Kucing Pixie Bob: Ekor Bundel dan Manja

Kucing Pixie Bob (Pixiebob, Pixie-Bob) adalah kucing berekor pendek (bundel) yang memiliki sifat manis dan manja. Tubuhnya kokoh, gempal dan berotot yang sekilas mirip kucing liar Bobcat. Jika sobat pecinta kucing bundel, Pixie Bob akan menggoda Anda untuk memilikinya.

Kucing Pixie Bob
Kucing Pixie Bob (Bichinhos Meigos)

Kucing Pixie Bob adalah (rumornya) keturunan kucing liar dan kucing domestik. Menurut cerita, kucing ini adalah hasil perkawinan silang secara alami tanpa campur tangan manusia antara kucing domestik bulu pendek dan kucing hutan liar Amerika (Bobcat).

Sekilas Tentang Kucing Pixie Bob

Berat TubuhJantan: 5 kg – 11 kg
Betina: 4 kg – 6 kg
Warna BuluCoklat Kekuningan, Abu-abu Muda, Kemerahan
Pola BuluMackerel, Tabby
Warna MataBiru, Kuning, Hijau, Emas
Rentang Usia12 – 16 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikAdaptif, Sosial, Setia, Penyayang, Aktif
PengakuanTICA, ACFA, CAA, CCA, AFC
HargaRp. 8.000.000 – Rp. 21.000.000

Seperti apakah jenis kucing Pixie Bob ini? Kucingmania akan mengulas karakteristik dan profil Pixie Bob berikut ini khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Rumor sejarah mengatakan pada bahwa pada tahun 1985 seekor kucing domestik berbulu pendek yang tinggal di sebuah gudang berkembang biak dengan kucing hutan liar Amerika yaitu Bobcat. Kucing domestik ini kemudian melahirkan anak kucing dengan ekor pendek dan bulu berwarna coklat kekuningan dengan bintik yang lembut.

Anak kucing ini kemudian dipelihara oleh Carol Ann Brewer, pemilik Stone Island Cattery di Washington. Anak kucing ini kemudian diberi nama Pixie. Tertarik dengan penampilan Pixie yang berwajah liar seperti Bobcat, Carol ingin mengembangkan keturunannya.

Pada tahun 1989, Carol memberi nama jenis ini sebagai Pixie Bob dan mencoba untuk mendaftarkan ras kucing yang dianggap baru ini ke CFA. Namun CFA menolak dikarenakan asal kucing yang berasal dari percampuran kucing hutan liar. CFA memiliki aturan tegas tidak menerima jenis kucing apapun yang berasal dari keturunan kucing hutan liar.

Kucing Pixie Bob
Kucing Pixie Bob (jan zeschky)

Tidak menyerah, pada tahun 1993, Carol mencoba mendaftarkan lagi jenis kucing Pixie Bob namun kali ini ke TICA. Carol mendaftarkan Pixie Bob sebagai kucing domestik murni. TICA melakukan pengujian DNA untuk melihat kemurniannya. Dan hasilnya memang Pixie Bob adalah murni kucing domestik tanpa campuran darah kucing hutan liar manapun.

Hal ini sekaligus mementahkan klaim asal-usul kucing Pixie Bob yang berasal dari percampuran kucing hutan liar dan kucing domestik. TICA akhirnya menerima Pixie Bob secara penuh pada tahun 1998.

Kepribadian

Penampilannya yang menyerupai kucing hutan liar berbanding terbalik dengan sifatnya yang sangat berorientasi kepada pemiliknya. Pixie Bob adalah kucing yang manja dan setia asal dirawat dengan penuh kasih sayang.

Termasuk kucing yang aktif. Mereka juga termasuk jenis kucing yang sosial dan adaptif. Cocok dengan anak-anak kecil maupun hewan peliharaan lainnya yang ada di rumah. Mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan dan kebiasaan baru. Cenderung tidak terikat hanya pada satu orang saja.

Kucing Pixie Bob
Anak Kucing Pixie Bob (Jenny Wang)

Kucing Pixie Bob juga bisa dilatih untuk memahami perintah dan trik sederhana. Termasuk kucing yang tenang, tidak berisik, namun akan menunjukkan rasa protes (dengan suara yang lembut) ketika kotak makanannya kosong atau ketika sedang mencari perhatian.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya besar dan kokoh. Kepalanya proposional, moncong lebar, dan telinga berukuran sedang. Kaki-kakinya kokoh karena otot dan tulangnya besar. Ekor pendek adalah ciri khas utamanya. Kucing ini hadir dalam dua bulu berbeda yaitu panjang dan pendek. Bulu-bulunya terasa padat, tebal, lembut dan halus ketika dibelai.

Kesehatan

Beberapa masalah kesehatan berikut ini kerap ditemukan pada kucing Pixie Bob:

  • Distosia: Sebuah kondisi ketika betina kesulitan melahirkan anak.
  • Hiperplasia endometrium kistik: Penebalan lapisan rahim betina.
  • Cryptorchidism: Kondisi dimana testis atau skrotum yang hilang (atau tidak turun).

Kucing Pixie Bob adalah kucing Polidaktili. Yaitu kondisi dimana adanya jari tambahan pada kaki-kakinya. Ini mungkin bisa dianggap sebagai kelainan fisik namun sesungguhnya bisa menjadi keuntungan bagi kucing. Kaki dan cakarnya lebih lebar sehingga kucing memiliki keuntungan dalam kekuatan dan keseimbangan dalam memanjat, berburu, dan menangkap mangsanya.

Kucing Pixie Bob
Kucing Pixie Bob adalah kucing Polidaktili (floridawildvethospital.com)

Masalah kesehatan lainnya sama seperti yang dialami oleh kucing lain pada umumnya. Yang harus diwaspadai adalah serangan virus pada kucing. Beberapa virus dikenal sangat mematikan seperti distemper kucing dan calicivirus yang akan membuat kucing kesakitan. Pemberian vaksin secara rutin sangat disarankan untuk mencegahnya.

Perawatan

Merawat Pixie Bob sangat mudah meski yang berbulu panjang sekalipun. Perawatan bulunya cukup dengan rutin menyisir atau menyikatnya dengan sikat yang lembut setidak dua kali dalam seminggu. Perawatan ini untuk membantu mengurangi bulu-bulu mati dan menghindari bulu kusut.

Baca juga: Jenis-jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Favorit

Bersihkan telinganya secara rutin agar kotoran di dalam telinga tidak menumpuk. Penumpukan kotoran bisa memicu beberapa masalah pada telinga seperti infeksi telinga atau serangan parasit seperti kutu telinga.

Kucing Pixie Bob
Kucing Pixie Bob (oho.com.vn)

Perhatikan juga kebersihan gusi, mulut dan giginya. Bersihkan gigi secara rutin dengan menggosok giginya menggunakan sikat dan pasta gigi khusus kucing untuk menghindari masalah seperti penyakit periodontal pada kucing dan bahkan sariawan.

Rentang Usia

Dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik serta perawatan yang tepat, harapan hidup kucing Pixie Bob berkisar antara 12 hingga 16 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Pixie Bob

Berapakah harga kucing Pixie Bob? Untuk mengadopsi kucing ini, sobat harus menyediakan dana berkisar antara Rp. 8.000.000 hinga Rp. 21.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Namun harga tersebut masih belum termasuk biaya tambahan seperti biaya impor.

Hal penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Ekor Bundel Kurilia: Cakep dan Bundel!

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar