Kucing Muntah Kuning: Penyebab dan Penanganan

Kucing muntah kuning kemungkinan besar mengindikasikan kucing sedang mengalami masalah kesehatan. Penyakit apa saja yang selalu diawali dengan muntah kuning?

Muntah adalah salah satu bentuk pertahanan diri kucing dalam mengatasi berbagai masalah yang menimpa tubuhnya. Kucing akan muntah jika ada benda asing yang mengganggu pencernaannya seperti hairball. Bisa juga kucing muntah karena mengindikasikan kesehatannya sedang bermasalah.

Kucing Muntah Kuning
Kucing Muntah Kuning

Dan luar biasanya, cairan dan bentuk muntahan yang dikeluarkan kucing bisa menunjukkan apa saja kemungkinan gangguan yang mungkin dideritanya. Salah satu muntahan yang paling “terkenal” dari kucing adalah muntahan berwarna kuning. Kira-kira apa yang sedang menimpa kucing ketika mengeluarkan muntah warna kuning?

Kucing Muntah Kuning Berbusa

Ketika kucing mengeluarkan muntahan warna kuning, berbusa, kental, dan tidak bercampur dengan apapun, ada dua kemungkinan yang sedang menimpa kucing.

Kucing Muntah Kuning Tidak Nafsu Makan
Kucing Muntah Kuning

Virus Panleukopenia

Serangan virus Panleukopenia salah satu gejalanya adalah kucing muntah kuning. Ketika kucing mengeluarkan muntahan warna kuning dan diikuti dengan beberapa gejala beikut ini:

  • Lesu dan lemas
  • Nafsu makan menurun bahkan hilang sama sekali
  • Diare parah dan berdarah
  • Depresi yang terkadang membuat kucing agresif
  • Demam tinggi
  • Dehidrasi
  • Hidung mengeluarkan ingus
  • Tidak mau minum.

Sobat harus waspada dengan serangan virus Panleukopenia atau yang juga dikenal dengan Distemper kucing. Virus ini sangat berbahaya dan sebagian besar kucing tidak akan selamat serta diketahui sebagai salah satu penyebab banyak kematian pada kucing.

Sobat bisa membaca artikel berikut ini untuk mengetahui dan mempelajari tentang virus Panleukopenia pada kucing.

Gangguan Lambung

Gangguan pada lambung juga kerap diawali dengan muntahan berwarna kuning. Gangguan lambung pada kucing biasanya disebabkan karena:

  • Kucing sering makan terlalu cepat
  • Ada benda asing menyangkut di lambung dan sulit dikeluarkan
  • Parasit
  • Intoleransi makanan atau alergi makanan
  • Kanker
  • Penyakit radang usus
  • Menelan zat beracun
  • Sakit maag
  • Infeksi
  • Bakteri
  • Stres.

Bagaimana cara mengetahui penyebab pasti penyakit apa yang sedang menyerang kucing yang diawali dengan muntahan kuning?

Ketika kucing berkali-kali muntah cairan berwarna kuning dan berbusa, tentu untuk mengetahuinya adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan. Dokter akan melakukan tes lengkap (termasuk tes darah) untuk memastikan gangguan yang sedang diderita oleh kucing.

Dalam banyak kasus, kucing yang muntah kuning dan tidak segera mendapatkan perawatan tepat akan cepat mati. Dan jika memang kematiannya disebabkan oleh virus Panleukopenia, akan sangat berbahaya jika ada kucing lain yang hidup di lingkungan yang sama.

Banyak kejadian kematian kucing secara masal akibat tertular dari salah satu kucing yang memang diserang oleh virus Panleukopenia pada kucing.

Kucing Muntah Kuning Tidak Nafsu Makan

Ketika kucing muntah kuning dan diikuti dengan kondisi tidak nafsu makan, semakin lemas dan kondisi tidak normal lainnya, beberapa tindakan pertolongan pertama yang bisa segera sobat lakukan adalah:

  1. Beri asupan multivitamin seperti Imboost Kids, Biolysin atau Curcuma Plus
  2. Beri minuman susu Bear Brand
  3. Beri asupan air degan hijau (kelapa muda hijau)
  4. Jemur kucing pagi hari.

Harapannya adalah agar kucing memiliki energinya kembali dan mendapatkan kembali nafsu makan serta meningkatkan kekebalan tubuhnya. Jika kondisi kucing tidak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, ada baiknya segera membawa kucing ke dokter hewan.

Baca juga:

Kesimpulan

Kucing muntah adalah hal yang wajar. Beberapa kali sepanjang hidupnya kucing akan muntah sebagai tindakan alamiah untuk melindungi tubuhnya dari beberapa masalah seperti gangguan pencernaan. Namun ada muntahan yang harus diwaspadai yaitu muntahan cairan kental, berbusa dan berwarna kuning.

Ada beberapa kondisi gangguan kesehatan serius yang diawali dengan kucing muntah kuning. Salah satunya adalah kemungkinan serangan virus berbahaya dan mematikan yaitu Panleukopenia. Ketika kucing mengeluarkan cairan muntahan warna kuning, tindakan terbaik adalah segera membawa kucing ke dokter hewan agar dilakukan observasi secara menyeluruh.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis yang tepat.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar