Kucing Moggy, Jenis Kucing Apakah Ini?

Jenis apakah kucing moggy ini? Mungkin sobat sering mendengar istilah moggy dan bertanya-tanya kucing apakah ini. Berikut penjelasannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis kucing yang ada di dunia ini baik kucing ras murni maupun ras campuran. Dari berbagai jenis kucing tersebut muncul satu nama jenis kucing yaitu moggy atau moggie.

Kucing Moggy
Kucing Moggy (kredit gambar: JIRANAN WONSILAKIJ / istockphoto)

Supaya kita tidak terjebak dengan informasi yang kabur, kucingmania akan mengulas dengan singkat dan jelas tentang kucing moggy yang sudah ada sejak ratusan tahun di dunia ini.

Apa itu Kucing Moggy?

Kucing moggy atau moggie bukanlah jenis kucing. Moggy adalah istilah bagi kucing yang tidak memiliki silsilah murni atau lebih tepatnya adalah kucing ras campuran.

Di Indonesia, kucing moggy yang paling sering kita temui adalah kucing kampung dan kucing mixdom. Moggy berasal dari percampuran berbagai jenis kucing yang sudah berlangsung secara turun-temurun.

Berbeda dengan kucing pedigree yang sudah dipastikan memiliki silsilah jelas, murni dan memiliki sertifikat yang menjamin kemurnian dan keaslian ras, moggy berasal dari beberapa jenis kucing sudah berkembang biak secara acak.

Istilah moggy atau moggie itu sendiri berasal dari istilah British tidak resmi untuk memberi sebutan kepada kucing lokal setempat. Dari mana istilah moggy ini berasal juga kurang diketahui dengan pasti.

Beberapa orang menganggap moggy diambil dari tanda M yang ada di dahi kucing tabby. Sebagian orang memperkirakan moggy atau moggie berasal dari tikus (di Lancashire dan Cumbria di Inggris, mereka menyebut tikus dengan kata moggy).

Karena kucing adalah predator alami bagi tikus atau dikenal sebagai penangkap tikus, karena itulah jaman dulu mereka dianggap sebagai penangkap moggy atau tikus sehingga mendapatkan julukan moggy atau moggie.

Tipe Kucing Moggy

Kucing Moggy
Kucing Moggy

Karena kekacauan silsilah yang dimiliki oleh moggy, tentu saja ada beberapa tipe kucing moggy yang saat ini beredar di sekitar kita.

Mungkin kita mengenal istilah kucing ras campuran, shorthair domestik, dan kucing longhair, apapun itu istilahnya selama mereka tidak memiliki silsilah yang jelas atau murni bisa dikatakan masuk dalam jenis kucing moggy.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, istilah moggy mungkin masih kurang familiar di telinga masyarakat kita. Mungkin kucing campuran ini lebih populer disebut sebagai mixdom di Indonesia.

Kucing Kampung

Kucing kampung termasuk jenis kucing apa? Tentu saja kucing kampung masuk sebagai jenis kucing moggy atau moggie dikarenakan silsilahnya yang kurang jelas.

Kucing kampung sudah ada di berbagai belahan negara di dunia ini. Tentu saja mendapatkan julukan kampung di Indonesia karena sering ditemukan beredar di sekitar pemukiman manusia yang dikenal dengan “kampung”.

Kucing Moggy Long Hair

Kucing Moggy
Kucing Moggy Long Hair

Bagaimana dengan kucing moggy long hair?

Kucing moggy long hair yang saat ini beredar di berbagai belahan dunia dan khususnya di Indonesia banyak dipengaruhi oleh perkawinan silang dengan berbagai jenis kucing berbulu panjang seperti kucing Persia longhair.

Di Indonesia, beberapa kucing moggy long hair banyak dihasilkan dari perkawinan silang antara kucing domestik seperti kucing kampung dengan beberapa jenis kucing bulu panjang. Sudah lumrah kita menemui beberapa kucing moggy long hair nampak berkeliaran di berbagai pemukiman manusia.

Fakta Kesehatan

Ada fakta menarik terkait kondisi fisik kucing moggy ini. Konon, kondisi kesehatannya dikenal paling tangguh di antara berbagai jenis kucing yang ada. Benarkah demikian?

Secara umum, rata-rata moggy memang dikenal memiliki kesehatan yang prima jika dibandingkan dengan ras kucing murni lainnya. Keturunan moggy memiliki peluang lebih besar terhindar dari penyakit genetik bawaan yang kerap diderita oleh kucing ras murni.

Kucing Persia contohnya, sudah dikenal sebagai kucing yang memiliki penyakit genetika yang dibawa turun-menurun seperti masalah ginjal polikistik serta gangguan pernafasan.

Variasi genetik yang dimiliki moggy membuat mereka memiliki beberapa keunggulan seperti lebih sehat, lebih cerdas (dalam ukuran kucing), dan lebih tangguh secara fisik.

Meski memiliki kesehatan lebih tangguh dan prima, bukan berarti kucing moggy bebas dari segala macam penyakit. Hanya saja peluang mereka terkena berbagai gangguan kesehatan lebih kecil jika dibandingkan kucing ras murni.

Bagaimanapun juga, kondisi kesehatan kucing apapun jenis tentu saja bergantung kepada cara merawat kucing tersebut seperti pola pemberian makanan kucing, apakah rutin diberikan vaksinasi, dan berbagai pola hidup lainnya.

Pola makan yang kurang baik adalah salah satu pemicu utama kucing terkena berbagai macam jenis penyakit kucing. Dampak buruk pemberian pola makan yang kurang tepat pada jangka panjang contohnya adalah obesitas dan diabetes.

Makanan Kucing Moggy

Apa makanan yang tepat bagi moggy? Berikut ini beberapa rekomendasi singkatnya.

Makanan Kering

Makanan Basah

  • Whiskas
  • Friskies
  • Supercat
  • Life Cat
  • Royal Canin Jelly.

Makanan Alami

  • Tuna kukus
  • Tongkol kukus
  • Ayam suwir kukus atau rebus (bagian dada)
  • Lele kukus
  • Telur rebus
  • Patin kukus.

Harga Kucing Moggy

JenisHarga
Moggy Long HairRp. 250.000 – Rp. 1.000.000
Moggy Short HairRp. 100.000 – Rp. 1.000.000

Catatan: harga tergantung pada usia, jenis kelamin dan dari campuran ras mana moggy tersebut. Bahkan jika beruntung sobat bisa mendapatkan moggy gratis yang bisa ditemukan di jalanan (liar) atau dari adopsi di grup pecinta kucing.

Baca juga:

Kesimpulan

Moggy atau moggie bukanlah nama dari jenis kucing. Moggy berasal dari istilah British tidak resmi untuk menyebutkan kucing yang tidak memiliki silsilah atau kemurnian ras tertentu. Jadi moggy adalah kucing yang berasal dari percampuran beberapa jenis kucing.

Moggy juga dikenal sebagai kucing yang lebih tangguh secara fisik jika dibandingkan dengan kucing ras murni. Mereka memiliki peluang kecil memiliki penyakit genetika yang dibawa secara turun-temurun.

Jika sobat ingin memelihara kucing moggy, harganya juga sangat terjangkau dan bahkan bisa mendapatkannya secara gratis jika beruntung menemukannya di jalanan liar tanpa pemilik dengan penampilan yang menawan.

Jadi, apakah sobat sudah paham tentang kucing moggy?

Baca juga:

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar