Kucing Ragamuffin: Manis, Cakep dan Manja

Kucing Ragamuffin penampilannya mencolok dengan ukuran tubuhnya yang besar. Ukuran tubuhnya yang “jumbo” membuat kucing ini masuk dalam jajaran jenis kucing terbesar yang ada di dunia ini. Jangan tertipu dengan kebongsorannya, kucing ini manja seperti bayi yang suka merajuk.

Kucing Ragamuffin
Kucing Ragamuffin (Chang Pet)

Jika sobat tidak teliti, secara sekilas kucing ini beberapa motifnya mirip dengan kucing Ragdoll. Keduanya memiliki tubuh sama besar dan bisa dikatakan masih terkait dalam beberapa aspek. Namun Ragamuffin lebih memiliki corak beraneka ragam.

Sekilas Tentang Kucing Ragamuffin

Berat Tubuh3 kg – 7 kg
Warna BuluPutih, Hitam, Biru, Krim, Merah, Coklat, Ungu, Platinum, Coklat, Kastanye, Kayu Manis, Lavender, Cameo, Perak
Pola BuluSolid, Mitted, Points
Warna MataOdd-eye, Biru, Hijau, Emas, Amber, Hazel
Rentang Usia12 – 18 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikManja, Penyayang, Suka Perhatian, Tenang, Adaptif, Sosial
PengakuanCAA, ACFA, CAA
HargaRp. 8.000.000 – Rp. 18.000.000

Seperti apakah profil kucing Ragamuffin? Kucingmania akan mengulas secara lengkap khusus untuk Anda para penggemar kucing.

Sejarah

Sejarah kucing Ragamuffin tidak bisa dipisahkan dengan kucing Ragdoll. Mereka berasah dari “darah” atau garis yang sama. Pada awalnya mereka dianggap jenis yang sama dan pada akhirnya mereka dipisah menjadi jenis yang berbeda.

Hal ini bermula pada awal kemunculannya. Pada saat itu, seekor kucing Turkish Angora bernama Josephine yang tinggal di Riverside, California disilangkan dengan beberapa jenis kucing seperti Birman, Persia, dan kucing domestik bulu panjang.

Hasilnya kemudian Josephine memiliki anak kucing yang memiliki penampilan rambut panjang dengan corak “seal point”. Salah satu anak kucing ini diberi nama Daddy Warbucks. Daddy Warbucks ini kemudian yang akan menjadi cikal bakal pejantan yang nantinya akan menghasilkan keturunan berjenis Ragdoll dan Ragamuffin.

Pada awalnya keturunan Daddy Warbucks dikenal hanya sebagai jenis Ragdoll dan belum ada jenis Ragamuffin. Pada tahun 1971, anak-anak keturunan Daddy Warbucks secara resmi diberi nama sebagai jenis kucing Ragdoll.

Kucing Ragamuffin
Kucing Ragamuffin (Chris Dlugosz)

Salah seorang peternak kucing bernama Ann Baker kemudian pada prosesnya menyadari beberapa keturunan kucing nampak berbeda dan merasa seharusnya mereka adalah jenis yang berbeda pula. Setelah beberapa waktu, tepatnya pada tahun 1975 secara resmi anak-anak yang berjenis berbeda tersebut diberi nama sebagai kucing Ragamuffin.

Pada mulanya jenis kucing Ragamuffin ini cukup sulit mendapatkan pengakuan dari beberapa organisasi kucing. Hingga saat ini pun tidak semua organisasi kucing menerima jenis kucing Ragamuffin ini. Diketahui bahwa dua organisasi kucing yang hingga saat ini belum mengakuinya adalah Canadian Cat Association (CCA) dan The International Cat Association (TICA) yang belum mengakui sepenuhnya.

Kepribadian

Ragamuffin ada kucing yang sangat-sangat manja dan sayang kepada orang-orang yang memperhatikannya. Mereka suka sekali digendong, dipeluk, dicium, dipangku dan semacamnya. Meraka adalah jenis kucing yang hangat dan sosial.

Kucing ini bukan jenis kucing yang aktif. Aktifitas tinggi mereka kebanyakan hanya terjadi pada masa kanak-kanak. Ketika dewasa, mereka akan cenderung menikmati waktu dengan bersantai. Namun bukan berarti mereka malas beraktifitas. Jika pemiliknya mengajaknya bermain-main, tentu mereka akan sangat senang melakukannya.

Kucing Ragamuffin
Anak Kucing Ragamuffin (@bilbo_the_ragamuffin)

Kucing ini juga tidak akan malu-malu menunjukkan rasa sayang dan setia kepada pemiliknya. Mereka akan menunggu pemiliknya pulang dengan menantinya di pintu atau mengikuti kemana saja aktifitas yang dilakukan oleh orang-orang yang disayanginya.

Kucing Ragamuffin adalah jenis kucing yang tenang dan tidak berisik. Namun jangan sampai mereka kelaparan karena disitulah vokalitasnya akan mulai muncul dengan rayuannya meminta makan. Selain itu tingkat adaptasinya juga sangat baik. Mereka cepat beradaptasi di lingkungan baru dan cocok dengan peliharaan apapun di rumah.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya besar dan panjang, dada dan bahu lebar, tulang dan ototnya besar. Ukuran kepalanya sedang namun bulu-bulu di wajahnya nampak membuat kepalanya terlihat besar. Ukuran telinga sedang.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bertelinga Lebar yang Eksotis

Mata besar dengan sorot mata terlihat ekspresif. Kaki-kakinya besar dan kokoh, dua kaki belakangnya sedikit lebih panjang daripada kedua kaki depannya. Cakar-cakarnya besar dan bulat. Ekor panjang proposional dengan panjang tubuh. Bulu di ekor sangat lebat sehingga ekornya terlihat seperti kemoceng.

Kucing Ragamuffin
Kucing Ragamuffin (Saiphfire)

Bulu-bulu di tubuhnya panjangnya sedang, lembut, halus dan padat. Bulu-bulu bagian leher dan tepian wajahnya lebih panjang. Bulu kucing Ragamuffin hadir dalam warna putih, biru, krim, hitam, coklat dan perak.

Kesehatan

Tidak ada gangguan kesehatan yang diwariskan dari nenek moyangnya. Secara umum kucing ini adalah kucing yang sehat. Namun beberapa masalah kesehatan yang biasanya ditemukan pada kucing ini adalah masalah obesitas. Perlu pengawasan khusus dalam pemberian makanan supaya mereka tidak berlebihan.

Baca juga: Kucing Siberian: Rupawan dan Penuh Cinta

Potensi gangguan kesehatan lain sama seperti kucing pada umumnya. Serangan virus yang biasa menyerang kucing adalah hal yang patut diwaspadai. Untuk mengantisipasinya diperlukan pemberian vaksinasi secara rutin.

Perawatan

Bulu-bulu kucing ini tidak mudah kusut sehingga perawatannya sangat mudah. Mereka hanya perlu disisir atau disikat setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu-bulu mati.

Perawatan lainnya juga standar. Pembersihan mata, memotong kuku / cakar, menggosok gigi dan pembersihan telinga. Membersihkan telinga perlu dilakukan secara rutin agar tidak terjadi penumpukan kotoran dan menghindari serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Umur

Dengan kondisi kesehatan yang terus terjaga dengan baik dan perawatan yang tepat, rentang usia kucing Ragamuffin bisa mencapai 18 tahun (bahkan lebih).

Adopsi

Tertarik ingin mengadopsi kucing yang cantik ini? Beberapa informasi berikut bisa menjadi rujukan Anda.

Harga Kucing Ragamuffin

Saat ini harga kucing Ragamuffin berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 18.000.000 tergantung pada usia dan juga kualitasnya.

Baca juga: 17 Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar