15 Kucing Terlucu di Dunia, No. 1 Dijamin Menggemaskan

Siapa yang bisa tahan dengan godaan kucing-kucing yang lucu berikut ini? Berikut ini adalah beberapa kucing terlucu di dunia versi kucingmania.net, penasaran?

Bagi kita semua para penggemar hewan bernama kucing, mungkin kita sepakat bahwa kucing apapun itu adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Meski beberapa kucing memiliki wajah yang nampak “jutek”, justru itu adalah daya tarik mereka.

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia (shutterstock)

Apa yang membuat kucing nampak lucu? Mata bulat ekspresif dengan tatapan yang polos? Tingkah laku yang usil dan sangat aktif? Apapun yang mereka lakukan dan mereka miliki, kucing tidak akan pernah berhenti membuat takjub.

Bagi kamu yang mungkin masih merasa penasaran jenis kucing apa yang secara alamiah memiliki fisik yang lucu dan imut, kucingmania akan membantu memberikan godaan untukmu dengan menampilkan beberapa jenis kucing terlucu di dunia berikut ini.

Catatan: cukup sulit untuk menentukan dan memilih kucing mana yang paling lucu. Ini karena mereka semua sangat lucu dan sangat sulit untuk menempatkan siapa yang berada di urutan teratas.

Kucing Terlucu di Dunia

1. Scottish Fold

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Scottish Fold (shutterstock)

Mata bulat dan ekspresif serta memiliki tatapan mata yang polos. Inilah kucing Scottish Fold yang dijamin akan membuat kamu terpesona dengan wajah imutnya. Hal lain yang membuat mereka makin unik tentu saja telinganya yang terlipat.

Ras asli kucing ini berasal dari Skotlandia. Karena itulah mereka memiliki nama “Scottish” yang artinya berasal dari Skotlandia. Telinganya yang melipat adalah hasil mutasi genetik alamiah. Kucing Scottish Fold adalah salah satu jenis kucing yang cukup banyak dipelihara pecinta kucing di Indonesia.

2. Munchkin

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Munchkin (shutterstock)

Apa perasaan sobat ketika melihat kucing Munchkin dengan tubuhnya yang pendek ditambah dengan ekspresi wajahnya yang imut menggoda?

Tidak bisa ditolak lagi bahwa kucing Munchkin adalah salah satu kucing terlucu di dunia ini. Kakinya yang pendek atau kerdil disebabkan karena mutasi genetik yang terjadi secara alamiah. Kucing Munchkin saat ini sering dijadikan sebagai dasar pengembangan beberapa jenis kucing berkaki pendek lainnya.

3. Persia

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Persia (shutterstock)

Kucing Persia adalah jenis kucing yang sangat populer dan menjadi salah satu ras kucing yang paling banyak dipelihara di dunia ini. Banyak alasan kenapa kucing Persia begitu dominan dipelihara oleh para pecinta kucing.

Alasan utamanya tentu saja Persia adalah kucing yang sangat lucu! Dengan tubuhnya yang tambun, hidung pesek dan wajah datar yang menggemaskan, semua pesona kucing ada di penampilan kucing Persia.

4. Exotic Shorthair

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Exotic Shorthair (shutterstock)

Kucing Exotic Shorthair adalah pengembangan lain dari kucing Persia namun dengan bulu pendek. Penampilan fisiknya bisa dikatakan dominan memiliki penampilan kucing Persia namun memiliki beberapa ciri fisik lain yang berbeda.

Yang membedakan adalah, Exotic Shorthair adalah kucing hasil persilangan antara Persia dan American Shorthair. Sebagian orang menganggap Exotic Shorthair adalah kucing Garfield. Secara sekilas penampilan Exotic Shorthair dengan Garfield mungkin bagi sebagian orang nampak mirip.

5. Ragdoll

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Ragdoll (shutterstock)

Kucing Ragdoll adalah kucing dengan penampilan yang sangat menawan dan sifat yang sangat manis karena dikenal jinak dan penurut. Perpaduan karakteristik yang manis dan penampilannya yang menggemaskan adalah perpaduan kesempurnaan kucing Ragdoll.

Tubuhnya ketika dewasa cukup besar sehingga Ragdoll menjadi salah satu jenis kucing domestik terbesar. Namun meski memiliki tubuh yang besar, kelucuan kucing Ragdoll tidak akan pernah luntur sampai kapan pun usia mereka.

6. British Shorthair

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: British Shorthair (shutterstock)

Kucing British Shorthair atau juga dikenal dengan kucing BSH dan kucing bulu pendek Britania dengan tubuhnya yang kekar, bulu pendek lebat dan padat adalah salah satu kucing yang sangat lucu serta menggemaskan.

Diketahui sebagai salah satu ras kucing yang kuno, kucing British Shorthair dulunya adalah kucing domestik yang kerap dipelihara sebagai kucing penangkap tikus di kapal para pedagang. Kucing ini kemudian berevolusi dan dikawin silangkan dengan kucing liar Eropa.

7. Siberian

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Siberian (shutterstock)

Kucing Siberia atau Siberian adalah kucing yang berasal dari Rusia. Wajahnya sangat menggemaskan berpadu dengan bulu panjang super tebal menjadikan kucing ini adalah salah satu kucing yang sangat menawan. Di Rusia, kucing ini juga dikenal dengan nama kucing hutan Siberia.

Bulu super tebal kucing Siberia memiliki tiga lapisan yang memiliki fungsi untuk melindungi tubuhnya dari cuaca dingin yang ekstrim di Rusia. Mereka berevolusi sedemikian rupa setelah bertahun-tahun hidup liar di hutan Rusia.

8. Kucing Hutan Norwegia

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Hutan Norwegia (shutterstock)

Kucing Hutan Norwegia atau Norwegian Forest Cat adalah kucing yang berasa dari Eropa Utara dengan bulu sangat tebal serta berpenampilan sangat elegan dan tentu saja lucu dan menggemaskan.

Di Norwegia, kucing ini dikenal dengan nama Norsk skogkatt atau Norsk skaukatt. Bulu tebalnya adalah hasil evolusi alami yang terjadi selama bertahun-tahun untuk menyesuaikan diri dengan cuaca dingin ketika mereka masih hidup di alam liar.

9. Birman

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Birman (shutterstock)

Kucing Birman adalah kucing yang berasal dari Myanmar (dulunya adalah Burma). Pada masa lampau, kucing ini diketahui sebagai kucing peliharaan para pendeta yang hidup di beberapa kuil yang ada di Burma.

Karena itulah kucing Birman sering dianggap sebagai keturunan kucing suci. Bahkan sebutan lain kucing ini adalah Sacred Cat of Burma. Penampilannya sangat anggun dan wajah yang memiliki tatapan mata polos yang makin membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan.

10. Turkish Angora

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Turkish Angora (shutterstock)

Turkish Angora adalah kucing dengan penampilan yang tidak hanya lucu, kucing Turkish Angora adalah kucing yang sangat mempesona dan sangat rupawan. Kucing yang berasal dari Turki ini adalah kucing dengan harga yang mahal.

Turkish Angora juga diketahui sebagai salah satu ras kucing kuno karena diperkirakan sudah hidup sejak abad ke 17. Bahkan beberapa informasi menggambarkan bahwa kucing peliharaan nabi Muhammad yang sudah sangat dikenal sebagai Muezza adalah jenis Angora.

11. Cymric

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Cymric (shutterstock)

Kucing Cymric adalah versi lain dari kucing Manx namun memiliki bulu panjang (kucing Manx memiliki bulu pendek). Ciri khas keduanya adalah ekor mereka sangat pendek (bundel). Ekor pendeknya makin membuat kucing Cymric nampak semakin lucu.

Tubuh kucing Cymric cukup besar dan bulat namun terlihat sangat kompak. Bulunya yang panjang juga membuat kucing Cymric terlihat semakin anggun.

12. Himalaya

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Himalaya (shutterstock)

Kucing Himalaya atau juga dikenal sebagai Persia Himalaya adalah kucing lucu lain yang tentu saja adalah salah satu ras kucing favorit para pecinta kucing. Bulu panjang yang anggun, wajah menawan, mata biru yang mencolok, dan tentu ini adalah kucing yang sangat lucu serta menggemaskan.

Kucing Himalaya adalah hasil persilangan antara kucing Persia bulu panjang dengan kucing Siam. Karena itulah penampilan fisiknya menampakkan perpaduan keduanya yaitu memiliki warna khas Siam dan bulu panjang serta wajah Persia.

13. Somali

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Somali (shutterstock)

Salah satu kucing terlucu di dunia yang berikutnya adalah kucing Somali. Tidak hanya lucu, Somali adalah kucing dengan penampilan yang sangat anggun dan menawan. Dijamin sobat akan sangat mencintai kucing cantik ini.

Sejarah menceritakan bahwa kucing Somali ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan kucing Abyssinian. Jika Abyssinian dulunya diketahui berasal dari Abyssinia (Ethiopia), maka kucing Somali diketahui berasal Somalia.

14. American Curl

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: American Curl (shutterstock)

American Curl adalah kucing lucu berikutnya dengan ciri khas unik yaitu memiliki daun telinga yang melengkung ke arah belakang. Telinga tersebut adalah hasil mutasi spontan dan alamiah.

Kucing American Curl pada awalnya diketahui berasal dari California. Generasi awalnya ditemukan hidup secara liar pada tahun 1981. American Curl pertama adalah kucing liar yang diberi nama Shulamith yang ketika itu melahirkan beberapa anak kucing dengan telinga melengkung.

Kucing American Curl yang ada saat ini semuanya dipastikan adalah generasi yang berasal dari Shulamith yang sudah berkembang biak secara turun-temurun dan kemudian tersebar ke beberapa wilayah yang ada di dunia ini.

15. Snowshoe

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia: Kucing Snowshoe (shutterstock)

Snowshoe atau sepatu salju. Pemberian nama kucing Snowshoe ini merujuk pada warna putih pada empat kaki mereka yang menyerupai warna putih salju. Kucing Snowshoe adalah hasil keturunan kucing Siam yang secara alami dilahirkan memiliki pola “kaus kaki” warna putih.

Ciri khas kucing Snowshoe adalah beberapa bagian warna gelap kecoklatan yang ada di bagian telinga, wajah, kaki, dan ekor. Sekilas penampilan mereka memang cenderung mirip dengan kucing Siam. Namun hal utama yang membedakan adalah warna gelap di wajah.

Baca juga:

Kesimpulan

Tidak semua orang secara umum mengatakan bahwa kucing itu adalah hewan yang lucu. Tidak terkecuali para penggemar kucing terkadang juga masih belum bisa menganggap bahwa semua kucing adalah hewan yang lucu.

Namun saya yakin semua setuju bahwa semua kucing (atau beberapa) yang ada di dalam daftar jenis kucing terlucu di dunia yang sudah disebutkan di atas akan membuat siapapun terpesona dengan kelucuannya.

Jadi kucing yang manakah yang kamu anggap paling lucu? Atau kamu punya versi tersendiri untuk pilihan jenis kucing terlucu?

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar