Kucing Minskin: Si Cebol Berpenampilan Unik

Tubuhnya mini alias cebol, namun penampakannya seperti kucing Sphynx. Apakah ini kucing Sphynx cebol? Inilah kucing Minskin yang wajahnya mungkin terlihat “mengerikan” bagi sebagian orang.

Kucing Minskin
Kucing Minskin (@orikett13)

Minskin adalah salah satu jenis kucing langka yang ada di dunia ini. Kucing ini memiliki penampilan jenis Sphynx namun memiliki tubuh cebol seperti Munchkin. Ya, kucing Minskin adalah hasil perpaduan antara kucing Sphynx dan Munchkin.

Sekilas Tentang Kucing Minskin

Berat Tubuh2 kg – 3.5 kg
Warna BuluPutih, Hitam, Coklat, Cream, Abu-abu
Pola BuluTabby, Bicolor, Calico, Tortie, Point
Warna MataBiru, Coklat, Tembaga, Kuning
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanSedang – Tinggi
KarakteristikRamah, Penyayang, Setia, Adaptif, Sosial, Aktif
PengakuanTICA
HargaRp. 20.000.000 – Rp. 28.000.000

Seperti apakah profil kucing yang sangat unik ini? Yuk, tidak perlu berpanjang lebar mari kita membahas dan berkenalan dengan ras kucing mini ini.

Sejarah

Minskin adalah salah satu ras kucing yang cukup baru. Mereka pertama kali dibiakkan oleh Paul McSorley yang berasal dari Boston pada tahun 1998.

Ketika itu Paul McSorley menginginkan kucing berkaki pendek dengan bulu tipis namun berpenampilan seperti kucing Siam. Paul kemudian menyilangkan kucing Munchkin yang berkaki pendek dengan beberapa jenis seperti Sphynx, Burma dan Devon Rex.

Pada percobaan pertamanya, Paul mengalami “kegagalan” karena hasilnya masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Barulah pada tahun 2000 Paul berhasil memenuhi ambisinya dengan berhasil mendapatkan tampilan kucing yang sesuai dengan visinya.

Kucing Minskin
Kucing Munchkin dan Sphynx

Hingga tahun 2005, Paul setidaknya memiliki sebanyak 50 ekor kucing Minskin. Akhirya dia kemudian mendaftarkan jenis baru ini ke The International Cat Association (TICA). Barulah pada tahun 2008 atau butuh 3 tahun bagi jenis kucing Minskin ini mendapatkan pengakuan namun berstatus “preliminary” (masih dalam pantauan).

Paul juga mendaftarkan jenis Minskin ini ke The Cat Fanciers’ Association (CFA) namun ditolak dengan alasan tidak sesuai dengan estetik atau masalah etika (percampuran jenis yang tidak sesuai etika).

Kepribadian

Bagi beberapa orang mungkin kucing ini memiliki penampilan yang aneh. Namun kucing Minskin adalah kucing yang ramah, manja, berorientasi dengan pemiliknya, suka dengan anak-anak kecil dan aktif.

Minskin juga mampu beradaptasi dengan hewan peliharaan lain seperti anjing. Selain itu kemampuan adaptasi mereka di lingkungan baru juga berjalan dengan cepat. Karakter vokalnya tenang. Minskin tidak akan bersuara dengan keras layaknya Siam.

Meski kecil karena berkaki pendek, hal ini tidak mengurangi aktifitas bermain. Mungkin kucing ini akan kesulitan untuk melakukan lompatan atau naik ke tempat yang tinggi karena kaki pendeknya.

Kucing Minskin
Kucing Minskin adalah kucing yang ramah (little_curls_cattery)

Mereka juga cukup cerdas. Cerdas dalam artian bisa dilatih untuk mempelajari perintah-perintah sederhana dan memahami peraturan yang sederhana.

Karakteristik ini tentu menjadikan kucing Minskin adalah peliharaan yang ideal untuk dipelihara di tengah-tengah keluarga.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kaki pendek dan nampak tanpa bulu adalah penampilan khas Minskin. Minskin tidak sepenuhnya tanpa bulu, beberapa diantaranya memiliki bulu super tipis dengan beberapa bagian tubuhnya memiliki bulu lebih banyak. Beberapa bagian tubuh yang kerap memiliki bulu lebih tebal adalah wajah, telinga, hidung, kaki dan ekor.

Baca juga: Ras Kucing Tanpa Bulu yang Unik dan Menarik

Otot kuat dan cukup kekar, telinga besar dan lebar (dia salah satu kucing bertelinga lebar), mata membulat dan besar. Kedua kaki belakang berukuran sedikit lebih panjang dari kedua kaki depannya. Ekor cukup panjang proporsional dengan bentuk tubuh, ujung cenderung melancip. Berat kucing dewasa sekitar 3 kilogram.

Wajahnya mirip alien mungkin?

Kucing Minskin
Kucing Minskin berkaki pendek (little_curls_cattery)

Kesehatan

Karena kaki pendeknya, Minskin memiliki kondisi gangguan kesehatan seperti masalah tulang belakang seperti Lordosis dan Pectus Excavatum. Kondisi ini akan membuat Minskin mengalami kesakitan dan jika fatal berpotensi mengalami patah tulang belakang. Namun tidak semua Minskin mengalaminya.

Masalah lain adalah terkait bulu super tipisnya. Karena sangat tipis, kucing ini rawan terkena:

  • Sengatan matahari berlebih memicu kanker kulit.
  • Kulit rawan luka dan iritasi.
  • Berpotensi terserang infeksi jamur.
  • Tidak tahan cuaca dingin, rawan terkena demam atau flu.

Penyakit lain yang kerap menyerang kucing ini sama seperti penyakit kucing-kucing lain pada umumnya. Salah satunya adalah serangan virus yang beberapa diantaranya berpotensi mengancam nyawanya. Untuk mencegahnya, tentu dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Bulu super tipisnya membuat Minskin membutuhkan perhatian ekstra. Pembersihan secara rutin perlu dilakukan untuk membersihkan minyak di permukaan kulitnya. Agar mereka aman dari paparan sinar matahari, pemberian tabir surya juga diperlukan. Namun pastikan menggunakan yang aman karena rawan terjilat.

Kucing Minskin
Kucing Minskin perlu perawatan ekstra (orikett13)

Untuk mengantisipasi udara dingin, Minskin juga boleh dipakaikan baju atau sweater untuk membantu menghangatkan tubuh.

Perawatan standar lain seperti membersihkan mata, menggosok gigi dan pembersihan telinga secara rutin diperlukan agar kondisi mereka selalu terjaga dengan baik.

Baca juga: Kucing Burmilla: Si Manis nan Menawan

Rentang Usia

Dengan perawatan tepat, umur kucing Minskin bisa mencapai 12 hingga 15 tahun. Tentu saja kucing mahal dan langka seperti ini tidak bisa diabaikan begitu saja bukan?

Adopsi

Sebagai informasi awal, harga kucing Minskin saat ini berada di kisaran Rp. 20.000.000 hingga Rp. 28.000.000 tergantung umur, kualitas dan kondisinya. Harga tersebut masih belum termasuk biaya impor.

Pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi. Dan pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing seperti TICA.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar