Wajarkah Kucing Sering Tidur? Ketahui Jawabannya Di Sini

Kucing sangat suka tidur. Kucing tidur 70% sepanjang waktu. Namun tahukan kamu kenapa kucing sering tidur? Apakah itu adalah kebiasaan yang wajar dan normal?

Kalau sering kita perhatikan, sepanjang waktu dan hidupnya kucing terlihat sering menghabiskan waktu dengan bersantai dan tiduran. Meskipun kucing sering tidur sepanjang waktu, dalam beberapa waktu mereka akan memiliki waktu untuk aktif. Tapi mungkin sobat khawatir jika melihat kucing kesayangan terlihat terlalu sering tidur?

Meskipun kucing sering terlihat tidur sepanjang waktu, tahukah sobat kalau masih ada hewan lain yang memiliki kegiatan tidur lebih lama dari kucing? Kami akan mengulas kebiasaan favorit kucing ini lebih lengkap namun singkat berikut ini.

Seberapa Lama Kucing Sering Tidur?

Dalam kurun waktu 24 jam, kucing akan tidur antara 15 hingga 17 jam. Bahkan beberapa kucing peliharaan ada yang sangat gemar tidur hingga 20 jam. Meskipun sangat doyan tidur, masih ada hewan lain yang “mengalahkan” hobi tidur kucing yaitu possum dan kelelawar yang mampu tidur selama 5 hingga 6 bulan.

Kucing akan lebih sering terlihat tidur antara pagi hingga senja. Naluri alamiahnya kucing adalah hewan krepuskular yang akan lebih aktif ketika senja dan fajar karena itu adalah waktu mereka untuk berburu makanan. Namun tentu khusus kucing peliharaan mereka akan terjaga hanya untuk menikmati waktu bermain atau beraktifitas lain tanpa perlu berburu makanan.

Kucing Sering Tidur
70 persen waktu kucing hanyalah untuk tidur

Jadi jika ada pertanyaan “wajarkah kucing sering tidur?” tentu jawabannya adalah wajar dan normal karena hal tersebut adalah salah satu karakteristik kucing. Normal dan wajar jika:

  • Ketika bangun kucing tetap beraktifitas normal
  • Selera makan dan minum tetap normal.

Yang Harus Diwaspadai

Meskipun kucing sangat doyan tidur, beberapa hal harus tetap diwaspadai ketika kucing menunjukkan gejala berikut ini:

  • Lemas dan lesu ketika mereka sudah bangun
  • Kurang aktifitas
  • Selera makan dan minum turun atau bahkan hilang sama sekali
  • Mata sayu
  • Muncul beberapa gejala masalah kesehatan.

Ketika kucing terlalu sering tidur namun menunjukkan beberapa gejala diatas, bisa saja kucing sedang mengalami masalah dengan kesehatannya. Banyak kucing yang sakit hanya akan menghabiskan waktunya untuk tiduran karena tubuhnya lemah dan lesu.

Jika kucing sobat sudah menunjukkan gejala sakit, ada baiknya segera dilakukan tindakan perawatan dan pencegahan agar kucing tidak semakin sakit seperti:

  • Memberikan multivitamin
  • Jemur kucing pada pagi hari antara jam 8 hingga 10 selama 10 hingga 20 menit
  • Beri susu Bear Brand atau susu kambing yang sangat baik untuk menjaga dan merawat kucing sakit
  • Beri asupan madu + kuning telur
  • Campur makanannya dengan minyak ikan
  • Beri asupan air gula (air hangat)
  • Beri minum air kelapa hijau.
Kucing Sering Tidur
Kenapa kucing sering tidur? (Jonathan Fink)

Dan jika kucing memang benar-benar sakit dan tidak semakin membaik kondisinya tentu tindakan terbaik adalah membawanya ke vet atau dokter hewan.

Baca juga:

Fakta Unik

  • Tahukah sobat meski kucing terlihat tidur dengan sangat lelap namun sebenarnya indera penciuman dan pendengaran mereka tetap aktif dan siaga? Ya, kedua indera kucing ini sangatlah sensitif dan tajam. Semua dikarenakan secara naluriah kucing akan tetap waspada ketika ada predator lain yang mengancamnya atau mungkin hewan buruannya berada di sekitarnya
  • Fisik kucing tumbuh ketika mereka sedang tidur. Ketika kucing berusia dibawah 1 tahun semakin sering mereka tidur tentu semakin baik untuk pertumbuhan fisik mereka terutama bagi para bayi kucing dibawah 3 bulanan.

Kesimpulan

Jadi jangan terlalu khawatir ya jika kucing sering tidur namun tetap terlihat aktif, lincah serta doyan makan. Terkadang pose tidur kucing yang lucu bisa menjadi hiburan bagi para pemiliknya.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar