Tips Mengatasi Kucing Sakit Tidak Mau Makan

Posted on

Salah satu masalah yang membuat pemilik kucing kerepotan adalah ketika kucing kesayangannya tidak mau makan. Ketika kucing ogah-ogahan makan hal ini menandakan kucing sedang mengalami masalah yang sebagian besar dipicu oleh gangguan kondisi kesehatannya atau bisa juga karena kucing bosan dengan menu makanannya yang monoton. Ketika kucing sakit tidak mau makan, kita sebagai pemilik harus mengupayakan kucing untuk makan agar sakitnya tidak bertambah parah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memancing kucing kembali memiliki nafsu makan. Berikut inilah beberapa tips untuk mengatasi masalah kucing sakit tidak mau makan sebelum membawanya ke dokter hewan. Cara-cara berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi dan informasi diantara komunitas pecinta kucing.

Tips Mengatasi Kucing Sakit Tidak Mau Makan

1. Memberi Asupan Multi Vitamin

Ketika kucing sudah terindikasi susah makan, sobat bisa segera memberikan Multi Vitamin yang bisa membangkitkan selera makannya. Beberapa vitamin yang pernah direkomendasikan oleh dokter hewan langganan adalah Curcuma Plus, Biolysin dan Imboost Kids. Vitamin-vitamin ini memiliki kandungan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga dan meningkatkan nafsu makan.

Kucing Sakit Tidak Mau Makan
Curcuma Plus

2. Camilan Penggugah Selera Makan

Salah satu cara lain memancing kucing sakit tidak mau makan adalah dengan memberikannya camilan khusus kucing yang mampu menggugah selera makan mereka. Camilan khusus kucing seperti Me-O Creamy Treats, Vitakraft Liquid Snack dan Vitakraft Cat Stick untuk beberapa kasus mampu memancing selera makan kucing yang hilang kembali lagi.

Kucing Sakit Tidak Mau Makan
Vitakraft Liquid Snack

3. Kuning Telur

Kuning telur sangat bagus untuk menjaga dan meningkatkan staming kucing. Ketika kucing susah makan, perawatan dengan pemberian kuning telur pada beberapa kasus mampu kembali meningkatkan selera makan kucing.

Baca juga: Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

4. Ramuan Tradisional

Beberapa kucing tidak doyan makan karena mengalami masalah kesehatan seperti Sariawan dan kemungkinan adanya luka dalam. Salah satu cirinya adalah bau mulut yang sangat tidak sedap. Ramuan tradisional yang bisa digunakan adalah menggunakan kunyit yang diparut, kemudian diperas dengan air dan tambahkan madu secukupnya kemudian minumkan kepada kucing dua kali sehari.

5. Minyak Ikan

Memberikan minyak ikan secara rutin juga mampu menjaga selera makan kucing tetap bagus. Ketika kucing sakit dan kemudian susah makan, memberikan minyak ikan dalam beberapa kasus mampu mengembalikan selera makan kucing.

6. Nutri-plus gel

Nutri-plus gel memberikan banyak manfaat kepada kucing terutama seperti meningkatkan nafsu makan. Nutri-plus gel nutrisi multivitamin yang memang khusus diformulasikan untuk kucing.

Nutri-plus gel untuk meningkatkan selera makan kucing

7. Royal Canin Exigent 33 Aromatic Attraction

Royal Canin Exigent 33 Aromatic Attraction diformulasikan untuk kucing diatas 1 tahun. Produk ini dibuat khusus untuk kucing yang rewel atau susah makan. Royal Canin Exigent 33 Aromatic Attraction memiliki aroma kuat dan nutrisi pendukung.

Kucing Sakit Tidak Mau Makan
Royal Canin Exigent 33 Aromatic Attraction

Karakter aromanya yang khas. Beberapa kucing pemilih tertarik pada aroma makanan berdasarkan kesukaan mereka. Dengan karakter aromanya yang khas dan asli, EXIGENT33 merupakan solusi nutrisi bagi kucing pemilih (sumber). Harga makanan ini berkisar antara 45.000 hingga 50.000 untuk ukuran 400 gram.

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Sakit dan Pertolongan Awalnya

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kucing sakit tidak mau makan dengan memberikan beberapa asupan multivitamin serta makanan pendukung lain dengan harapan kucing yang sedang susah makan kembali menemukan selera makannya. Usahakan bagaimanapun kucing harus segera makan karena jika kucing terus-terusan tidak mau makan dikhawatirkan akan memicu gangguan kesehatan lain yang serius (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *