Kucing Mencret Terus Menerus? Ini Cara Mengobatinya

Mencret adalah masalah yang kerap terjadi pada kucing. Banyak faktor yang memicu mencret pada kucing. Inilah beberapa obat kucing mencret yang manjur.

Kucing mengalami mencret kerap terjadi. Dan masalah kucing mencret ini sering dijumpai dan dialami oleh para pemelihara kucing. Banyak faktor yang menyebabkan kucing mengalami masalah ini dimana sebagian besar dipicu oleh makanan.

Kucing Mencret
Mengobati Kucing Mencret

Sebelum kita melanjutkan cara mengobati kucing mencret, ada baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan kucing mengalami serangan mencret.

Penyebab Kucing Mencret

Berikut ini beberapa penyebab atau pemicu kucing mengalamin mencret:

  • Perubahan jenis atau merk makanan yang mendadak (dry food)
  • Cacingan
  • Makanan yang sudah basi atau kotor
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan lambung
  • Masuk angin
  • Virus atau bakteri.

Cara Mengobati Kucing Mencret

Mengobati mencret pada kucing harus dibedakan antara kucing dewasa dengan anak kucing (kitten). Dosis yang diberikan harus menyesuaikan berat tubuh kucing. Obat-obatan berikut ini bisa diberikan kepada kucing untuk mengatasi permasalah mencret berdasarkan pengalaman pribadi, resep dari dokter hewan dan sharing diantara komunitas pecinta kucing.

Kucing Mencret
Kucing mencret

Entrostop untuk Kucing

Entrostop aman dan manjur diberikan kepada kucing yang sedang mengalami masalah mencret. Untuk kucing dewasa berikan setengah tablet 2 kali sehari. Sedangkan untuk kitten, berikan 1/8 atau 1/4 dua kali sehari. Ada juga pilihan Entrostop cair (Entrostop anak) sehingga lebih mudah diberikan kepada kucing.

Diagit

Obat berikutnya untuk mengobati kucing mencret terus menerus adalah dengan menggunakan Diagit. Dosis pemberiannya sama dengan Entrostop.

Neo Kaminal

Neo Kaminal berbentuk cair atau sirup sehingga cukup mudah diberikan kepada kucing (terutama anak kucing).

Guanistrep

Sama seperti Neo Kaminal, Guanistrep berbentuk cair sehingga cukup mudah untuk diberikan langsung kepada kucing. Untuk kucing dewasa berikan dosis 1.5 ml. Sedangkan untuk kitten berbobot 1 KG bisa diberikan dengan dosis 1 ml. Jika bobot kitten berada dibawah 1 kg, kurangi dosisnya dengan menyesuaikan berat badannya. Berikan dua kali sehari.

Norit

Jika sobat memelihara kucing, Norit adalah obat yang harus selalu tersedia di rumah. Selain bisa untuk membantu mengatasi kucing keracunan, Norit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kucing mencret.

Untuk kitten dengan bobot 1 kg, sobat bisa memberikan dosis 1 tablet/butir. Jika bobot kitten dibawah 1 kg berikan setengah butir. Sedangkan untuk kucing dewasa berikan 2 butir. Berikan dua kali sehari.

Lacto B

Lacto B diformulasikan untuk mengatasi diare pada anak-anak terutama bayi. Sobat juga bisa memberikan Lacto B untuk mengobati kucing mencret. Caranya dengan mencampurkan ke makanan atau minuman kucing.

Primacat Drop

Primacat Drop adalah obat diare atau mencret yang diformulasikan khusus untuk kucing. Dosis pemberian bisa menggunakan cara berikut ini (tergantung berat badan kucing).

DOSIS :

  • Kucing 1/2 kg: 1.5ml Primacat (1/4 sendok teh)
  • Kucing 1 kg: 2.5ml Primacat (1/2 sendok teh)
  • Kucing 2 kg: 5ml Primacat (1 sendok teh)
  • Kucing 4 kg: 10ml Primacat (2 sendok teh).

Royal Canin Gastrointestinal Cat

Royal Canin Gastrointestinal Cat adalah makan khusus kucing yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau mencret.

TIPS:

  • Untuk menghindari kucing mencret, berikan tempe kukus secara rutin kepada kucing. Paling bagus mencampurkan tongkol kukus plus tempe kukus
  • Jika mengganti merk makanan dry food, jangan menggantinya langsung. Berikan secara bertahap. Contoh: jika sebelumnya menggunakan merk A dan ingin mengganti dengan merk B, berikan dengan perbandingan 1:1. Jadi berikan merk A 1 sendok dan merk B 1 sendok dan campurkan
  • Jika mencret berlangsung terus menerus setelah diobati, segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat
  • Hentikan pemberian susu formula kepada kucing hingga mencret berhenti.

Baca juga:

Nah itulah beberapa obat kucing mencret yang sudah banyak dipakai dan manjur untuk mengatasi masalah mencret pada kucing. Ada baiknya sobat selalu menyediakan obat-obatan diatas karena masalah mencret pada kucing kerap sering terjadi. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

4 pemikiran pada “Kucing Mencret Terus Menerus? Ini Cara Mengobatinya”

  1. Ya allah aku bingung udah hampir 1 bulan kucingku diare.sudah bolak balik ke dokter nd sembuh jg.sampqi 2 orang dokter kudatangi tp tetap masih mencret sampai skrang.umur kucingku 1 tahun seminggu,tp kucingku makan terus sehat.cuma mencret nd berhwnti.ampe kasian liatnya.semua obat yg disarannin udah ku kasih minum.tp nd ada perubahan.tolong siapa tau ada yg lebih manjur.terima kasih

    Balas
  2. Saya mau tanya, kalo untuk lacto-b untuk kitten, dosisnya berapa ya? Kitten saya mencret mencret, gak tega liatnya. Mohon dijawab ya, terima kasih

    Balas
    • Kitten umur berapa bulan? Berikan 0,5 ml dua kali sehari. Kalau selera makan masih bagus, bisa diberikan juga tongkol + tempe kukus. Kalau memungkinkan, bisa diberikan juga makanan royal canin Gastrointestinal.

      Balas

Tinggalkan komentar