Kucing Oregon Rex: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Kucing Oregon Rex adalah kucing dengan bulu keriting yang “tercipta” karena proses mutasi secara alami. Oregox Rex saat ini sudah punah dan sulit ditemukan.

Kucing Oregon Rex adalah kucing dengan bulu ikal atau keriting yang “tercipta” karena proses mutasi secara alami. Jadi kucing ini ada bukan karena hasil perkawinan silang secara sengaja. Sempat menjadi jenis ras kucing yang sangat populer, Oregon Rex saat ini sudah punah.

Kucing Oregon Rex
Gambaran Kucing Oregon Rex (Amazighman Designer)

Kucing Oregon Rex adalah cikal bakal yang akan menjadi pelopor munculnya beberapa kucing bulu ikal alias kucing Rex saat ini. Kucing Cornish Rex adalah salah satu kucing yang ketika itu dibiakkan dengan Oregon Rex. Sehingga Cornish Rex saat ini memiliki darah Oregon Rex.

Sekilas Tentang Kucing Oregon Rex

Berat Tubuh3,6 kg – 4,5 kg
Warna BuluSemua variasi warna
Pola BuluTabby, poin, bicolor, calico, solid
Warna MataKuning, tembaga, emas
KarakteristikSetia, aktif, penyayang, cerdas, suka bermain

Seperti apa cerita lengkap kucing Oregon Rex? Kucingmania akan mengulas profilnya secara lengkap berikut ini khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Kemunculan awal kucing ini dimulai di Oregon pada tahun 1944. Seekor kucing betina melahirkan beberapa bayi kucing. Salah satu diantara bayi kucing ini memiliki bulu yang berbeda yaitu ikal. Sedangkan bayi kucing lainnya berbulu lurus seperti induknya.

Ketika anak kucing bulu ikal ini tumbuh dewasa, pada waktu yang bersamaan ada peternak kucing di Amerika yang mengimpor beberaoa kucing Cornish Rex dari Inggris. Kucing Cornish Rex ini kemudian dikawinkan dengan kucing bulu ikal tersebut.

Sejak itulah kemudian keturunannya dinamakan Oregon Rex. Kehadiran kucing Oregon Rex membuat tertarik para pecinta kucing saat itu. Banyak yang menyukai penampilannya dan juga karakteristiknya yang manis. Puncak popularitas Oregon Rex terjadi pada tahun 1950-an hingga akhir 1960-an.

Namun sayangnya popularitas Oregon Rex tidak bertahan lama. Proses perkembang biakan kucing ini mengalami kesulitan dan banyak kucing yang mati akibat kondisi kesehatan yang buruk dan masalah lainnya. Hingga pada akhirnya jenis Oregon Rex terakhir mati pada tahun 1972.

Kepribadian

Kucing Oregon Rex digambarkan memiliki kepribadian yang menyenangkan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas dan setia. Daya ingatnya sangat baik sehingga bisa dilatih untuk mempelajari trik sederhana dan perintah sederhana yang diajarkan secara terus menerus.

Tingkat aktifitasnya tinggi karena mereka suka menghabiskan waktu aktifnya dengan bermain. Termasuk kucing yang sosial dan adaptif. Mereka dengan mudah mampu beradaptasi dengan kebiasaan dan lingkungan baru.

Selain itu kucing Oregon Rex juga digambarkan sebagai kucing yang mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain seperti anjing. Dengan perawatan penuh kasih sayang, kucing ini akan membalasnya dengan kesetiaan dan kasih sayang yang tinggi.

Beberapa Oregon Rex juga digambarkan memiliki sifat yang dominan, penuntut perhatian dan terkadang cukup sulit untuk ditangani.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Ukuran tubuhnya sedang dan memanjang. Kepalanya cenderung kecil jika dibandingkan dengan besaran tubuhnya. Kepalanya memiliki bentuk baji yang ramping. Telinga besar dan lebar dengan ujung yang membulat. Mata berukuran sedang dengan bentuk oval.

Bulu pendek, rapat, tebal dan ikal. Variasa warna dan polanya sangat beragam. Semua pola dan warna bulu kucing ada di Oregon Rex seperti oranye, hitam, abu-abu, biru, lilac, solid, bicolor, calico dan poin. Warna matanya bervariasi seperti kuning, emas, tembaga dan kuning kehijauan.

Baca juga:

Adopsi dan Informasi Lainnya

Karena kucing Oregon Rex sudah punah, tidak ada informasi terkait harga kucing dan proses adopsinya. Jika sobat tertarik dengan kucing bulu ikal, bisa mempertimbangkan kucing berikut ini.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar