Kucing Russian Blue: Dari Rusia dengan Cinta

Kucing Russian Blue adalah kucing dengan penampilan biru keperakan yang berkilau. Matanya menjadi salah satu ciri khas uniknya yang berwarna hijau menyala. Tubuhnya kekar dan berotot namun sifatnya sangat lembut dan sayang kepada orang-orang di sekitarnya.

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue (Desha-001)

Sesuai dengan namanya, Russian Blue yang berarti kucing biru dari Rusia. Penampilannya mirip dengan Korat yang berasal dari Thailand, British Shorthair dari Inggris dan Chartreux dari Prancis. Namun dipastikan semuanya adalah kucing yang berbeda.

Sekilas Tentang Kucing Russian Blue

Berat TubuhJantan: 4.5 kg – 5.5 kg
Betina: 3 kg – 5 kg
Warna BuluBiru, Hitam, Putih
Pola BuluSolid
Warna MataKuning, Hijau
Rentang Usia15 – 20 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikCerdas, Tenang, Penyayang dan Setia
PengakuanCFA, FIFe, TICA, ACF, ACFA, CAA, CCA dan GCCF
HargaRp. 20.000.000 – Rp. 33.000.000

Dari Rusia dengan cinta, seperti apakah profil lebih lengkap kucing Russian Blue yang mempesona ini? Kami akan mengulasnya untuk Anda.

Sejarah

Tidak ada catatan sejarah yang valid terkait asal-usul kucing Russian Blue. Namun ada cerita yang mengatakan jika kucing ini pada mulanya dibawa oleh kapal-kapal pedagang dan pelancong dari Rusia yang berkeliling dunia.

Salah satu kapal yang berasal dari Arkhangelsk, Rusia Utara, pada tahun 1860 berlabuh di Inggris. Beberapa “penumpang” yang turun dari kapal ini adalah kucing dengan bulu biru bercahaya dan tebal. Bulu tebalnya menguatkan teori jika kucing ini memang dibawa dari Rusia yang memiliki cuaca dingin.

Singkat waktu, kucing ini kemudian mulai dikenal oleh warga Inggris Raya (Britania). Mereka bahkan mulai tampil pada pertunjukan kucing di Crystal Palace, London, pada tahun 1871. Namun ketika itu kucing ini masih belum dikenal dengan nama Russian Blue. Nama populer mereka pada masa tersebut adalah Archangel Cat (kucing malaikat).

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue

Penampilan Archangel Cat mampu memukau para penggemar kucing di Inggris. Penampilannya yang dianggap mampu membuat para pecinta kucing menyukainya akhirnya memberikan ide bagi salah satu peternak kucing asal Inggris yang bernama Carew-Cox.

Carew-Cox mulai menggali informasi terkait kucing ini dan menemukan sebuah solusi untuk mengimpor kucing-kucing ini. Carew-Cox kemudian mulai mengembang biakkan jenis ini secara serius. Bertahun-tahun usahanya berhasil dan kucing Archangel Cat berjumlah banyak dan menjadi salah satu favorit pada masa tersebut.

Puncak kepopuleran kucing Archangel Cat terjadi pada tahun 1912. Kucing ini mulai mendapatkan perlakuan khusus pada pertunjukan kucing. Jika pada masa sebelumnya kucing Archangel Cat selalu masuk pada kategori bulu pendek, pada tahun 1912 ini Archangel Cat dibedakan menjadi jenis khusus tersendiri.

Namun sayang malapetakan menimpa jenis ras kucing Archangel Cat ini. Perang Dunia II pecah dan banyak jenis kucing mati dan hampir musnah. Selepas Perang Dunia II berakhir, jumlah kucing ini menurun drastis dan para peternak kucing kemudian menyilangkan Archangel Cat dengan kucing Siam dan British Blue (British Shorthair).

Karena itulah darah murni kucing ini kemudian sempat hilang karena perkawinan silang yang sudah dilakukan bertahun-tahun sejak Perang Dunia II. Dan dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kemudian menciptakan kembali jenis kucing yang identik dengan Russian Blue.

Proses untuk memunculkan kembali cikal bakal Russian Blue dimulai dengan mengkombinasikan beberapa kucing keturunan Russian Blue lain yang berasal dari Skandinavia yang masih dianggap memiliki darah murni lebih banyak. Kucing keturunan dari Skandinavia ini kemudian disilangkan dengan kucing Russian Blue yang dibiakkan di Inggris.

Bisa dikatakan kucing Russian Blue modern yang ada hingga saat ini memiliki campuran darah yang berasal dari Siam, British Russian Blue dan Russian Blue dari Skandinavia.

Kucing Russian Blue mulai memasuki Amerika pada tahun 1900-an. Namun kucing ini tidak serta merta langsung dikenal di Amerika. Usaha para peternak kucing Amerikan untuk mempopulerkan Russian Blue baru dimulai secara serius pada tahun 1947.

Semua organisasi kucing juga sudah mengakui kucing Russia Blue dengan perincian sebagai berikut:

  • Cat Fanciers’ Association (CFA): Russian Blue standar (biru).
  • Fédération Internationale Féline (FIFe): Russian Blue standar (biru).
  • The International Cat Association (TICA): Russian Blue standar (biru).
  • Australian Cat Federation (ACF): Russian Blue standar (biru), hitam dan putih.
  • American Cat Fanciers Association (ACFA): Russian Blue standar (biru), hitam dan putih.
  • Cat Aficionado Association (CAA): Russian Blue standar (biru).
  • Canadian Cat Association (CCA): Russian Blue standar (biru).
  • Governing Council of the Cat Fancy (GCCF): Russian Blue standar (biru), hitam dan putih.

Kepribadian

Kucing Russian Blue dikenal sebagai kucing dengan karakter tenang dan lembut serta berorientasi kepada manusia yang merawatnya dengan baik. Dengan perawatan yang penuh cinta, Russian Blue akan membalasnya dengan kesetiaan dan kepatuhan.

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue

Tingkat aktifitasnya sedang, namun mereka tidak akan malu untuk menerima ajakan pemiliknya bermain-main. Termasuk jenis kucing yang cerdas karena bisa diajari menerima perintah yang diajarkan secara intensif.

Kucing ini juga memiliki tingkat adaptasi yang lambat. Perubahan kondisi lingkungan seperti pindah ke rumah baru, pergantian rutinitas, kehadiran orang asing, kedatangan hewan peliharaan lain pada awalnya akan cenderung membuat kucing Russian Blue kurang berkenan.

Tidak suka jika ditinggal sendirian dalam jangka waktu yang lama. Tidak cocok bagi sobat yang memiliki kegiatan diluar rumah atau bepergian dalam jangka waktu lama. Disarankan untuk memberikan teman hewan peliharaan lain baik sesama kucing atau anjing.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya sedang namun berotot. Kepala sedang, moncongnya halus, leher ramping. Telinga lebar dan cenderung terlihat agak besar. Kulit di daun telinganya tipis dan nampak tembus pandang oleh cahaya. Bagian luar telinga ditumbuhi bulu-bulu pendek yang halus.

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue (Image by VS_star from Pixabay)

Mata lebar dengan jarak cukup lebar dan warna hijau bercahaya. Kaki-kakinya cukup panjang, tulang kaki tidak terlalu besar, cakar-cakar kecil membulat. Jumlah jari di masing-masing kedua kaki depannya adalah lima dan empat di masing-masing kaki belakang.

Baca juga: Jenis-jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Favorit

Panjang ekor cukup dan nampak proposional dengan besar serta panjang tubuhnya. Bulu pendek, padat, tebal, rapat dengan lapisan bulu ganda. Bulu bagian dalam pendek halus dan bagian luarnya tebal. Variasi warna bulu Russian Blue adalah biru (abu-abu tua dengan ujung bulu berwarna perak). Beberapa variasi lain ada warna hitam dan putih.

Kesehatan

Kucing Russian Blue secara umum sehat karena tidak memiliki gen penyakit bawaan dari nenek moyangnya. Hanya beberapa kucing ini dilaporkan mengalami gangguan obesitas karena kucing ini sangat doyan makan. Namun masalah obesitas bisa diatasi dengan pemberian makan yang tepat.

Masalah kesehatan lainnya sama seperti yang dialami kucing pada umumnya. Salah satu yang harus diwaspadai adalah serangan virus. Pemberian vaksin secara rutin adalah salah satu langkah pencegahan terbaik.

Perawatan

Perawatan Russian Blue sangat mudah. Tidak ada perlakuan khusus yang mereka butuhkan. Perawatan bulu seperti rutin menyisir dan menyikat lakukan dua kali dalam seminggu untuk membantu mengangkat bulu-bulu mati dan kotoran.

Perhatikan juga kebersihan gigi-giginya. Rutin membersihkan atau menggosok gigi kucing akan menghindari masalah gigi seperti penyakit periodontal pada kucing.

Perawatan rutin lain adalah bersihkan kotoran matanya dan juga kotoran dalam telinga. Perhatikan selalu kebersihan telinganya. Jangan sampai terjadi penumpukan kotoran di dalam telinganya. Hal ini untuk menghindari beberapa masalah telinga seperti infeksi telinga dan serangan parasit.

Rentang Umur

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, umur kucing Russian Blue berkisar antara 15 hingga 20 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Russian Blue

Ingin memelihara kucing ini? Sebagai informasi, harga kucing Russian Blue saat ini berkisar antara Rp. 20.000.000 hingga Rp. 33.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Ekor Bundel Jepang: Setangguh Pendekar Samurai

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar