Kucing Mixdom: Harga dan Ciri-ciri

Mengenal jenis kucing mixdom yang memiliki tampilan yang memikat dan juga informasi lain seperti ciri-cirinya, harga, dan karakteristik.

Diantara sekian banyaknya jenis kucing, salah satu jenis nama kucing yang sangat sering kita dengar adalah sebutan kucing mixdom. Bagi orang yang masih awam dengan kucing tentu saja jenis kucing ini terdengar seperti jenis kucing ras yang sepertinya istimewa.

Namun bisa saya pastikan jika kucing mixdom ini memang jenis ras kucing yang sangat istimewa lho. Kenapa kucing ini istimewa? Berikut ini penjelasannya.

Apa itu Kucing Mixdom?

Jenis kucing mixdom adalah kucing yang merupakan hasil percampuran atau persilangan antara kucing domestik dan kucing ras apapun. Contohnya adalah percampuran antara kucing kampung dan Persia yang hasilnya adalah mixdom Persia.

Kucing Mixdom
Piko, mix antara domestik dan Maine Coon (dokumen pribadi)

Gambar di atas adalah kucing mixdom hasil persilangan antara jenis kucing kampung (induknya) dengan kucing Maine Coon (jantannya).

Mixdom kepanjangannya adalah mix domestik. Jadi siapapun salah satu induk atau bapaknya adalah kucing domestik yang kawin silang dengan kucing ras. Ras apa? Ras apapun yang ada di dunia ini.

Yang jamak terjadi di Indonesia adalah adanya perkawinan silang antara kucing domestik (atau kita biasa memanggilnya kucing kampung) dengan kucing Persia. Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing paling populer dan banyak dipelihara di Indonesia dan dunia ini.

Banyak para pemilik kucing-kucing ras ini melepaskan kucingnya ketika masa birahinya datang. Dan karena jumlah kucing domestik sangat banyak, maka kucing-kucing ras yang sedang birahi ini akhirnya melampiaskan birahinya dengan para kucing domestik yang bertebaran di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Gambar di bawah ini adalah mixdom yang merupakan hasil persilangan antara Persia Medium (induk) dan kucing kampung (jantan).

Kucing Mixdom
Kucing Mixdom Persia (dokumen pribadi)

Kebanyakan percampuran kucing domestik dengan kucing ras ini akan menghasilkan anak-anak kucing dengan penampilan yang mempesona. Ada kalanya anak-anak kucing ini memiliki bulu panjang, semi panjang, dan wajah khas kucing ras namun tubuh dan bulu khas kucing domestik.

Bahkan ada sebuah cerita unik terkait perkawinan silang antara kucing domestik dan kucing ras ini. Kucing ras lebih cenderung memilih pasangan kucing domestik daripada sesama kucing ras. Kenapa demikian?

Gambar di bawah ini menunjukkan kucing mixdom hasil persilangan antara kucing Siam (induk) dan kucing kampung (jantan).

Kucing Mixdom
Kucing Siam Mixdom (dokumen pribadi)

Spekulasi menyebutkan jika kucing domestik atau kucing kampung memiliki pesona dan daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga lebih dipilih oleh kucing-kucing ras ini sebagai pasangan pilihannya. Apakah benar demikian?

Harga Kucing Mixdom

Berapa harga kucing mixdom? Rata-rata harga jual kucing mixdom bervariasi antara Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000 tergantung keturunan kucing ras apa. Biasanya yang berharga mahal adalah campuran antara domestik dengan kucing ras seperti Maine Coon, Kucing Hutan Norwegia, dan British Shorthair.

Jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis. Di beberapa grup-grup pecinta kucing biasanya ada pemilik kucing yang memberikan kucing mixdom secara gratis. Atau bahkan banyak juga anak-anak kucing liar dengan jenis mixdom yang bisa ditemukan dengan mudah di jalanan.

Baca juga:

Ciri-ciri Kucing Mixdom

Untuk mengenali jenis kucing mix bisa dikatakan gampang-gampang susah. Seperti yang kita ketahui kalau kucing domestik Indonesia alias kucing kampung adalah kucing dengan bulu pendek dengan moncong wajah yang khas, beberapa ciri berikut ini bisa menggambarkan ciri-ciri kucing mixdom.

  • Bulu semi panjang hingga panjang. Namun tidak akan sepanjang bulu kucing ras
  • Moncongnya pendek, tidak semoncong milik kucing domestik Indonesia
  • Bulu halus dan lembut khas bulu kucing ras
  • Sebagian corak, warna dan pola bulu identik dengan milik kucing ras.

Hingga menjelang akhir penjelasan ini, apakah sobat sudah bisa memahami dan mendapatkan gambaran seperti apa kucing mixdom itu?

Apapun jenis kucing yang kita pelihara, selama kita merawat dan memperlakukannya dengan baik, mereka akan tumbuh dan hidup sebagai kucing yang menawan. Kucing mixdom adalah bisa menjadi sebuah bonus tambahan jika kita memeliharanya dengan layak.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

2 pemikiran pada “Kucing Mixdom: Harga dan Ciri-ciri”

  1. Berarti persimed termasuk kucing mixdom ya..karena campuran dari kucing persia murni dengan lokal/domestik maka disebutlah dgn istilah persimed/persmed yaitu singkatan dr persia medium, nah klo persmed dikawinkan lagi dgn domestik/lokal jadi mixmixdom ya oncle…hahahaaa

    Balas

Tinggalkan komentar