Kenapa Kucing Mendengkur? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

Dalam berbagai situasi kucing akan mengeluarkan suara dengkuran. Namun apa dan bagaimana yang menyebabkan kucing mendengkur atau mengorok ini?

Mendengkur atau mengorok adalah suara yang paling sering dikeluarkan oleh kucing selain mengeong, menggeram dan mendesis.

Mendengkur adalah salah satu karakteristik kucing. Pada umumnya kucing akan mengeluarkan suara dengkuran ketika mereka dalam kondisi puas, nyaman, santai dan aman. Kucing akan mendengkur ketika rebahan di sekitar kita karena merasa aman dan nyaman bersama manusia favoritnya. Beberapa kucing juga akan mendengkur ketika menikmati santapannya yang lezat.

Namun kita juga harus paham bahwa ketika kucing mendengkur, hal tersebut tidak selalu menunjukkan rasa puas dan nyaman. Ada beberapa kondisi yang memicu kucing akan mengeluarkan dengkuran. Namun satu hal yang pasti, dengkuran adalah ungkapan perasaan kucing.

Kenapa Kucing Mendengkur?

Senang

Kucing terlihat rileks, bersantai dan menikmati waktunya dengan sangat baik. Dengkuran biasanya akan terlihat pada saat seperti ini. Hal ini tentu menunjukkan suasana hati mereka yang merasa nyaman berada di tempat tersebut. Intinya adalah suasana hatinya sedang bahagia.

Kucing Mendengkur
Kucing mendengkur ketika merasa nyaman (freepik)

Memikirkan Makanan

Tidak hanya mengeong, ada kalanya kucing akan mendekati pemiliknya dan kemudian mengeluarkan suara dengkuran yang dipadukan dengan suara meong yang akan memanipulasi pemiliknya untuk segera memberikannya makanan.

Stres

Kucing mendengkur ketika mereka sedang stres. Dengkuran ketika stres ini bertujuan untuk menenangkan diri mereka sendiri. Tidak hanya ketika stres, ketika kucing sedang sakit atau terluka, beberapa di antara mereka akan mengeluarkan dengkuran untuk menenangkan perasaan mereka.

Kelahiran

Salah satu tanda kucing betina yang akan melahirkan adalah mengeluarkan dengkuran secara terus menerus. Calon induk akan mendengkur untuk menenangkan suasana hatinya serta mengurangi stres. Jadi jika sobat punya kucing betina yang sedang hamil besar dan kemudian terlihat gelisah serta sering mendengkur, maka waktunya bayi-bayi kucing untuk muncul akan segera tiba.

Kucing Mendengkur
Beberapa kucing mendengkur ketika makan

Penyembuhan

Ketika kucing sedang sakit atau terluka dan kemudian mendengkur, hal tersebut dipercaya sebagai salah satu upaya kucing untuk mempercepat kesembuhan. Dengkuran berfrekuensi rendah yang dikeluarkan oleh kucing menyebabkan getaran di dalam tubuhnya yang kemudian akan membantunya untuk menyembuhkan diri.

Baca juga:

Ikatan Induk dan Anak

Bayi kucing yang dilahirkan dalam beberapa hari sudah bisa mengeluarkan suara dengkuran. Ketika dalam perawatan induknya, bayi kucing akan mendengkur untuk menunjukkan suasana hati yang nyaman agar induknya tahu jika bayinya baik-baik saja.

Dan sebaliknya, induk juga akan mengeluarkan dengkuran ketika merawat anak-anaknya untuk menunjukkan dan memberikan rasa nyaman dan aman kepada bayi-bayinya.

Nah itulah jawaban kenapa kucing mendengkur. Mungkin sebagian di antara kita hanya tahu ketika kucing mendengkur hanya ketika mereka merasa senang dan nyaman. Dengkuran adalah salah satu upaya untuk menunjukkan berbagai perasaan yang sedang dialami oleh kucing baik itu senang, stres, sakit dan beberapa hal lainnya.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar