Kucing Napoleon (Minuet): Perpaduan Keindahan dan Keunikan

Kucing Napoleon adalah kucing dengan penampilan yang manis dan berkaki pendek. Mungkin Anda sudah menduga asal-usul kucing ini ketika melihat penampilannya. Kucing ini adalah hasil “kreasi” manusia yang memadukan dua jenis kucing yang berbeda dan hasilnya adalah kucing imut dan rupawan.

Kucing Napoleon
Kucing Napoleon (curry_phoebe_meow)

Kucing Napoleon atau juga dikenal dengan nama kucing Minuet adalah hasil persilangan antara kucing Munchkin dan kucing Persia. Hasilnya adalah kucing berbulu panjang khas Persia dengan kaki pendek khas Munchkin. Beberapa orang mengatakan ini adalah jenis Persia mini.

Sekilas Tentang Kucing Napoleon

Nama LainKucing Minuet, Munchkin Napoleon, Munchkin Minuet
Berat Tubuh2.5 kg – 4.5 kg
Warna BuluOranye, Merah, Coklat, Krem, Biru, Lilac, Putih, Hitam, Seal
Pola BuluTabby, Poin, Bicolor, Calico, Tortie, Lynx, Solid
Warna MataBiru, Kuning, Tembaga, Oranye
Rentang Usia9 – 15 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikAdaptif, Sosial, Aktif, Enerjik, Penyayang, Manja
PengakuanTICA
HargaRp. 18.000.000 – Rp. 45.000.000

Seperti apakah profil lengkap dan karakter kucing Napoleon ini? Kucingmania akan mengulasnya dengan lengkap berikut ini.

Sejarah

Kemunculan awal kucing Napoleon dimulai pada tahun 1996. Pada tahun 1995, seorang peternak anjing bernama Joe Smith ketika membaca majalah Wall Street Journal yang mengulas tentang kucing Munchkin. Melihat penampilan Munchkin, Joe Smith sangat terpesona. Tidak hanya terpesona, Joe juga langsung memiliki sebuah ide.

Joe memiliki ide untuk mengawin silangkan Munchkin dengan kucing lain dengan harapan menghasilkan ras kucing yang unik. Joe kemudian akhirnya memilih Persia sebagai jenis yang akan dipasangkan dengan Munchkin.

Kucing Napoleon
Kucing Persia dan Munchkin

Pada tahun 1996, akhirnya Joe Smith berhasil mewujudkan impiannya. Hadirlah keturunan kucing yang sesuai dengan idamannya. Joe memberi nama jenis ini Napoleon (berdasarkan tokoh sejarah bernama Napoleon yang diketahui memiliki badan pendek).

Organisasi yang menerima dan mengakui kucing Napoleon saat ini hanyalah The International Cat Association (TICA). TICA mulai mengakui kucing Napoleon pada tahun 2011. Namun pada tahun 2015, TICA merubah namanya menjadi kucing Minuet. Oleh karena itu kucing pada akhirnya dikenal sebagai Napoleon atau kucing Minuet.

Karakteristik

Sifatnya berbanding lurus dengan penampilannya yang manis. Napoleon adalah kucing yang berorientasi kepada pemiliknya dan setia. Tentu kita harus merawat dan memberikan kasih sayang yang cukup supaya mereka sayang dan setia kepada pemiliknya.

Sangat menyukai perhatian, manja dan penuntut. Kucing Minuet sangat menyukai perhatian, tidak cocok bagi Anda yang sering bepergian dalam waktu yang lama. Jika terlalu sering merasa terabaikan, ikatan yang terbangun cenderung hilang dan berpotensi menimbulkan stres bagi si kucing.

Kucing yang sosial dan adaptif. Mereka cocok dengan siapapun, menerima kehadiran anak-anak kecil, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru. Selain itu, kucing Napoleon juga dengan mudah menerima kehadiran kucing lain atau hewan lain seperti anjing di lingkungan tempat tinggalnya.

Kucing Napoleon
Anak Kucing Napoleon (countrymunchkins)

Meski kakinya pendek, hal tersebut tidak menghalangi aktifitasnya. Mereka adalah kucing yang aktif dan suka bermain-main meski tidak jago memanjat.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kaki-kaki pendeknya memiliki tulang dan otot yang kuat serta kokoh. Ada dua jenis kucing Napoleon berdasarkan kakinya. Napoleon standar adalah yang berkaki pendek dan non standar untuk Napolen yang berkaki normal.

Baca juga: 20 Kucing Termahal, Harganya Fantastis!

Tekstur wajah dan kepalanya identik dengan Persia. Kepala dan mata bulat serta telinga berukuran sedang. Bulunya juga terbagi menjadi bulu panjang dan bulu pendek. Halus dan lembut ketika dibelai. Pola dan warna bervariasi (semua pola dan warna bulu kucing ada di kucing Napoleon).

Kesehatan

Karena hasil perpaduan dua kucing yang sama-sama memiliki kelainan kesehatan, kucing Minuet atau Napoleon ini memiliki potensi terkena masalah kesehatan seperti berikut ini:

  • Kaki pendek berpotensi terkena radang sendi.
  • Lordosis: Sebuah kondisi dimana tulang punggung bagian bawah melengkung ke dalam secara berlebihan.
  • Penyakit ginjal polikistik (penyakit bawaan dari Persia).

Masalah kesehatan lain sama seperti yang diderita kucing lain. Penyakit kucing yang harus diwaspadai salah satunya ada serangan virus. Beberapa virus yang menyerang kucing bisa mematikan seperti distemper kucing. Untuk mencegahnya tentu dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Merawat kucing Napolen tidak sulit. Mereka hanya perlu dimandikan ketika sudah terlihat kotor. Sisir atau sikat bulunya dengan sikat yang lembut setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu mati dan menghindari bulu kusut.

Kucing Napoleon
Kucing Napoleon (Jaime Carter)

Bersihkan telinganya secara rutin. Hindari terjadi penumpukan kotoran di dalam telinga untuk mengantisipasi beberapa masalah telinga seperti infeksi telinga. Parasit seperti kutu telinga juga akan membuat telinga selalu kotor.

Gosok giginya secara rutin. Kucing gosok gigi? Betul, bahkan kucing juga perlu pembersihan gigi. Hal ini untuk menghindari berbagai masalah mulut, gusi dan gigi yang bisa menyerang kucing seperti sariawan dan penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik dan perawatan yang tepat, rentang usia kucing Napoleon berkisar antara 9 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Napoleon

Ingin memelihara kucing Napoleon atau kucing Minuet? Sebagai informasi awal, harga kucing Napoleon adalah sebagai berikut:

  • Standar: Rp. 37.000.000 – Rp. 45.000.000.
  • Non standar: Rp. 18.000.000 – Rp. 23.000.000.

Yang membedakan harganya adalah tergantung usia, jenis kelamin dan kualitasnya.

Hal penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Ragamuffin: Manis, Cakep dan Manja

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar