10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia yang Mengagumkan

Berbagai jenis ras kucing yang saat ini ada di dunia ini beberapa diantaranya memiliki penampilan fisik dengan ukuran tubuh yang bermacam-macam. Ada kucing yang memiliki ukuran tubuh kecil dan berkaki pendek serta ada pula yang memiliki ukuran tubuh besar. Jika sobat mencari jenis  kucing terbesar, dibawah ini akan diulas beberapa ras kucing terbesar di dunia yang memiliki penampilan gagah dan mempesona.

Jenis Ras Kucing Terbesar di Dunia

1. Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu jenis kucing terbesar di dunia ini yang paling populer. Kucing Maine Coon dewasa bisa memiliki ukuran panjang tubuh mencapai 76-101 cm. Bahkan dalam catatan buku rekor dunia, penjang tubuh kucing Maine Coon tercatat mencapai hingga 123 cm! Kucing gagah ini saat ini juga menjadi salah satu kucing favorit bagi para pecinta kucing di Indonesia.

Meski mereka memiliki tubuh besar dan berwajah sedikit menyerupai singa, namun kucing Maine Coon adalah kucing yang jinak serta manja. Harga kucing ini di Indonesia mencapai jutaan rupiah. Rata-rata kucing Maine Coon dewasa memiliki harga diatas 10 juta rupiah.

Kucing Terbesar di Dunia
Kucing Maine Coon

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Maine Coon

2. Siberia

Kucing Siberia atau Siberian adalah salah satu ras kucing terbesar di dunia. Kucing yang aslinya berasal dari Rusia utara memiliki penampilan yang hampir mirip dengan Maine Coon. Bulunya tebal, bermata lebar dan memiliki ukuran tubuh yang besar. Kucing Siberia dewasa bobotnya bisa mencapai antara 9-11 kg. Bulu tebal mereka berguna untuk melindungi mereka di habitat alami mereka yang sangat dingin.

Kucing Terbesar di Dunia
Kucing Siberia

3. Ragamuffin

Kucing Ragamuffin adalah kucing yang besar meski tubuh mereka tidak sebesar kucing Maine Coon. Kucing Ragamuffin dewasa memiliki bobot antara 5-7 kg. Bulu mereka panjang dan tebal, jinak, manja serta diketahui sangat sayang kepada pemiliknya.

Kucing Terbesar di Dunia
Kucing Ragamuffin (sumber gambar outwardhound)

4. Ocicat

Ocicat memiliki penampilan yang sangat menarik dan eksotis. Sekilas mereka mirip dengan kucing hutan Indonesia atau beberapa diantaranya juga mirip dengan kucing Bengal. Kucing Ocicat memiliki energi yang luar biasa sehingga mereka sangat suka beraktifitas yang melibatkan fisik seperti berlarian.

Meski begitu, kucing ini sangat suka berkumpul dengan manusia di sekitarnya karena mereka sangat suka diperhatikan. Dan satu lagi yang menarik dari kucing Ocicat adalah mereka adalah salah satu kucing yang cerdas sehingga mereka bisa dilatih.

Kucing Terbesar di Dunia
Ocicat (sumber gambar Pinterest)

5. Turkish Van

Jika sobat mencari kucing yang suka dengan air, Turkish Van adalah jawabannya. Tubuh besar dan bulu tebal mereka tidak menghalangi hobi berenang dan bermain air. Jika kucing lain memiliki masalah jika bulu mereka sering terkena air dan lembab maka akan rawan terkena jamur, hal tersebut tidak berlaku kepada jenis kucing Turkish Van. Bulu mereka mampu beradaptasi dengan baik dengan air.

Jika sobat ingin memelihara kucing berbulu panjang namun terkendala dengan alergi, sobat bisa mempertimbangkan Turkish Van karena bulu mereka tidak akan mempengaruhi alergi bulu kucing.

Turkish Van
Turkish Van (sumber gambar holidogtimes)

6. Ragdoll

Kucing Ragdoll identik dengan bulu panjang lebat, tubuh besar dan kaki lebih cenderung pendek namun tidak sependek kucing mini seperti jenis Munchkin. Dalam catatan buku rekor dunia, Kucing Ragdoll masuk ke salah satu jenis kucing terbesar di dunia ini.

Kucing Ragdoll jantan dewasa bobotnya bisa mencapai hingga 10 kg, sedangkan betina dewasa bisa mencapai 7 kg dan menjadikan mereka salah satu jenis kucing terbesar di dunia. Penampilan mereka sangat cantik dengan bulu panjang lembutnya.

Kucing Terbesar di Dunia
Kucing Ragdoll

7. American Bobtail

Tubuh gemuk besar serta berekor pendek dan bahkan beberapa diantaranya seperti tidak memiliki ekor, itu adalah ciri menarik dari kucing American Bobtail. Karena itulah mereka dinamakan Bobtail. Kucing ini ketika dewasa mampu memiliki bobot hingga 7 kg. Meski mereka terlihat gemuk dan besar, tapi mereka adalah kucing yang sangat aktif dan cukup lincah.

Kucing Terbesar di Dunia
American Bobtail (sumber gambar holidogtimes)

8. British Shorthair

Jika Amerika punya American Bobtail, maka Inggris mempunya British Shorthair. Kucing dengan tubuh gendut besar serta wajah yang sangat identik ini adalah salah satu kucing favorit para pecinta kucing di Indonesia.Kucing British Shorthair dewasa diketahui bobot tubuhnya bisa mencapai 8-9 kg. Bulu tebal serta lembut plus perpaduan wajah lucu serta tubuh gendut akan membuat sobat pecinta kucing menggemari mereka.

Kucing Terbesar di Dunia
British Shorthair

9. Chausie

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan kucing ini? Hal tersebut sangat wajar karena kucing Chausie adalah jenis kucing yang langka. Mereka adalah kucing hasil perpaduan antara kucing liar dengan kucing domestik. Berat tubuh kucing Chausie dewasa saat ini diketahui bisa mencapai hingga 20 kg sehingga menjadikan mereka salah satu kucing terbesar di dunia.

Kucing Chausie
Kucing Chausie (sumber gambar Pinterest)

10. Norwegian Forest

Kucing yang sangat anggun dan mempesona. Bulu mereka panjang dan sangat tebal berguna untuk melindungi tubuh mereka akan keras dan dinginnya alam Skandinavia. Bobot kucing Norwegian Forest saat ini diketahui bisa mencapai hingga 10 kg ketika mereka mencapai usia dewasa.

Kucing Norwegian Forest
Kucing Norwegian Forest

Beberapa jenis kucing terbesar di dunia yang sudah disebutkan diatas sebagian diantaranya bisa ditemukan di Indonesia seperti jenis Maine Coon, Ragdoll, Turkish Van dan British Shorthair. Karena mereka asalnya adalah kucing impor, sobat tidak perlu kaget dengan harga mereka yang jutaan rupiah. Bagaimana, apakah sudah ada gambaran mau memelihara yang mana?

Bagikan di:

Tinggalkan komentar