Kucing Mini
Ras Kucing Mini Paling Menggemaskan

Ras Kucing Mini Yang Menggemaskan

Posted on

KucingMania.net – Salah satu faktor yang menjadikan kucing menjadi pilihan penggemarnya adalah penampilan fisiknya yang menarik. Tidak bisa dipungkiri kucing ras memiliki penampilan lebih menarik dibanding kucing domestik/kampung. Salah satu bentuk fisik yang terlihat menarik adalah kucing mini yang terlihat imut menggemaskan.

Ada beberapa jenis kucing mini yang ada di dunia ini. Namun saya kali ini hanya merangkum 5 jenis kucing mini yang populer dipelihara di belahan dunia ini. Beberapa diantaranya juga populer menjadi peliharaan di Indonesia.

Ras Kucing Mini Yang Menggemaskan

#1. Kucing Munchkin

Kucing Munchkin adalah kucing berkaki pendek yang membuatnya terlihat “cebol” menggemaskan. Kaki pendeknya adalah akibat proses alami dari mutasi genetik bukan hasil rekayasa genetik untuk dibiakkan. Meski berkaki pendek, kucing mini jenis Munchkin ini memiliki kecepatan lari yang cepat untuk ukurannya.

Kucing Mini
Ras Kucing Munchkin

Harga kucing Munchkin bervariasi tergantung umurnya. Untuk kitten kucing Munchkin dijual pada kisaran harga 4-5 jutaan di Indonesia.

#2. Kucing American Curl

Selain ukurannya yang mini, faktor yang membuat American Curl menonjol adalah telinga pendek/kecil. Telinga mininya ini membuatnya terlihat semakin menggemaskan. Kucing American Curl juga dikenal sebagai kucing yang tenang atau tidak banyak mengeong.

Kucing Mini
Kucing American Curl (Gambar oleh vetstreet.com)

Tidak ada harga pasti kucing American Curl di Indonesia. Namun dilihat di pasaran dunia kucing, harganya berkisar mulai 1 jutaan hingga tembus 10 jutaan.

#3. Kucing Devon Rex

Meski pada umumnya kucing jenis Devon Rex terlihat tidak ada yang gendut, namun kucing ini sangat doyan makan. Bahkan ia cenderung tidak terlalu suka untuk banyak bergerak. Meski begitu kucing ini masih suka diajak bermain terutama dengan orang yang dianggap menjadi favoritnya.

Kucing Mini
Kucing Devon Rex (Foto oleh Vetstreet.com)

Salah satu ciri fisik yang membuatnya terlihat berbeda adalah bulunya yang tipis pendek, wajah mungil dan telinga besar.

#4. Kucing Singapura

Sekilas kucing Singapura terlihat seperti kucing kampung biasa. Di Singapura sendiri kucing ini memang kucing domestik atau kucing kampung Singapura. Namun meski begitu, kucing Singapura saat ini dipertimbangkan untuk dijadikan harta karun nasional negara Singapura.

Kucing Mini
Kucing Singapura (Gambar oleh Catster.com)

Kucing Singapura memiliki sifat yang ramah, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan termasuk kucing yang pintar.

#5. Kucing Cornish Rex

Secara bentuk fisik, kucing Cornish Rex bisa dikatakan tidak terlalu mungil atau mini. Sekilas tampilan fisiknya mirip dengan ras Devon Rex namun memiliki tubuh lebih tinggi. Sifat kucing ini sangat menggemaskan. Meski usianya dewasa, namun sifatnya akan selalu seperti kucing kecil/kitten yang suka bermain-main dan aktif. Kucing ini juga dikenal sangat sayang kepada pemiliknya.

Kucing Mini
Kucing Cornish Rex (Foto oleh cornishrexny.blogspot.com)

Kucing Cornish Rex juga dikenal sebagai kucing yang sangat cepat. Gerakannya lincah dan memiliki kecepatan lari diatas rata-rata kucing lainnya. Hal lain yang menonjol adalah telinganya yang memiliki ukuran panjang dan besar.

Baca juga: Kucing Persia Himalaya – Si Cantik Nan Anggun

Sebenarnya masih ada beberapa ras kucing mini lainnya yang saat ini tersebar di berbagai belahan di dunia. Lima kucing diatas ditampilkan berdasarkan reputasi mereka yang saat ini populer. Mungkin sobat tertarik untuk memelihara salah satu atau semua ras kucing diatas?

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Saat ini memelihara beberapa kitten domestik, mix dome dan persia medium. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar