Kucing Ojos Azules: Langka dengan Mata Biru Menawan

Kucing Ojos Azules berasal dari bahasa Spanyol yang artinya bermata biru. Kucing ini memang bermata biru tua yang terlihat sangat memukau. Dikenal sebagai kucing yang aktif serta ramah dan tingkat adaptasi yang sangat baik.

Kucing Ojos Azules
Kucing Ojos Azules (Caamano26)

Kucing ini adalah jenis langka karena jumlah dan keberadaannya sangat sedikit dan tidak menyebar. Meski namanya menggunakan bahasa Spanyol, kucing ini sebenarnya bukanlah berasal dari Spanyol. Seperti apa profil kucing bermata biru ini? Kucingmania akan mengulasnya untuk Anda.

Sejarah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meski nama kucing ini menggunakan bahasa Spanyol, mereka berasal dari New Mexico, Amerika. Kemunculan awalnya diketahui pada tahun 1984. Seekor kucing betina bernama Cornflower melahirkan bayi-bayi kucing dengan mata biru solid gelap.

Tidak diketahui sebelumnya darimana asal Cornflower. Namun kemudian Cornflower dikawinkan dengan kucing jenis lain dan kemudian tetap menghasilkan anak-anak kucing bermata biru khas dengan motif dan warna bulu yang berbeda-beda.

Hingga saat ini organisasi kucing yang mengakui kucing Ojos Azules adalah The International Cat Association (TICA) pada tahun 1991.

Kepribadian

Dikenal sebagai kucing yang aktif dan memiliki tingkat adaptasi yang baik. Mereka akan menyambut orang asing, cocok hidup dengan anak-anak dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain seperti anjing.

Kucing Ojos Azules
Kucing Ojos Azules (Skyelyte)

Mereka juga diketahui sebagai kucing yang manja, penyayang, suka bermain dan kucing yang sosial. Suka berada dalam pangkuan manusia favoritnya. Termasuk jenis kucing yang suka diperhatikan dan memiliki sifat yang vokal (baca: cerewet).

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Ukuran tubuhnya sedang, mata besar dan bulan dengan warna biru gelap solid adalah ciri khas utamanya. Bulunya pendek, halus dan lembut. Panjang ekor sedang, lebar di bagian pangkal dan ujung ekornya membulat. Hadir dalam beberapa variasi warna bulu. Dan apapun warna bulunya, mata mereka tetap berwarna biru gelap.

Kesehatan

Belum ada laporan kondisi gangguan kesehatan serius yang menyerang kucing ini. Namun kucing ini tentu saja juga bisa mengalami gangguan kesehatan sama seperti yang dialami kucing-kucing lainnya.

Beberapa masalah kesehatan yang kerap menyerang kucing salah satunya ada serangan virus. Beberapa virus kucing ini dikenal sangat mematikan. Untuk mencegahnya membutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Bulu pendek dan halus membuat kucing ini mudah dirawat. Penyisiran bulu dan penyikatan secara rutin lakukan dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu-bulu mati.

Baca juga: 17 Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Perawatan standar lain seperti rutin memotong kuku atau cakarnya, rajin membersihkan kotoran mata, menggosok gigi untuk mencegah penyakit periodontal dan yang penting lagi adalah pembersihan telinga. Lakukan pembersihan telinga secara rutin agar kotoran di dalam telinga tidak menumpuk serta untuk menghindari serangan parasit kucing seperti kutu telinga.

Rentang Umur

Belum diketahui berapa rata-rata usia kucing Ojos Azules ini (karena langka, informasinya masih minim). Namun salah satu kucing Ojos Azules diketahui mampu hidup hingga usia 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Ojos Azules

Berapa harga kucing Ojos Azules yang super langka ini? Sayag sekali kami tidak memiliki informasi valid terkait harga kucing ini. Sekali lagi karena sangat langkanya kucing ini sehingga informasinya juga sangat langka.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar