Kucing Marble: Karakteristik dan Macam Jenisnya

Diketahui karena motif atau pola bulu yang sangat atraktif dan menarik, kucing marble adalah kucing yang sangat didambakan oleh sebagian besar pecinta kucing.

Apa Itu Kucing Marble

Marble jika diartikan adalah marmer. Ini merujuk pada pola strip atau garis yang ada pada bulu kucing dengan pola seperti marmer. Pola garisnya seolah membentuk seperti pusaran melingkar di bagian sisi tubuh kucing (meski ada pola marble lain yang tidak memiliki pola pusaran).

Kucing Marble
Kitten Marble (shutterstock.com)

Kucing marble bukanlah nama jenis ras kucing, marble merujuk pada pola atau corak garis di bulunya yang menyerupai corak batu marmer. Marble adalah variasi dari pola tabby klasik.

Pola marble bisa ditemukan di berbagai jenis kucing. Bahkan kucing domestik seperti kucing kampung di Indonesia juga banyak memiliki pola marble. Namun beberapa jenis kucing secara khusus memiliki pola marble sebagai ciri khas utamanya.

Pola marble itu sendiri masih masih terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Marble Tabby Klasik

Kucing Marble
Marble Tabby Klasik

Marble tabby klasik merujuk pada pola garis yang membentuk pusaran melingkar dan sering disebut marble mata banteng atau bulls eye.

Marble Tabby

Kucing Marble
Marble Tabby

Marble tabby merujuk pada pola garisnya yang membentuk pusaran horizontal (tidak ada yang melingkar).

Beberapa jenis kucing berikut ini diketahui memiliki pola khas marble di sebagian besar ras keturunannya:

Kucing Marble Bengal

Kucing Marble
Marble Bengal (shutterstock.com)

Bengal terkenal dengan pola bulu berbintik atau bertutul. Namun kucing Bengal juga diketahui sebagai jenis kucing yang memiliki pola marble alamiah. Hampir di sebagian besar keturunan kucing Bengal, mayoritas akan memiliki pola marble tabby dan sebagian kecilnya memiliki pola marble tabby klasik. Gambar kucing Bengal di atas memiliki pola marble tabby.

Pola marble pada kucing bengal itu sendiri masih terbagi menjadi dua jenis yaitu marble bicolor (dua warna) dan marble tricolor (tiga warna).

Marble bicolor memiliki dua warna berbeda pada bulunya yaitu warna pola dan warna latar belakang. Sedang untuk tricolor berasal dari warna bicolor yang memiki satu warna tambahan dengan pola terurai di bagian dalam warna pola.

Kucing Marble Oren

Kucing Marble Oren
Marble Oren (shutterstock.com)

Kucing motif marble oren banyak sekali ditemukan di beberapa ras kucing domestik. Namun beberapa jenis ras lain juga diketahui memiliki pola marble tabby seperti contohnya British Shorthair (seperti gambar di atas adalah kucing British dengan pola marble tabby klasik berwarna oren).

Kucing Marble Abu

Kucing Marble
Kucing Marble Abu

Salah satu kucing pola marble berwarna abu-abu sering ditemukan pada jenis kucing American Shorthair (gambar di atas). Kucing jenis ini banyak memiliki pola marble tabby klasik (meski sebagian besar lainnya juga ada yang berpola marble tabby).

Kucing Marble Hitam

Kucing Marble Hitam
Marble Hitam (shutterstock.com)

Gambar di atas adalah kucing domestik dengan pola marble berwarna hitam. Beberapa kucing kampung yang tinggal di sekitar kita cukup sering dijumpai memiliki pola marble tabby klasik.

Baca juga:

Kesimpulan

Kucing marble bukanlah nama jenis kucing. Jadi ini merujuk pada pola pada bulu atau mantel yang dimiliki oleh kucing. Pola marble adalah bagian dari gen kucing tabby yang merupakan gen dasar yang dimiliki oleh sebagian besar jenis kucing. Kucing dengan pola marble memang memiliki penampilan yang sangat mengagumkan dan memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kucing.

Bagikan:

Danar Virdaus

Halo, saya Danar Virdaus. Saya "bucing" di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar