Kucing Persia Medium: Harga dan Karakteristik

Kucing Persia Medium adalah kucing yang sangat populer dan paling banyak dipelihara terutama di Indonesia. Berapa harganya dan seperti apa karakteristiknya?

Di antara berbagai jenis kucing yang ada di dunia ini, Kucing Persia adalah jenis kucing yang sangat populer dan menjadi favorit untuk dipelihara. Banyak sekali alasan kenapa kucing Persia sangat layak dijadikan kucing peliharaan terutama di tengah-tengah keluarga.

Kucing Persia Medium
Kucing Persia Medium

Sekilas Tentang Kucing Persia Medium

Berat Tubuh3,5 kg – 5,5 kg
Warna BuluPutih, biru, abu-abu, hitam, putih, silver, oranye,
Pola BuluBicolor, calico, tortie, solid, tuxedo
Warna MataTembaga, emas, kuning, oranye, hijau lemon, odd-eyed
Rentang Usia8 – 15 Tahun
PerawatanSedang – tinggi
KarakteristikAdaptif, manja, penyayang
Pengakuan
HargaRp. 250.000 – Rp. 1.000.000

Kucing Persia adalah kucing yang berasal dari wilayah kekaisaran Persia kuno yang sekarang dikenal dengan Iran. Kucing cantik ini sudah berkembang jenisnya yang salah satunya adalah Persia medium. Seperti apakah karakteristik kucing Persia medium dan apakah yang membedakan dari jenis Persia lainnya akan diulas secara lengkap berikut ini.

Karakteristik

Kucing Persia medium itu sendiri masih terbagi menjadi dua varian yaitu kucing Persia medium short hair (bulu pendek) dan long hair (bulu panjang). Ada alasan kenapa kucing ini mendapatkan julukan Persia “medium”.

Pada hakikatnya, kucing Persia murni adalah kucing dengan ciri khas utamanya yaitu hidung pesek atau datar. Namun karena berbagai sebab, kucing ini memiliki hidung yang sedikit lebih menonjol atau mancung seperti kucing lain pada umumnya.

Perbedaan Persia Medium, Flatnose dan Peaknose

Apa yang menjadi perbedaan antara Persia medium, Persia Flatnose dan Persia Peaknose?

Jika dibandingkan dua jenis kucing Persia lain yaitu Persia flatnose dan peaknose, hidung Persia medium memang terlihat lebih mancung dan menonjol. Kenapa jenis Persia medium memiliki hidung yang lebih mancung?

Hal ini berhubungan dengan kemurnian ras kucing Persia itu sendiri. Kucing Persia medium bisa dikatakan sudah bukan kucing Persia yang memiliki darah murni. Secara turun temurun mereka sudah kawin silang dengan beberapa jenis kucing lain dan yang paling umum dengan kucing domestik (contohnya kucing kampung atau kucing ras campuran lainnya)

Namun karena gen mereka masih dominan, perawakan tubuh seperti bulu, wajah, hidung, mata, kaki, telinga dan beberapa bagian tubuh lainnya berbeda dengan kucing domestik. Meski Persia medium adalah hasil persilangan antara Persia dan kucing jenis lain, mereka tetap berbeda dengan kucing mixdom.

Kucing Persia Medium
Perbedaan Persia Medium, Flatnose dan Peaknose

Perhatikan gambar di atas, hidung jenis Persia medium tidak pesek seperti Persia flatnose dan peaknose. Bahkan beberapa hidung milik Persia medium seperti milik kucing lain pada umumnya.

Persia flatnose merujuk kepada hidung yang lebih datar meski tidak pesek sepenuhnya. Oleh karena itu mereka mendapatkan julukan flatnose yang artinya hidung datar.

Sedangkan Persia peaknose adalah kucing Persia pesek yang sesungguhnya. Peaknose merujuk pada hidungnya yang letaknya ada di “puncak” yaitu berada di antara kedua matanya. Hidungnya pun sudah seperti sangat tenggelam karena tingkat pesek yang sangat hakiki.

Sedangkan Persia medium merujuk pada hidung dengan ukuran medium yang artinya tidak terlalu mancung dan tidak juga pesek.

Karena darahnya yang sudah tidak murni, Persia medium ada yang memiliki bulu panjang dan bulu pendek. Persia medium berbulu panjang akan memiliki bulu yang lebat yang sebagian di antaranya memiliki bulu halus yang biasa disebut dengan nama kucing Persia medium bulu kapas.

Ciri Kucing Persia Medium

Secara umum, berikut ini ciri kucing persia medium:

  • Kaki lebih besar dan lebih pendek dari kucing domestik
  • Bulu panjang, lebat dan halus
  • Mata bulat dan lebar
  • Bentuk wajah tidak terlalu rata dan tidak terlalu menonjol dengan panjang hidung sedang
  • Daun telinga kecil hingga sedikit lebar dengan posisi yang cukup berdekatan.

Persia Medium adalah kucing berukuran sedang. Jantan dan betinanya memiliki ukuran fisik yang sama. Berat tubuhnya ketika dewasa berkisar antara 3,5 kg hingga 5,5 kg.

Baca juga:

Sifat Kucing Persia Medium

Persia medium adalah kucing yang sangat ramah dengan tingkat adaptasi yang sangat baik. Kucing ini bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan cocok hidup berdampingan dengan kucing lain atau hewan peliharaan lain seperti anjing.

Namun sifat kucing satu dengan yang lainnya bisa berbeda. Beberapa kucing Persia medium digambarkan sangat sulit hidup berdampingan dengan anak-anak kecil yang cenderung ramai. Kucing ini adalah kucing yang sangat menikmati suasana tenang, suasana hiruk pikuk anak-anak kecil terkadang bisa membuat mereka terganggu.

Kucing ini juga dikenal memiliki sifat sosial, manja dan sangat sayang kepada pemiliknya ketika ikatan antara keduanya sudah terjalin dengan baik. Mereka tidak akan malu-malu untuk menunjukkan rasa sayangnya dengan selalu berada di dekat pemiliknya, minta dipangku dan bahkan digendong.

Kucing Persia Medium
Kucing Persia Medium Putih

Secara umum sifat kucing Persia medium cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan dengan suasana rumah atau lingkungan yang tenang.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Kondisi Kesehatan

Persia medium berpeluang besar mewarisi penyakit yang diturunkan dari generasi pendahulunya yaitu gangguan ginjal polikistik. Gangguan kesehatan ini banyak ditemukan menyerang kucing jenis Persia. Masalah lain adalah air mata yang selalu keluar secara terus menerus karena hidung peseknya.

Masalah kesehatan lain sama seperti yang dialami oleh kucing pada umumnya seperti serangan virus dan beberapa penyakit lain yang menyerang kekebalan tubuh. Untuk menjaga kesehatan tubuhnya, sangat disarankan memberikan vaksin secara rutin.

Untuk merawat kucing Persia, kami memiliki artikel lengkap yang bisa kamu baca berikut ini.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rata-rata umur kucing Persia berkisar antara 8 hingga 15 tahun.

Baca juga:

Harga Kucing Persia Medium

Harga kucing Persia medium saat ini berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 1.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Sangat disarankan untuk mengadopsi kucing yang sudah disapih secara penuh agar kondisi pertumbuhannya berjalan dengan optimal.

Kesimpulan

Kucing Persia medium adalah kucing dengan penampilan yang sangat menawan. Bulu panjangnya yang lebat dan halus serta wajah yang imut dan menggemaskan adalah daya tarik kucing ini. Karena itulah Persia medium adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak dipelihara saat ini.

Sifatnya yang manja dan penuh kasih sayang menjadikan kucing ini sangat cocok dijadikan kucing peliharaan di tengah-tengah keluarga. Namun sobat juga harus tahu bahwa kucing Persia berpeluang mewarisi gangguan kesehatan yaitu ginjal polikistik. Memelihara kucing Persia membutuhkan komitmen yang kuat karena tingkat perawatannya yang tinggi.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar