Kucing Manx: Bundel Bertubuh Gempal

Kucing Manx adalah kucing dengan penampilan yang terlihat bulat dengan badan yang gempal. Ekornya bundel sekilas membuat Manx terlihat seperti kucing American Bobtail. Kucing ini memiliki sifat sosial dan sangat menikmati hidup berdampingan dengan siapapun di sekitarnya.

Kucing Manx
Kucing Manx (Roger Wasley)

Kucing Manx berasal dari pulau Man yang terletak di Laut Irlandia (berada di antara Inggris dan Irlandia). Termasuk jenis kucing yang tua karena sudah diketahui ada sejak tahun 1500-an. Ekornya pendek (bundel) atau bahkan beberapa kucing Manx tidak memiliki ekor (bagian tempat ekor tumbuh terlihat rata).

Sekilas Tentang Kucing Manx

Berat Tubuh4 kg – 5 kg
Warna BuluPutih, Biru, Hitam, Merah, Cream, Silver, Biru-krem, Coklat
Pola BuluSolid, Tabby, Bicolor, Calico, Tortie, Smoke
Warna MataTembaga, Emas, Kuning, Odd-eye, Biru, Hijau, Coklat, Amber, Hazel, Oranye
Rentang Usia9 – 15 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikAdaptif, Sosial, Setia, Penyayang, Aktif
PengakuanCFA, FIFe, TICA, WCF, FFE, AACE, ACF, ACFA, CAA, CCA, AFC, CCC, CFF, GCCF, LOOF, NZCF, SACC
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 21.000.000

Seperti apa sih kucing gempal ini? Jika sobat tertarik ingin mengenali jenis kucing Manx, kucingmania akan mengulas karakteristik dan profilnya secara lengkap berikut ini.

Sejarah

Bagaimana nenek moyang kucing Manx mulai mendiami pulau Man memiliki beberapa cerita yang simpang siur. Sebuah cerita mengatakan jika pada tahun 1558 sebuah kapal milik Spanyol tenggelam di sekitar pulau Man. Beberapa kucing yang ada di kapal tenggelam ini berenang menyelamatkan diri ke pulau Man.

Kucing-kucing ini kemudian hidup dengan makmur di pulau Man karena banyaknya hewan pengerat di pulau ini. Mereka berkembang biak dan kemudian secara turun temurun menjadi penduduk tetap pulau Man.

Cerita versi lain mengatakan jika nenek moyang kucing Manx masuk ke pulau Man mengikuti para pedagang yang berasal dari Fenisia. Para pedagang ini membawa kucing yang mereka bawa dari Jepang dalam perjalanan perdagangan mereka yang kemudian singgah di pulau Man.

Kucing Manx
Anak Kucing Manx (Francesco Cornaggia)

Para ahli genetika kucing memperkirakan pada awalnya nenek moyang kucing-kucing ini tidak berekor pendek. Mereka memiliki ekor normal. Ekor pendek mereka diperkirakan karena hasil mutasi secara alami diantara para kucing tersebut.

Kucing Manx diperkirakan mulai masuk ke Amerika padan tahun 1880-an. Pada mulanya kucing ini hanya dibawa beberapa ekor saja. Namun tidak disangka kucing ini memperoleh kepopuleran dalam waktu yang singkat.

Karena tingginya permintaan dan proses pembiakannya juga lambat, akhirnya Manx didatangkan langsung dalam jumlah besar dari pulau Man dan membuat jumlah kucing Manx di pulau Man makin menyusut dan kemudian langka.

Di Inggris, catatan sejarah menunjukkan jika Manx mulai dikenal pada tahun 1900-an. Di Inggris kucing ini juga populer dan bahkan pada tahun 1901 berdiri sebuah klub pecinta kucing Manx. Raja Inggris Edward VIII juga dikabarkan sangat menggemari kucing Manx dan selalu hadir dalam pertunjukkan kucing yang menampilkan Manx.

Kucing Manx mulai diakui oleh Cat Fanciers ‘Association (CFA) pada tahun 1920 dan menjadi salah satu jenis pertama yang diakui CFA sejak mereka didirikan di Amerika pada tahun 1908.

Kepribadian

Kucing Manx memiliki kepribadian yang sangat ideal sebagai hewan peliharaan. Dengan perhatian penuh kasih sayang dan perawatan yang baik akan dibalas dengan kasih sayang dan juga kesetiaan. Kucing Manx sangat berorientasi kepada orang yang menyayanginya dengan sepenuh hati.

Manx juga diketahui memiliki kecerdasan. Mereka bisa diajari untuk memahami perintah sederhana dan juga melakukan trik sederhana yang diajarkan secara terus menerus. Termasuk kucing yang aktif, sosial dan adaptif. Mudah untuk beradaptasi di lingkungan dan kebiasaan baru, cocok dengan anak-anak kecil dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain di lingkungan sekitarnya.

Kucing Manx
Kucing Manx (Gavin Brewis)

Waktu santai akan mereka pergunakan untuk duduk di pangkuan pemiliknya atau sekedar tiduran di sekitar pemiliknya. Termasuk jenis kucing yang tidak takut air. Mereka suka bermain-main di media yang memiliki air meski tidak akan menceburkan diri ke dalamnya.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya berukuran sedang, berotot, kompak dan kokoh. Kepalanya bundar dengan leher yang pendek dan tebal, telinga lebar di bagian pangkalnya dan sedikit meruncing di ujung telinganya. Matanya bulat, besar dan ekspresif.

Baca juga: Jenis Kucing Terbesar di Dunia yang Mengagumkan

Kaki tebal karena tulang dan ototnya kuat. Kedua kaki belakang sedikit lebih panjang dari kedua kaki depannya. Ekor bundel berupa tonjolan tulang. Bulu pendek tebal yang terdiri dari dua lapisan. Hadir dalam pola warna yang bervariatif.

Kesehatan

Kucing Manx diketahui memiliki beberapa kondisi gangguan kesehatan seperti berikut ini:

  • Radang sendi.
  • Sindrom Manx: Kondisi yang terjadi ketika gen tak berekor terlalu memendekkan tulang belakang yang beresiko merusak sumsum tulang belakang.
  • Distrofi Kornea: Kelainan kornea yang disebabkan adanya kelainan genetik.
  • Intertrigo (lipatan) pada bagian pantat.
  • Megakolon: Sebuah kondosi pelebaran atau pembesaran abnormal pada usus besar atau kolon yang menyebabkan sembelit.

Namun tidak semua kucing Manx akan mengalami masalah diatas. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan ada keterangan sehat tertulis ketika mengadopsi kucing Manx.

Kucing Manx
Kucing Manx (swissgoldeneagle)

Masalah kesehatan lain sama seperti yang dialami kucing pada umumnya. Yang wajib diwaspadai adalah serangan virus pada kucing. Calicivirus dikenal sangat mudah menyerang dan menular ke sesama kucing. Distemper kucing juga sangat berbahaya dan mengancam nyawa kucing. Diperlukan pemberian vaksin secara rutin untuk mencegahnya.

Perawatan

Kucing Manx sangat mudah dirawat. Bulu-bulu pendeknya hanya perlu disisir atau disikat setidaknya dua kali dalam seminggu agar tidak kusut dan mengangkat bulu-bulu mati. Mandikan juga seperlunya saja ketika tubuhnya sudah nampak sangat kotor.

Perhatikan kebersihan mulut, gusi dan giginya. Gosok gigi atau bersihkan giginya secara rutin agar terhindar dari masalah penyakit periodontal pada kucing. Bersihkan kotoran telinganya secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran yang memicu infeksi telinga atau serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, usia kucing Manx berkisar antara 9 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Manx

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengadopsi kucing Manx? Sebagai informasi, harga kucing Manx berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 21.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Dan harga tersebut masih belum termasuk biaya tambahan seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Colorpoint Shorthair: Ramping, Cerdas dan Manja

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar