Kucing Odd Eye: Kucing Bermata Aneh yang Menakjubkan

Apa itu kucing odd eye? Kucing odd-eyed adalah kucing dengan dua warna mata berbeda. Kenapa kucing bermata odd-eyed bisa memiliki dua warna mata yang berbeda?

Kucing odd eye atau kucing odd-eyed jika diartikan adalah “kucing bermata aneh”. Hal ini merujuk pada dua warna berbeda pada ke dua matanya.

Kucing Odd Eye
Kucing Khao Manee dengan mata odd-eyed (ayshazen)

Apa Itu Kucing Odd Eye?

Kucing odd eye adalah kucing yang memiliki dua warna berbeda pada ke dua matanya. Satu warnanya dipastikan berwarna biru dan warna mata satunya bisa saja kuning, hijau atau coklat. Kucing yang memiliki mata odd-eyed akan semakin terlihat menawan.

Kucing dengan mata odd-eyed sebagian besar diketahui mempengaruhi kucing dengan warna putih. Beberapa kucing dengan warna bulu lain juga diketahui memiliki mata odd-eyed (karena memiliki gen warna putih). Kondisi ini jarang terjadi pada kucing yang tidak memiliki gen warna putih.

Kenapa Bisa Odd Eye?

Namun pertanyaannya adalah, kenapa kucing bisa memiliki dua warna mata yang berbeda?

Kondisi mata odd-eyed disebabkan karena gen putih epistatis (gen ini mendominasi dan merubah warna bulu lain dan menutupinya dengan warna putih) menghalangi dan mencegah melanin (senyawa yang berfungsi sebagai pigmen) mencapai satu mata. Semua proses ini terjadi ketika janin masih terbentuk di dalam rahim.

Kucing Odd Eye
Kucing bermata odd eye (Aleksandra Bogucka)

Bayi kucing ketika lahir akan memiliki warna mata biru. Warna mata biru pada anak kucing akan mulai berubah ke warna aslinya ketika menginjak usia 1 hingga 2 bulanan.

Hal ini juga terjadi pada anak kucing yang nantinya memiliki mata odd-eyed. Pada awalnya ke dua matanya akan berwarna biru. Namun seiring waktu, salah satu matanya akan mulai berubah dari biru menjadi kuning, hijau atau coklat.

Gangguan Fisik

Kucing odd eye memiliki peluang antara 10 hingga 20 persen mengalami ketulian atau pendengaran yang lemah. Namun masalah tuli atau pendengaran lemah ini hanya mengenai salah satu telinganya saja (tidak pada kedua telinga dan biasanya di telinga yang berada di sisi yang sama dengan yang warna biru).

Baca juga:

Ras Bermata Odd Eye

Beberapa jenis ras kucing diketahui memiliki banyak keturunan dengan mata odd-eyed. Ras kucing ini diketahui memang memiliki keturunan gen berwarna putih. Kucing odd eye mayoritas ditemukan pada jenis kucing Khao Manee, Turkish Angora, Japanese Bobtail, Oriental Shorthair, Persia, Sphynx dan Turkish Van.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar