induk kucing menyusui yang tidak makan akan menghadapi tantangan tambahan selain yang disebutkan di atas. Dia akan lemah, depresi dan kehilangan minat dalam merawat anak-anaknya. Kekurangan energi dan malnutrisi menyebabkan produksi susunya menurun dan pada akhirnya tidak akan dapat menghasilkan susu yang cukup untuk anak-anaknya dan bahkan mungkin menderita hipokalsemia. Anak-anak kucing akan terus menangis dan kemudian menjadi lemah, sakit-sakitan dan bahkan mungkin mati.

Bagaimana cara membantu induk kucing yang tidak mau makan setelah melahirkan? Berikut ini dua tips yang bisa dicoba untuk memancing induk kucing agar ia mau makan.

  1. Pastikan suasana sekitar dalam keadaan tenang dan damai. Siapkan makanan, minuman dan yang tidak kalah penting adalah kotak pasirnya berdekatan dengan posisi dimana induk kucing merawat bayi-bayinya.
  2. Untuk merangsang nafsu makan kucing, pancing dengan menghangatkan makanan mereka agar mengeluarkan bau yang diharapkan mampu menimbulkan rasa ingin tahunya. Makanan basah seringkali lebih menggiurkan daripada makanan kering.

Jika dua cara diatas tidak berhasil memancing induk kucing untuk makan hingga lebih dari 48 jam, langkah terakhir dan yang terbaik adalah memanggil atau membawanya menemui dokter hewan untuk memberikannya perawatan. Dokter hewan akan memberikan observasi lengkap seperti mengambil sampel darahnya dan bahkan bisa saja prosedur pencitraan diagnostik akan dilakukan untuk menentukan apa yang salah dengannya. Dokter biasanya akan memberikan bantuan dengan memberikan cairan khusus atau intravena untuk menambah energi dan kebutuhan airnya ketika dia sedang memulihkan diri dan obat-obatan dapat diberikan sesuai  dengan yang ditentukan oleh dokter hewan.

Baca juga: Makanan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Itulah beberapa masalah kenapa kucing tidak mau makan setelah melahirkan. Sangat penting bagi kita pemilik kucing untuk segera memberikan bantuan dan penanganan yang tepat karena jika induk kucing tidak mau makan, maka banyak hal yang akan dipertaruhkan. Kematian bayi kucing dan induk kucing bisa menjadi kemungkinan terburuk jika kita tidak segera memberikan pertolongan yang tepat.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar