Kucing Makan Sayuran, Apakah Bermanfaat?

Kucing kita kenal sebagai hewan Karnivor yang identik dengan makan daging-dagingan atau ikan-ikanan. Namun siapa sangka banyak juga kucing yang suka makan sayuran. Banyak juga produsen makanan kucing mencampurkan bahan sayuran dalam formula makanannya. Namun bagaimana jika kucing makan sayuran secara langsung dan apakah ada manfaatnya?

Seperti yang kita tahu manusia akan banyak mendapatkan manfaat kebaikan dari memakan sayuran. Kucing yang sebenarnya adalah hewan Karnivor murni secara alami juga memakan tumbuhan seperti rumput untuk membantu pencernaannya. Dengan memakan sayur-sayuran yang tepat, ada berbagai manfaat kebaikan yang bisa diperoleh oleh kucing.

Apa saja jenis sayuran yang baik untuk dimakan oleh kucing dan apa saja manfaatnya?

Sayuran yang Bermanfaat Bagi Kucing

1. Wortel

Wortel adalah sumber vitamin dan mineral yang baik bagi kucing. Selain itu, wortel juga rendah kalori, tinggi serat serta bagus untuk kulit dan mata kucing. Dan cara terbaik untuk memberikan ke kucing adalah berikan dalam keadaan masak terlebih dahulu. Potong kecil-kecil seperti ukuran dadu kemudian kukus dan setelah dingin sajikan ke kucing. Alternatifnya adalah mencampur wortel dalam resep makanan buatan sendiri untuk kucing.

Baca juga: Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri

Kucingmania.net

2. Brokoli

Brokoli yang dikukus adalah sumber antioksidan yang sangat baik bagi kucing. Menambahkan brokoli dalam makanan sehari-hari kucing akan sangat bagus untuk diet kucing.

Kucing Makan Sayuran
Brokoli dan wortel bagus untuk kesehatan kucing (sumber gambar Pixabay)

3. Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber protein dan karbohidrat yang sangat baik dan ideal bagi kucing.

4. Asparagus

Asparagus juga bisa menjadi sumber protein dan karbohidrat yang sangat baik. Untuk menyajikan kepada kucing adalah berikan setelah dikukus atau campurkan dalam makanan basahnya (blender atau potong kecil-kecil terlebih dahulu).

5. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah sumber protein tinggi yang baik untuk dikonsumsi oleh kucing. Berikan kepada kucing setelah dikukus atau campurkan dalam makanan basah kucing.

6. Paprika

Semua jenis paprika baik untuk tambahan makanan kucing. Paprika mampu memberikan tambahan serat dan juga antioksidan yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kucing Makan Sayuran
Paprika juga baik untuk kucing

7. Kubis

Kubis bisa membantu menjaga pencernaan kucing agar tetap baik dan sehat. Selain itu, kubis juga mampu memberikan nutrisi tambahan untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

8. Seledri

Jika sobat memiliki masalah dengan bau mulut pada kucing peliharaan, salah satu tips untuk mengurangi bau mulutnya adalah rutin memberikan seledri dalam campuran makanannya. Selain itu seledri juga antioksidan yang sangat baik bagi kucing.

9. Timun

Kandungan airnya yang banyak sangat bagus untuk memberikan asupan cairan pada kucing. Selain itu, timun juga memberikan beberapa manfaat kebaikan seperti asupan vitamin C dan K, Magnesium, sedikit lemak dan karbohidrat serta mengurangi tekanan darah.

10. Selada Air

Selada sangat baik untuk dikonsumsi kucing karena mampu memberikan asupan cairan dan serat. Cocok diberikan sebagai campuran makanan basah buatan sendiri.

11. Labu

Labu memiliki banyak serat dan membantu menjaga kesehatan pencernaan kucing. Jika kucing sobat diare dan sulit buang air besar, salah satu tips untuk membantunya adalah dengan memberikan labu kukus kepada kucing. Selain itu labu juga kaya akan vitamin dan mineral.

Tips: jika kucing sobat tidak mau makan sayuran secara langsung, campurkan saja sayuran tersebut dalam campuran makanan basah. Dan jika masih tidak doyan, sobat tidak perlu memaksanya karena bukan kebutuhan kucing untuk makan sayuran.

Sayuran yang Terlarang Untuk Kucing

Selain itu ada juga beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh kucing seperti:

  • Tomat hijau
  • Kentang hijau

Yang perlu sobat ketahui, pada dasarnya kucing tidak memerlukan sayuran untuk menyeimbangkan gizi mereka. Sekali lagi karena kucing adalah hewan Karnivor sejati, maka yang lebih dibutuhkan oleh kucing adalah protein hewani. Oleh karena itu sobat tidak perlu terlalu rutin memberikan tambahan campuran sayuran dalam makanan mereka.

Baca juga: Pilihan Makanan Kucing Murah Harga Hemat

Kesimpulan

Apakah boleh kucing makan sayuran? Tentu saja boleh namun janganlah berlebihan dan jangan memaksa kucing untuk memakan sayuran jika mereka tidak mau. Berikan saja makanan sesuai “kodrat” kucing sebagai hewan Karnivor sejati.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar