Kucing Ocicat
Kucing Ocicat

Kucing Ocicat – Semua Hal Tentang Kucing Ocicat

Posted on

KucingMania.net – Jika sobat adalah seorang pengagum macan namun tidak berencana untuk memelihara macan, pertimbangkanlah untuk memelihara kucing Ocicat. Kucing Ocicat memiliki motif mirip dengan macan. Pada mulanya kucing Ocicat dikembangkan biakkan lebih berawal dari sebuah “kecelakaan”. Ketika itu peternak kucing di Amerika mencoba mengembangkan kucing Siam yang memiliki warna yang berbeda. Peternak mengawinkan silang antara kucing Siam dengan kucing Abisinia dan hasilnya adalah anak kucing berbintik-bintik dengan kepribadian yang luar biasa, tetapi terlihat liar dan berbahaya. Mereka kemudian menamakannya “Ocicat” dimana nama ini adalah perpaduan nama “Ocelot” dan “Cat”.

Sejarah Kucing Ocicat

Seperti yang sudah ditulis diatas, Ocicat adalah jenis kucing yang relatif baru yang dihasilkan dari perkawinan tak disengaja di tahun 1960-an. Perkawinan silang antara kucing Siam dan kucing Abisinia menghasilkan beberapa anak kucing yang memiliki bermacam-macam warna dan pola bulu, tetapi salah satu anak kucing memiliki bulu yang luar biasa dengan bintik-bintik emas dan tampak seperti Ocelot liar. Ketika itu Ocicat terus dibiakkan hingga menghasilkan Ocicat warna perak yang indah dengan otot serta tulang yang kuat. Pada awal 1980-an, Ocicat semakin populer dan berkembang biak semakin subur di Amerika. Pada tahun 1988, Ocicat pertama kali tiba di Inggris dan mereka semakin populer di Inggris.

Karakteristik Kucing Ocicat

Kucing Ocicat adalah kucing berukuran sedang, dengan berat 6-14 pon dan ia bisa hidup hingga 15 tahun. Massanya yang kuat dan anggun tersusun diatas kaki yang berotot. Kepala peranakan kucing ini memiliki bentuk yang berbeda seperti telinga mirip kucing Siam. Kucing ini memiliki mata dengan bentuk oriental yang dikelilingi oleh warna gelap. Banyak pecinta kucing mengatakan bentuk warna ini membuat Ocicat terlihat seolah-olah mereka memakai kacamata. Ekor panjang yang anggun meruncing melengkapi penampilan liar dari trah ini.

Kucing Ocicat adalah kucing yang sangat membutuhkan banyak perhatian. Jika sobat adalah orang sibuk yang tidak pernah di rumah, sobat harus mencoret Ocicat dari daftar kucing idaman. Kucing ini sangat berorientasi pada orang (pemilik) dan menjadi depresi serta kesal jika dibiarkan sendiri untuk waktu yang lama. Bahkan kucing ini akan dengan senang menyambut orang-orang yang belum ia kenal ketika berkunjung. Ocicat adalah kucing yang ramah dan ia tumbuh dengan cepat. Ocicat juga cocok hidup berdampingan dengan berbagai jenis kucing lainnya jika sobat memiliki beberapa jenis kucing di rumah.

Sangat penting untuk menjaga Ocicat tetap bahagia dengan menyediakannya mainan-mainan agar ia aktif dan gembira. Mainan sederhana seperti bulu besar atau selembar kertas kusut, bola-bola kecil dan mainan kecil berwarna-warni akan menarik perhatiannya. Namun sobat juga harus lebih berhati-hati karena keaktifan Ocicat dalam bermain kadang-kadang dapat sedikit merusak.

Ocicat adalah salah satu ras kucing yang sangat cerdas. Sobat dapat dengan mudah mengajarkan beberapa perintah sederhana seperti bagaimana cara datang dan menjemput, menyuruhnya untuk duduk dan berbaring. Bahkan sering sekali Ocicat dibandingkan dengan anjing untuk tingkat kecerdasannya. Ocicat juga terlihat sangat menyukai  air (berbeda dengan beberapa jenis kucing lainnya). Dan ia juga juga sangat bisa menanggapi isyarat verbal dari pemiliknya.

Meski kucing Ocicat sangat “menggilai” perhatian orang-orang disekitarnya, namun perawatannya tidaklah sulit. Sobat cukup menyikat bulu-bulunya dengan sikat yang lembut setidaknya sekali dalam seminggu. Namun untuk lebih memberikan perhatian kepadanya, sobat bisa melakukan kegiatan ini lebih sering karena ia akan lebih merasa nyaman bersama pemiliknya.

Secara umum berikut inilah karakteristik Ocicat:

  • Mudah dilatih.
  • Tidak agresif.
  • Penuh rasa kasih sayang.
  • Bisa menjadi teman peliharaan yang sangat ideal ditengah-tengah keluarga.

Perawatan Kucing Ocicat

Seperti jenis kucing lainnya, Ocicat rentan terhadap infeksi, serangan hama dan penyakit. Kebanyakan masalah kucing disebabkan oleh parasit. Sobat perlu dengan rutin memeriksakan kondisi kesehatannya dengan dokter hewan. Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah masalah kesehatan gigi. Pemeriksaan gigi dapat dilakukan dan jika terdapat masalah infeksi serta masalah terkait gigi terdeteksi maka pembersihan diperlukan.

Baca juga: Jenis-Jenis Kucing Persia Terpopuler

Jika sobat dirumah sudah memelihara beberapa jenis kucing lain dan ingin menambahkan kucing Ocicat dalam daftar peliharaan, sobat tidak perlu mempertimbangkan terlalu lama. Karakteristiknya yang bersahabat, aktif, sosial, cerdas dan perawatannya yang tidak sulit menjadikan kucing Ocicat adalah sahabat yang baik hingga usianya yang tahan hingga 15 tahunan.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar