Kucing Persia Himalaya
Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya – Si Cantik Nan Anggun

Posted on

KucingMania.net – Kucing Persia Himalaya adalah jenis kucing dengan sepasang mata biru cerah dan warna titik pada rambut panjang atau bulunya. Kucing ini berasal dari persilangan kucing Persia dan kucing Siam. Kucing Persia Himalaya adalah pendamping yang setia dan menyenangkan. Mereka sangat sayang kepada pemiliknya dan bahkan akan menghabiskan banyak waktu untuk berada disamping pemiliknya.

Tubuh kucing ini kekar dan gemuk. Dada mereka lebar, otot-otot yang kencang serta penampilan mereka yang bulat semakin diperkuat oleh bulu panjang mereka. Mereka memiliki wajah bulat penuh dengan mata biru lebar dan bulat. Telinga mereka kecil dan bulat dan mereka memiliki dagu yang berkembang dengan baik. Bulu kucing Himalaya memiliki warna utama baik krem ​​atau putih. Warna titik muncul pada ekor, kaki, kaki, masker wajah, dan telinga mereka.

Anak kucing Persia Himalaya membutuhkan perawatan yang khusus. Mereka harus mandi secara teratur. Bulu atau rambut panjang mereka membutuhkan perawatan harian untuk mencegah kusam dan kusut.

Sejarah Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1930 oleh Dr. Clyde Keller dari Harvard Medical School dan seorang peternak kucing bernama Virginia Cobb. Keduanya memutuskan untuk membudidayakan kucing Persia dan Siam bersama karena mereka ingin mengembangkan jenis kucing baru yang memiliki rambut panjang Persia namun memiliki mata dan tanda dari kucing Siam. Setelah beberapa tahun mencoba, mereka akhirnya berhasil. Kucing yang sekarang dikenal sebagai Himalaya ini mempertahankan tubuh pendek, wajah pesek dan kaki khas kucing Persia dipadukan dengan warna mata biru khas kucing Siam.

Baca juga: Mengenali Ciri Kucing Siam

Karakteristik Kucing Persia Himalaya

Mirip dengan Persia, kucing Himalaya memiliki tulang yang seimbang, bertulang besar, sedang hingga besar dengan kedalaman yang signifikan di bahu dan dada. Himalaya memiliki kepala yang lebar, telinga yang mungil, mata bulat besar, pipi penuh dan hidung bengkok yang berkonotasi untuk menghasilkan ekspresi yang manis.

Kucing Persia Himalaya diketahui memiliki beberapa perpaduan warna seperti coklat, ungu, biru, merah, krim tortie, krim biru, coklat-tortie, lilac-cream, lynx seal, blue lynx, lynx merah, krim lynx, tortie lynx, blue-cream lynx, chocolate lynx, lilac lynx, chocolate-tortie lynx dan lilac lilac-cream. Tidak seperti Persia dan Kucing Eksotis, mata Persia Himalaya hanya memiliki satu warna yaitu biru cerah.

Kucing Persia Himalaya adalah kucing yang sangat menikmati kebersamaan bersama pemiliknya. Ia suka bermain namun mereka tidak akan memporak-porandakan rumah kita. Mereka suka disikat bulu-bulunya dan diusap-usap. Meski mereka suka bermain-main, mereka adalah kucing yang tenang. Jika sobat sedang bersantai, tidak segan-segan kucing ini akan duduk di pangkuan kita. Kucing Persia Himalaya menyukai lingkungan yang tenang. Mereka tidak akan cocok tinggal dalam lingkungan yang berisik.

Kucing Persia Himalaya
Kucing Persia Himalaya Si Cantik Nan Anggun

Beberapa Masalah Kesehatan Kucing Persia Himalaya

Ada beberapa masalah kesehatan yang biasanya terjadi pada kucing jenis ini, yaitu:

  • Kesulitan bernapas atau suara nafas yang berat (karena hidung peseknya).
  • Maloklusi gigi, artinya gigi tidak menyatu dengan baik.
  • Air mata berlebih.
  • Kondisi mata seperti entropion dan atrofi retina progresif.
  • Feline hyperesthesia syndrome (gangguan sistem saraf pada kucing).
  • Sensitivitas panas.
  • Penyakit ginjal polikistik.
  • Infeksi jamur.
  • Seborrhea oleosa yaitu kondisi kulit yang menyebabkan gatal, kemerahan dan kerontokan rambut.

Merawat Kucing Persia Himalaya

Ada beberapa hal penting yang harus sobat lakukan untuk memberikan perawatan terbaik bagi Kucing Persia Himalaya ini:

  1. Hal yang paling penting untuk dipahami tentang merawat Kucing Persia Himalaya adalah kebutuhan perawatan sehari-hari. Bulu panjangnya yang indah harus terus mendapatkan perawatan yang rutin. Bulunya harus disisir dengan lembut menyeluruh setiap hari, mandi secara teratur (setidaknya sekali sebulan).
  2. Selalu jaga kebersihan kotak pasirnya. Kucing ini tidak suka kondisi kotak pasir yang kotor. Ia akan cenderung meninggalkan kotak pasir yang belum dibersihkan.
  3. Bersihkan matanya terutama di sudut-sudut mata. Masalah kucing ini adalah air matanya sering menetes. Dan tetesan ini jika tidak dibersihkan akan mengeras dan menimbulkan noda.
  4. Sikat giginya untuk mencegah penyakit periodontal. Bersihkan giginya setidaknya satu kali dalam seminggu.
  5. Jangan biarkan kucing ini berkeliaran diluar rumah. Kucing Persia Himalaya adalah kucing rumahan. Banyak resiko yang bisa terjadi jika kucing ini berkeliaran diluar rumah seperti berkelahi dengan kucing lain, bertengkar dengan anjing liar dan bahkan dicuri orang lain.

Baca juga: Mengenali Karakteristik Kucing Persia

Kucing Persia Himalaya bukanlah pilihan terbaik untuk rumah penuh anak-anak dan suasana rumah yang riuh. Akan tetapi mereka tidak berkeberatan hidup bersama anak-anak yang lemah lembut atau dengan hewan peliharaan lain seperti anjing yang tenang dan tidak suka mengejar-ngejar. Berilah perhatian yang cukup agar ia selalu mendapatkan kebahagiaan.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar