Kucing Nebelung: Rupawan dan Menawan

Kucing Nebelung mungkin bisa dikatakan kucing Russian Blue versi bulu panjang. Warna bulu dan pola wajah yang sama namun hanya saja bulu Nebelung panjang dan Russian Blue pendek. Dan ternyata kedua kucing ini masih memiliki keterkaitan sejarah.

Kucing Nebelung
Kucing Nebelung (Thijs Vrieselaar)

Kucing Nebelung (dibaca nay-be-lung) namanya diambil dari bahasa Jerman yang artinya kurang lebih adalah “mahluk kabut”. Penamaan ini didasarkan dari penampilan bulu mereka yang berwana biru keperakan serta berkilau yang mungkin terlihat seperti kabut yang tebal.

Sekilas Tentang Kucing Nebelung

Berat TubuhJantan: 5 kg – 6.5 kg
Betina: 3.5 kg – 5 kg
Warna BuluBiru
Pola BuluSolid
Warna MataHijau, Kuning
Rentang Usia15 – 18 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikAktif, Manja, Setia, Suka Perhatian
PengakuanTICA, ACFA, CAA, WCF
HargaRp. 4.000.000 – Rp. 14.000.000

Bagaimana hubungan kucing ini dengan Russian Blue dan seperti apakah karakteristiknya serta profilnya secara lengkap akan kami ulas pada artikel ini.

Sejarah

Sejarah kucing Nebelung dimulai pada tahun 1984 oleh seekor kucing betina bernama Elsa. Elsa adalah kucing hasil pencampuran jenis kucing domestik berbulu pendek dengan Angora berambut panjang.

Elsa sendiri memiliki bulu pendek dengan warna hitam solid. Pada akhirnya kemudian Elsa berkembang biak dengan pejantan Russian Blue yang berbulu pendek. Karena Elsa memiliki gen bulu panjang yang diwarisi dari bapaknya, salah satu bayi kucing yang dilahirkan oleh Elsa memiliki bulu panjang dengan warna biru perak.

Anak kucing yang berbulu panjang dengan warna biru ini berjenis kelamin jantan dan kemudian diberi nama Siegfried. Seiring waktu, Elsa kemudian melahirkan anak-anak kucing lagi hasil perkawinan dengan jantan yang sama. Lagi-lagi salah satu anak kucing Elsa memiliki bulu dengan panjang dan warna sama dengan Siegfried.

Kucing Nebelung
Kucing Nebelung (Rafael Ancheta Jr)

Namun kali ini bedanya kucing warna biru perak berbulu panjang ini berjenis kelamin betina dan kemudian diberi nama Brunhilde. Pemilik kucing-kucing ini bernama Cobb. Cobb kemudian memiliki ide untuk mengawinkan Brunhilde dan Siegfried dengan harapan akan menghasilkan keturunan dengan penampilan yang sama.

Pada tahun 1986, Siegfried dan Brunhilde kemudian berkembang biak dan menghasilkan 3 anak kucing yang semuanya memiliki bulu panjang berwarna biru perak. Cobb kemudian menamakan jenis-jenis kucing ini dengan nama Nebelung.

Cobb kemudian berkonsultasi dengan pakar genetika dari TICA yang bernama Dr. Solveig Pflueger. Cobb berencana ingin melestarikan kucing jenis baru ini. Atas bimbingan Dr. Solveig Pflueger, Cobb kemudian mengembang biakkan cikal bakal Nebelung dari garis Russian Blue.

Pada tahun 1987, TICA menerima pendaftaran kucing Nebelung. Sedikit demi sedikit kucing ini kemudian mulai dikenal. Kucing Nebelung juga mulai muncul di sebuah majalah tentang kucing yang diterbitkan di Jepang. Bahkan kucing ini dijadikan cover sampul majalah.

Pada tanggal 1 Mei 1987 kucing Nebelung menerima pengakuan status sebagai kucing kejuaraan oleh TICA. Pada tahun 1989, TICA mengadakan pertunjukan kucing di Paris dengan Nebelung menjadi salah satu bintang tamu utamanya.

Beberapa organisasi kucing lain kemudian secara bertahap mulai mengakui kucing Nebelung sebagai jenis baru. American Cat Fanciers Association (ACFA), Cat Fanciers Federation (CFF), World Cat Federation (WCF) dan Livre Officiel des Origines Félines (LOOF) adalah beberapa organisasi yang mengakui jenis Nebelung.

Karakteristik

Selain penampilannya yang menawan, karakteristik Nebelung berbanding lurus dengan penampilannya. Kucing ini memiliki sifat manis, penyayang, manja, setia dan berorientasi kepada orang yang dia sayangi.

Nebelung termasuk kucing yang aktif dan menikmati waktu bermain bersama pemiliknya. Kucing ini juga memiliki kecerdasan kucing. Mereka bisa dilatih untuk mematuhi perintah yang diajarkan secara terus menerus dan juga trik-trik sederhana yang rutin diajarkan.

Kucing Nebelung
Kucing Nebelung (flashfix)

Kucing ini juga akan sangat menikmati waktu bersantai dengan duduk di pangkuan, gendongan dan ikut tidur mendampingi pemiliknya. Bahkan kucing ini akan selalu mengikuti kemanapun dan apapun yang pemiliknya lakukan.

Tingkat adaptasinya kurang bagus. Kucing ini membutuhkan waktu lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan, kebiasaan dan pemilik baru. Kurang menyukai adanya perubahan rutinitas seperti contohnya perubahan waktu makan.

Kucing ini cocok bagi orang yang memiliki banyak waktu untuk memberinya perhatian. Tidak ideal sering ditinggal bepergian dalam waktu yang lama. Terlalu sering hidup dalam kesendirian akan memicu stres dan depresi. Ada baiknya memberikan teman sesama kucing untuk menemaninya.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia yang Mengagumkan

Tingkat sosialnya juga kurang baik. Mereka akan lambat menerima kehadiran hewan baru di rumah. Butuh waktu lebih agar mereka bisa menyesuaikan diri dengan kedatangan hewan lain. Selain itu kucing ini juga kurang nyaman dan waspada terhadap kehadiran orang asing.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuh berukuran sedang hingga besar, tulang dan otot kuat serta bentuk tubuh atletis. Kepalanya berukuran proposional dengan besar tubuhnya. Telinga lebar dengan ujung yang runcing. Mata berukuran sedang, nampak terlihat lonjong.

Kucing Nebelung
Kucing Nebelung (Thijs Vrieselaar)

Kaki-kakinya nampak panjang dengan tulang yang tidak terlalu tebal namun cukup berotot. Panjang ekor proposional dengan bulu-bulu panjang yang nampak seperti kuas berukuran besar. Bulu semi panjang dan di beberapa bagian tubuh seperti leher (fluff) memiliki bulu lebih panjang. Hanya memiliki satu warna biru yang berkilau.

Kesehatan

Kucing ini memiliki kesehatan yang baik karena tidak memiliki penyakit turunan. Namun beberapa kucing Nebelung dilaporkan memiliki selera makan yang tinggi dan mengalami obesitas. Diperlukan pola makan yang ideal untuk mengantisipasi obesitas.

Masalah lain sama seperti yang dialami kucing pada umumnya. Salah satu penyakit kucing yang harus diwaspadai adalah serangan virus. Beberapa virus kucing bisa sangat mematikan seperti contohnya distemper kucing. Berikan vaksin secara rutin untuk menghindari serangan virus ini.

Perawatan

Perawatan kucing Nebelung juga mudah. Bulu-bulunya perlu disisir atau disikat dengan sikat lembut untuk menghindari terjadinya bulu kusut dan mengangkat bulu-bulu mati.

Perawatan lain adalah rutin menggosok atau membersihkan giginya. Gosok giginya secara rutin untuk menghindari penyakit periodontal pada kucing. Bersihkan juga kotoran telinga secara rutin agar kotoran tidak menumpuk. Hal ini untuk menghindari munculnya gangguan kesehatan telinga sepert infeksi telinga dan serangan parasit.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, harapan hidup kucing Nebelung berkisar antara 15 hingga 18 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Nebelung

Berapa harga kucing Nebelung? Jika sobat ingin mengadopsi kucing ini, harga kucing Nebelung berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 14.000.000 tergantung usia dan kualitasnya. Namun harga tersebut belum termasuk biaya tambahan lain seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Seychellois: Si Mata Biru yang Mempesona

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar