Kucing Serval: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Kucing Serval adalah kucing liar yang berasal dari Afrika dengan ukuran tubuh sedang dan ramping. Motifnya bulunya cantik menyerupai macan tutul dan cheetah.

Motifnya bulunya yang menyerupai macan tutul atau cheetah membuat kucing liar ini terlihat eksotis dan menawan. Karena keindahan motifnya, Serval banyak diburu dan diperjual belikan di pasar gelap.

Kucing Serval
Kucing Serval

Kucing Serval saat ini jumlahnya menyusut di alam liar. Selain karena diburu untuk diperjual belikan, Serval banyak dibunuh oleh manusia karena kerap memangsa ternak seperti unggas. Selain itu kucing Serval juga diburu oleh predator lain seperti hyena, macan tutul dan anjing liar.

Sekilas Tentang Kucing Serval

Nama ilmiahLeptailurus serval
Warna buluKuning keemasan
Berat tubuh15 kg – 18 kg
Tinggi54 – 55 cm
Panjang tubuh55 – 60 cm
Masa hidup15 – 23 tahun
Kucing Serval
Kucing Serval (Dušan Veverkolog)

Karakteristik

Ukuran tubuh Serval sedang dan ramping. Kepalanya kecil, leher panjang, warna bulu kuning keemasan dengan motif berbintik dan bergaris, ekornya pendek dengan ujung ekornya berwarna hitam serta kakinya panjang.

Bobot tubuhnya ketika dewasa berkisar antara 15 kg hingga 19 kg. Panjang tubuhnya mencapai 60 cm. Telinganya yang besar juga berbanding lurus dengan pendengarannya yang sangat tajam.

Kucing Serval adalah hewan karnivora. Mereka aktif berburu sepanjang waktu (siang dan malam) serta sangat tertutup dan sering bersembunyi. Santapan utama Serval adalah hewan kecil seperti hewan pengerat, unggas, serangga, reptil dan katak.

Kucing Serval
Serval (ted smith)

Ketika berburu dan memangsa, Serval akan menerkam dan mampu melompat tinggi di udara untuk menangkap burung yang sedang terbang rendah atau bertengger.

Kaki depannya yang panjang berguna untuk menggali lubang ketika berburu mangsa yang bersembunyi di dalam tanah. Serval juga pandai memancing ikan. Karena keahliannya, Serval termasuk hewan pemangsa yang sukses.

Kucing Serval sangat teritorial. Untuk mengklaim teritorialnya, kucing Serval akan meninggalkan tanda dengan kotorannya (tinja dan urin) serta air liurnya. Kucing Serval sepanjang hidupnya akan selalu hidup sendiri. Ada saatnya Serval akan berpasangan (hanya beberapa hari) ketika masa birahi atau berkembang biak.

Usia kehamilan Serval betina akan berjalan selama 65 hingga 75 hari. Rata-rata anak yang dilahirkan berjumlah dua hingga 4 ekor. Induk Serval sangat protektif dan lihai menyembunyikan bayi-bayinya. Induk akan sering memindahkan bayi Serval untuk mengelabui predator.

Ketika anak-anak sudah cukup besar dan bisa berburu sendiri, induk Serval akan mulai menyapih dan mengusir anak Serval jantan. Sedangkan anak betina akan tetap hidup bersama induknya hingga mencapai usia matang untuk mulai bereproduksi serta mencari wilayahnya sendiri.

Habitat

Serval suka hidup di wilayah sabana. Mereka menyukai area yang memiliki banyak semak, rumput yang tinggi dan daerah yang berada di sekitar sungai. Kucing Serval banyak ditemukan di Afrika (kecuali Afrika Tengah). Serval sering terdeteksi di Burkina Faso, Ghana, Nigeria, Zambia, Zimbabwe dan Afrika Selatan. Sedangkan di Afrika bagian utara, Serval hanya ditemukan di Maroko.

Fakta Kucing Serval

Populasi Serval sangat menyusut di alam liar namun tidak dianggap berada dalam ancaman kepunahan. Beberapa faktor yang membuat populasi Serval menyusut adalah dibunuh manusia yang menganggap Serval adalah ancaman karena kerap memangsa hewan ternaknya.

Kucing Serval
Kucing Serval (Robert Cave)

Selain itu beberapa predator yang lebih kuat juga kerap membunuh Serval. Hyena, anjing liar dan macan tutul adalah musuh utama Serval dan sering bersinggungan karena memburu mangsa yang hampir sama. Manusia juga memburu serval untuk diperjual belikan dalam keadaan hidup atau diambil bulunya.

Kucing Serval juga dikembang biakkan untuk dijadikan “bahan campuran” jenis ras kucing Savannah. Jenis kucing Savannah adalah hasil percampuran antara Serval dengan kucing domestik. Beberapa Serval juga hidup dalam penangkaran, area konservasi dan sebagian lagi hidup di kebun binatang.

Baca juga:

Adopsi

Serval bukanlah kucing domestik yang mudah dijinakkan. Karakter mereka sebagai kucing liar sangat kuat. Serval bagaimanapun hanya bisa dipelihara di dalam kandang khusus dan belum bisa hidup berdampingan dengan manusia layaknya kucing domestik.

Namun Serval pada kenyataannya diperjual belikan. Berapa harga kucing Serval? Untuk mengadopsi kucing Serval, sobat harus mempersiapkan dana kisaran Rp. 21.000.000 hingga Rp. 168.000.000,- tergantung usia dan kualitasnya.

Alternatifnya jika ingin memelihara kucing domestik dengan penampilan seperti Serval, sobat bisa mempertimbangkan kucing Savannah atau kucing Ocicat. Atau bisa juga dipertimbangkan kucing lain yang berpenampilan tidak kalah eksotis seperti kucing Bengal.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar