Mengobati Sendiri Kucing Scabies? Bisa Kok!

Kucing akan sangat menderita ketika terkena Skabies. Namun kita bisa memberikan penanganan awal kucing Scabies sebelum menjadi lebih parah.

Salah satu penyakit yang kerap menyerang kucing adalah Scabies/Skabies. Skabies akan menyerang kulit kucing dan bahkan bagian dalam dari kulit kucing.

Kucing Scabies
Kucing Scabies

Jika kucing terkena scabies, akan sangat terlihat di bulu-bulunya yang rontok, kusam, terlihat luka dan bahkan mengeluarkan darah. Mari kita membahas masalah kucing scabies ini karena sangat penting untuk diketahui bagi kita semua pemiliki kucing.

Penyebab Scabies Pada Kucing

Sebelum kita membahas bagaimana mengobati kucing scabies, ada baiknya kita ketahui apa saja yang menyebabkan kucing kena scabies. Penyebab kucing Scabies:

  • Jamur yang tidak sembuh dalam jangka waktu lama
  • Tungau scabies
  • Parasit / kutu yang ada di kulit kucing. Dalam jangka waktu lama, parasit ini bahkan bisa “bersarang” hingga menembus kulit bagian dalam.

Nah sekarang mari kita mengulas cara mengobati kucing scabies sebelum memutuskan untuk membawanya ke dokter hewan. Skabies tingkat ringan pada sebagian besar kasus masih bisa kita obati sendiri tanpa harus membawanya suntik ke dokter hewan.

Disclaimer: Berikut ini adalah obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter hewan, pengalaman pribadi serta pengalaman grup pecinta kucing. Saya bukan dokter hewan dan penyebutan merk berikut ini bukan iklan.

Mengobati Kucing Scabies

1. Menggunakan Biodin Spray

Semprotan ini bisa digunakan untuk menyembuhkan jamur dan Skabies tingkat ringan. Obat ini adalah obat yang aman jika terjilat oleh kucing. Beberapa kasus scabies parah bisa disembuhkan total menggunakan obat semprot ini secara rutin. Biodin juga ada dalam bentuk salep.

Kucing Scabies
Gunakan Biodin Spray untuk mengobati kucing Skabies

2. Sabun Belerang

Untuk mengobati kucing scabies berikutnya adalah bisa dengan memandikan kucing dengan sabun belerang. Sabun ini bisa dibeli di toko herbal dan apotik. Beberapa kasus scabies parah bahkan bisa sembuh dengan memandikan kucing menggunakan sabun belerang. Ada beberapa merk sabun belerang yang cocok untuk mengatasi Skabies pada kucing seperti JF Sulfur dan Asepso.

Kucing Scabies
Kucing Skabies bisa dimandikan menggunakan sabun mengandung belerang

3. Salep Kucing Scabies

Sedangkan jika ingin menggunakan salep pada kucing scabies, ada beberapa merk salep Skabies untuk manusia yang bisa digunakan kepada kucing. Dua merk yang yang bisa digunakan adalah Scabicid dan Scabimite.

4. Minyak-minyakan

Kucing kena scabies bisa dibantu penyembuhannya dengan beberapa produk minyak. Minyak zaitun dan VCO (Virgin Coconut Oil) bisa digunakan dengan cara mengoleskan ke bagian yang terkena Skabies. Lakukan saja secara rutin hingga rontok bagian-bagian yang terkena Skabies.

5. Scadix Spray

Ini adalah obat semprot yang diformulasikan untuk kucing yang terkena jamur dan Skabies. Baunya sangat tajam namun dalam beberapa kasus Skabies terbukti manjur. Obat ini mudah dibeli di toko perlengkapan hewan dengan harga yang terjangkau.

Kucing Scabies
Obat semprot Scadix untuk mengatasi jamur dan Skabies pada kucing

Untuk Skabies parah yang tidak bisa disembuhkan dengan menggunakan cara diatas harus segera diambil tindakan dengan membawa kucing ke dokter hewan. Kasus scabies parah dokter akan memberikan dua kali suntikan dengan rentang waktu satu hingga dua mingguan.

Pengobatan melalui suntikan ini sangat efektif karena tungau/parasit akan terbasmi dengan total. Harga suntik/pengobatan Skabies di beberapa dokter hewan tidak mahal dengan rentang harga antara 50 hingga 100 ribu.

Baca juga:

Jika kucing sudah terindikasi menderita Skabies, sobat harus segera mengatasinya karena Skabies pada kucing bisa menular kepada kucing lain dan manusia di sekitarnya. Kulit kita akan sangat gatal jika sudah terkena Skabies. Kunci mengobati kucing scabies adalah telaten dan sabar karena membutuhkan proses untuk sembuh hingga bulu-bulunya tumbuh normal kembali.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar