20 Kucing Termahal, Harganya Fantastis!

Di dunia ini seperti yang kita ketahui terdapat berbagai macam jenis kucing. Dari semua jenis kucing tersebut, ada yang bernilai murah (bahkan gratis) hingga memiliki harga yang fantastis. Penasaran dong apa saja kucing termahal yang ada di dunia ini?

Untuk menjawab rasa penasaran sobat tersebut, artikel ini akan mengulas beberapa jenis kucing termahal yang ada di dunia ini. Harga mahal kucing-kucing ini adalah harga murni yang masih belum dihitung biaya seperti impor ke negara tertentu.

Yuk simak ulasan artikel ini hingga usai…

Jenis Kucing Termahal

Ocicat (12.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Ocicat adalah salah satu kucing termahal di dunia (sumber gambar Pinterest)

Dengan penampilan menyerupai macan tutul, motifnya yang eksotis membuat kucing Ocicat adalah salah satu kucing yang paling disukai oleh pecinta kucing. Meski memiliki penampilan menyerupai macan tutul, namun kucing Ocicat adalah kucing yang jinak dan ideal untuk dipelihara.

Nama Ocicat sendiri berasal dari nama Ocelot karena keduanya mirip. Ocicat adalah hasil percampuran antara kucing jenis Siam, Abyssinian dan American Shorthair. Kucing ini pertama diperkenalkan pada tahun 1964 oleh para peternak kucing yang berasal dari Virginia Daly, Michigan.

Harga kucing Ocicat saat ini berada di kisaran harga 12.000.000 rupiah.

Kucing Hutan Norwegia (12.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Hutan Norwegia

Kucing Hutan Norwegia atau Norwegian Forest Cat juga termasuk salah satu jenis kucing terbesar di dunia. Kucing yang nampak gagah dan elegan ini sesuai dengan namanya berasal dari Norwegia.

Bulunya tebal dan panjang adalah sebagai perlindungan dari cuaca dingin dan cenderung ekstrim yang menjadi ciri khas hutan di Norwegia. Kucing ini juga termasuk salah satu jenis ras kucing tua yang sudah diketahui sejak masa bangsa Viking pada tahun 1000 masehi.

Pada waktu lampau, Kucing Hutan Norwegia sempat mengalami ancaman kepunahan. Namun secara perlahan jumlah mereka kembali semakin banyak setelah dilakukan penangkaran oleh para penggemar Kucing Hutan Norwegia.

Harga Kucing Hutan Norwegia berada di kisaran 12.000.000 rupiah.

Egyptian Mau (12.000.000)

Kucing Termahal
Salah satu jenis kucing termahal – Egyptian Mau (sumber gambar holidogtimes)

Kucing Egyptian Mau atau Mau Mesir jumlahnya sangat sedikit dan termasuk salah satu jenis kucing yang langka. Meski memiliki nama Egyptian Mau, kucing ini sebenarnya bukanlah kucing yang berasal dari Mesir. Mereka adalah perpaduan dari kucing yang berasal dari Eropa dan Amerika.

Corak dan motif kucing Egyptian Mau sekilas juga memiliki motif seperti macan tutul. Tubuhnya panjang dan ramping serta ia adalah kucing yang memiliki kecepatan berlari hingga 30 mil/jam.

Harga kucing Egyptian Mau ada di kisaran 12.000.000 rupiah.

Siam (12.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Siam adalah salah satu jenis kucing termahal

Kucing Siam murni berasal dari negara Thailand. Siam mulai dikenal dan populer pada abad ke 19. Ciri khas utamanya adalah mayoritas memiliki warna coklat dan mata biru. Namun beberapa jenisnya memiliki warna keputihan.

Kucing Siam murni menjadi “sumber” untuk mengembangbiakkan beberapa jenis kucing seperti kucing Burma dan kucing Himalaya.

Harga kucing Siam murni dan asli berada di kisaran 12.000.000 rupiah.

Korat (12.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Korat (sumber gambar wallpaperflare)

Kucing Korat mungkin jenisnya tidak terlalu dikenal seperti jenis Siam. Namun kucing ini juga berasal dari Thailand. Korat adalah salah satu jenis kucing tertua yang ada di dunia ini. Di Thailand, kucing ini dijadikan simbol keberuntungan dan biasanya menjadi hadiah pernikahan.

Struktur tulang mereka besar dan tubuhnya gemuk. Mata mereka cenderung berwarna kuning kehijauan dan bulu pendek. Warna biru cenderung abu-abu gelap (bahkan mungkin terlihat seperti kucing hitam).

Harga kucing Korat saat ini diketahui berada di kisaran 12.000.000 rupiah.

Selkirk Rex (12.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Selkirk Rex

Kucing Selkirk Rex adalah kucing yang berasal dari Amerika. Pertama kali dibiakkan pada tahun 1987 di daerah Montana, Amerika. Dengan rambut panjang dan gimbalnya, Selkirk Rex sekilas terlihat seperti kucing Persia.

Selkirk Rex dibiakkan oleh seorang peternak kucing bernama Jeri Newman. Jeri memberi nama Selkirk yang merupakan nama ayahnya sehingga menjadikan kucing ini adalah satu-satunya jenis kucing yang berasal dari nama seseorang. Selkirk Rex mulai diakui secara resmi oleh Asosiasi Kucing Internasional pada tahun 1992.

Harga kucing Selkirk Rex berkisar 12.000.000 rupiah.

Siberia (12.000.000)

Kucing Termahal
Salah satu jenis kucing termahal – Kucing Siberia

Sesuai dengan namanya, kucing Siberia memang berada dan berasal dari kawasan Siberia (Rusia). Termasuk jenis ras tertua. Tubuhnya besar dan gagah dengan bulu sangat lebat untuk memberikan perlindungan atas cuaca dingin cenderung ekstrim khas Siberia.

Juga dikenal sebagai kucing hutan Siberia atau kucing Siberian. Kucing ini adalah kucing nasional negara Rusia dan secara resmi berada dalam lindungan pemerintah. Mulai dikembangbiakkan secara resmi pada tahun 1980 an.

Harga kucing Siberia saat ini berada di kisaran 12.000.000 rupiah.

American Shorthair (14.000.000)

Kucing Termahal
American Shorthair

Kucing American Shorthair memiliki tubuh yang besar, berbulu pendek, telinga pendek dan berwajah bundar. Kucing usia dewasa bobotnya bisa mencapai 6-8 kilogram.

Meski memiliki nama American Shorthair dan seolah menjadi kucing asli Amerika, namun ada rumor yang mengatakan jika kucing ini awalnya berasal dari daratan Eropa yang terbawa masuk ke Amerika melalui jalur para pedagang. Para pedagang ketika itu membawa kucing jenis ini dalam kargo mereka untuk mengusir tikus.

Harga kucing American Shorthair murni berada di kisaran 14.000.000 rupiah.

British Shorthair (15.000.000)

Kucing Termahal
Salah satu jenis kucing termahal – British Shorthair

Gemuk, bundar dan lucu serta berbulu lebat adalah penampilan utama kucing ini. Kucing British Shorthair meski adalah kucing yang saat ini dikenal berasal dari Inggris, namun asal utama kucing ini sebelumnya berasal dari Eropa yang diimpor ke Inggris.

Warna bulu kucing British Shorthair sangat khas dengan warna yang dikenal sebagai “British Blue”. Namun bagi mata awam, sebagian menganggap warna kucing ini berwarna abu-abu gelap. Tubuh gemuk mereka bisa mencapai berat 8 kilogram.

Harga kucing British Shorthair bisa mencapai 15.000.000 rupiah.

Ragdoll (16.000.000)

Kucing Termahal
Ragdoll adalah salah satu jenis kucing termahal

Kucing yang mempesona inilah kucing Ragdoll. Penampilannya anggun, bulu panjang halus dengan wajah yang manis. Kucing Ragdoll adalah salah jenis kucing favorit dan populer terutama di Amerika dan Inggris. Mulai dikembangbiakkan pada tahun 1960 oleh seorang peternak kucing yaitu Ann Baker di Amerika.

Kucing ramah dan suka bermain-main ini adalah kucing yang berorientasi kepada pemiliknya. Dia suka mencari perhatian dan berdekatan dengan orang-orang di sekitar terutama pemiliknya. Kucing Ragdoll juga menjadi salah satu jenis kucing yang memiliki tubuh besar. Berat tubuh kucing dewasanya berkisar antara 9-12 kilogram.

Harga kucing Ragdoll murni dan asli berkisar 16.000.000 rupiah.

Maine Coon (16.000.000)

Kucing Termahal
Si gagah dan lembut kucing Maine Coon

Gagah dan berbulu lebat panjang adalah ciri khas utama kucing Maine Coon. Salah satu jenis kucing domestik terbesar yang ada di dunia. Kucing ras alami dan salah satu yang tertua di dunia. Berasal dari kawasan Maine, Amerika Serikat.

Penampilannya yang gagah dan mungkin terkesan garang sangat bertolak belakang dengan sifatnya yang lembut, jinak dan menghormati pemiliknya. Menjadi salah satu jenis kucing yang populer di dunia, kucing Maine Coon adalah raksasa yang lembut.

Harga kucing Maine Coon berkisar 16.000.000 rupiah.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Maine Coon

American Wirehair (18.000.000)

Kucing Termahal
Kucing American Wirehair (sumber gambar icatcare)

American Wirehair adalah ras kucing yang langka. Kucing ini berasal dari New York, Amerika Serikat. Kucing ini adalah hasil mutasi secara tidak sengaja dari jenis American Shorthair. Pada tahun 2003, jumlahnya terdeteksi hanya berjumlah 22 ekor saja yang terdaftar di Asosiasi Peternak Kucing.

Penampilannya secara fisik memang mirip dengan jenis American Shorthair. Yang membedakan hanya pada perbedaan struktur bulu-bulu mereka dimana jenis American Wirehair berbulu lebih cenderung keriting.

Harga kucing American Wirehair berada di kisaran 18.000.000 rupiah.

American Curl (18.000.000)

Kucing Termahal
Kucing American Curl bertelinga unik dan harga mahal

American Curl adalah kucing yang berasal dari Lakewood, California. Kucing ini adalah hasil mutasi alami dan spontan. Ciri khas yang menonjol adalah telinganya yang melengkung ke bagian luar dan bulu panjang. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar dimana kucing dewasanya memiliki berat antara 4-5 kilogram.

Ada hal yang unik pada kucing ini ketika dilahirkan. Telinga mereka pada awalnya ketika lahir memiliki bentuk normal seperti kucing-kucing lainnya. Namun dalam kurun waktu 48 jam setelah lahir, telinga mereka mulai “keriting” atau melengkung ke bagian luar.

Harga kucing American Curl saat ini berkisar 18.000.000 rupiah.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bertelinga Lebar yang Eksotis

Sphynx (18.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Sphynx adalah salah satu kucing termahal

Jenis kucing tanpa bulu yang unik ini bernama Sphynx. Mulai dikenal pada sekitar tahun 1960 an. Penampilannya bagi sebagian orang mungkin dianggap aneh dan menyerupai alien. Namun percayalah, kucing ini memang memiliki penampilan yang unik dan eksotis.

Wajah mereka cenderung kecil, daun telinga yang lebar dan besar, perut buncit dan bundar, ekor kecil tipis namun tubuh mereka berotot. Kucing ini memerlukan perawatan ekstra karena bulu-bulu mereka yang super tipis.

Harga kucing Sphynx berada di kisaran 18.000.000 rupiah.

Baca juga: Ras Kucing Tanpa Bulu yang Unik dan Menarik

Scottish Fold (22.500.000)

Kucing Termahal
Salah satu jenis kucing termahal – Scottish Fold

Gendut, wajah bulat, mata lebar bulat dan telinga yang melipat ke bagian dalam membuat kucing ini nampak seperti berwajah burung hantu. Inilah kucing Scottish Fold yang akan membuat sobat selalu bahagia ketika melihat penampilannya.

Sesuai dengan namanya, kucing ini adalah kucing asli Skotlandia dan mulai dikenal pada tahun 1966. Telinganya yang menekuk ke dalam adalah dikarenakan mutasi genetik yang mempengaruhi tulang rawan di telinga mereka.

Meski bertubuh bulat dan gendut, tubuh mereka secara umum tidaklah terlalu berat dan besar. Rata-rata kucing Scottish Fold dewasa memiliki berat badan antara 4-6 kilogram. Dan bulu mereka pendek.

Harga kucing Scottish Fold saat ini diketahui berada di angka 22.500.000 rupiah.

Russian Blue (25.500.000)

Kucing Termahal
Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue diketahui berasal dari Arkhangelsk, Rusia. Jika melihat penampilannya, warna tubuhnya terlihat berwarna abu-abu gelap menyerupai warna jenis kucing British Shorthair.

Secara penampilan fisiknya kucing ini pun juga mirip dengan British Shorthair. Namun yang membedakan keduanya adalah tubuh kucing Russian Blue lebih ramping. Wajahnya juga cenderung lebih kecil. Kucing Russian Blue dikenal memiliki kepribadian yang manis dan ideal untuk dijadikan kucing peliharaan keluarga.

Harga kucing Russian Blue saat ini berada di kisaran 25.500.000 rupiah.

Peterbald (37.500.000)

Kucing Termahal
Kucing Peterbald adalah salah satu kucing berharga mahal (sumber gambar cattime)

Kucing Peterbald adalah jenis kucing yang berasal dari St. Petersburg, Rusia. Pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1994 oleh salah seorang peternak kucing yang bernama Olga S. Mironova.

Penampilan fisiknya seolah-olah menampakkan kucing ini tidak memiliki bulu seperti kucing jenis Sphynx. Namun kucing ini memiliki bulu yang tipis. Kepala mereka kecil dan memanjang, telinga lebar dan runcing, dan kaki mereka berselaput.

Harga kucing Peterbald saat ini diketahui berada di angka 37.500.000 rupiah.

Bengal (75.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Bengal memiliki harga yang fantastis

Kucing Bengal adalah hasil pencampuran ras kucing dengan campur tangan manusia. Mereka adalah hasil pencampuran antara kucing macan tutul Asia (Felis Bengalensis — yang merupakan asal mula nama “Bengal”) dengan kucing peliharaan seperti Abyssinian, Egyptian Mau, atau American Shorthair.

Oleh karena itu kucing ini memiliki penampilan seperti kucing hutan liar atau macan tutul namun memiliki kepribadian jinak kucing peliharaan.

Harga kucing Bengal murni saat ini berada di angka 75.000.000 rupiah.

Baca juga: Panduan Dasar Cara Merawat Kucing Bengal

Turkish Angora (80.000.000)

Kucing Termahal
Kucing Turkish Angora memiliki harga fantastis (sumber gambar Pinterest)

Kucing cantik nan anggun yang berasal dari Turki ini memiliki harga yang fantastis. Kucing Angora murni tidak sembarangan dapat dibeli dengan mudah. Banyak syarat yang harus bisa dipenuhi bagi siapapun yang ingin mengadopsi kucing ini.

Harga kucing Angora murni yang berasal dari Turki berada di harga 80.000.000 rupiah.

Savannah (375.000.000)

Kucing Termahal
Savannah

Savannah adalah kucing hibrid hasil pencampuran kucing domestik dan kucing liar Afrika yaitu Serval. Pertama kali dikembangbiakkan oleh Judee Frank pada tahun 1990 an dan diakui secara resmi oleh Asosiasi Kucing Internasional pada tahun 2001.

Kucing ini memiliki tubuh ramping dan besar dengan tulang serta otot yang kokoh. Berat kucing dewasa mencapai 9-10 kilogram. Penampilannya sangat eksotis dan mewah dan motifnya menyerupai kucing Bengal.

Harga kucing Savannah berada di harga 375.000.000 rupiah.

Ashera (1,9 Milyar)

Kucing Termahal
Kucing termahal di dunia – Kucing Ashera (sumber gambar Pinterest)

Dan inilah kucing termahal di dunia, sambutlah kucing eksotis dan menawan Ashera. Kucing hibrid hasil pencampuran antara kucing domestik, Serval dan macan tutul Afrika. Karena itulah kucing ini sangat langka dan super mahal.

Meskipun kucing ini memiliki genetika kucing liar seperti Serval dan macan tutul Afrika, namun kucing Ashera sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa menjadi kucing peliharaan rumahan yang jinak.

Karena proses pembiakannya yang sulit, tidak banyak kucing Ashera bisa ditemukan dan untuk memiliki kucing ini membutuhkan usaha sangat keras.

Harga kucing Ashera menembus angka 1.875.000.000 atau hampir setara 1.9 milyar rupiah!

Update: ada informasi yang menyebutkan kucing Ashera adalah palsu. Mereka sebenarnya adalah kucing Savannah. Namun lebih banyak informasi yang menyebut kucing ini ada dan asli.

Catatan: Harga yang sudah disebutkan diatas tidak mengikat dan tidak baku. Namun harga tersebut mendekati harga kucing yang sesungguhnya ketika dibeli dari para peternak kucing di luar negeri. Dan harga tersebut adalah harga untuk kucing yang memiliki ras murni.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar