Kenapa Kucing Makan Rumput, dan Apakah Aman?

Kucing dengan taring yang dimilikinya menandakan mereka adalah binatang karnivora yang sifat alaminya adalah pemakan daging. Namun terkadang kucing melakukan hal yang mengejutkan seperti makan rumput. Bagaimana bisa kucing makan rumput?

Meskipun dikenal sebagai jenis hewan karnivor, sebagian besar kucing diketahui sangat menyukai makanan non daging seperti sayur, rumput, keju dan beberapa makanan lain seperti biji-bijian. Namun apakah hal ini normal dan aman bagi kucing untuk makan rumput? Jika sobat penasaran kenapa kucing makan rumput, berikut penjelasannya.

Kucing Makan Rumput
Kenapa kucing suka makan rumput?

Mengapa Kucing Makan Rumput?

Kucing bisa makan rumput dan ini adalah salah satu makanan “wajib” bagi mereka. Bahkan aktifitas makan rumput sangat bermanfaat bagi kehidupan kucing. Pada dasarnya, kucing makan rumput ada alasan dan penjelasan ilmiahnya.

1. Pencahar Alami

Kucing adalah hewan “usil” yang suka memasukkan benda atau makanan aneh ke dalam mulut mereka. Terkadang benda asing, tulang, duri, bulu atau makanan aneh ini mereka telan. Selain itu, terkadang beberapa makanan yang mereka makan tidak bisa dicerna dengan sempurna oleh pencernaan kucing.

Benda asing, bulu atau makanan yang tidak bisa dicerna ini kemudian “macet” di usus atau sistem pencernaan kucing. Di sinilah rumput hadir memberikan bantuan berharga kepada kucing. Kucing merasakan ada yang salah dengan pencernaan mereka dan oleh karena itu mereka memerlukan rumput untuk dimakan.

Wajarkah Kucing Sering Tidur? Ketahui Jawabannya Di Sini » KucingMania
Kucing sangat suka tidur. Kucing tidur 70% sepanjang waktu. Namun tahukan kamu kenapa kucing sering tidur? Apakah itu adalah kebiasaan yang wajar dan normal?
www.kucingmania.net

Rumput akan membantu mengeluarkan benda asing atau makanan yang tidak tercerna dengan baik ini melalui saluran pembuangan. Dan jika benar-benar tidak bisa dicerna dan dibuang melalui saluran pembuangan, maka akan keluar melalui muntahan.

Oleh karena itu sangat wajar ketika kita menemukan kotoran dan muntahan kucing yang mengandung rumput. Rumput bisa dikatakan sebagai pencahar alami yang membantu kucing mengatasi masalah pencernaan.

2. Nutrisi

Tahukah sobat bahwa sebenarnya rumput memiliki nutrisi yang bernama asam folat? Kucing sangat membutuhkan asam folat untuk membantu pencernaan dan mendukung pertumbuhan sel.

Ketika masih anak-anak (kitten) dan menyusu ke induknya, asam folat ini didapatkan dari ASI induk kucing. Namun ketika sudah tidak minum susu dari induk, kucing bisa mendapatkan asupan asam folat ini dari rumput yang mereka cerna.

Kucing Makan Rumput
Kucing sangat membutuhkan rumput

Tentu saja kucing tidak akan tahu atau menyadari jika rumput mengandung asam folat. Ini hanyalah naluri alami yang mereka dapatkan secara turun-temurun dan kucing tahu bahwa rumput sangat bermanfaat bagi pencernaan mereka.

3. Meredakan Stres atau Kecemasan

Kucing memiliki caranya tersendiri untuk mengurangi stres yang mereka rasakan. Beberapa metode kucing untuk meredakan stres adalah dengan mendengkur atau mengorok (purring) dan makan rumput. Alasan berikutnya kenapa kucing makan rumput adalah untuk menghilangkan kecemasan.

Kucing yang terlalu sering makan rumput atau tanaman juga mungkin menunjukkan tanda-tanda stres. Beberapa kucing mungkin menunjukkan perilaku ketika mengalami stres seperti vokalisasi yang berlebihan. Sementara beberapa kucing lain mungkin mencoba melakukan aktivitas yang berbeda untuk menenangkan diri seperti menemukan sesuatu untuk dikunyah (salah satunya rumput atau tanaman).

Amankah Kucing Makan Rumput?

Melihat beberapa alasan yang sudah disebutkan di atas, tentu saja ketika kucing makan rumput itu adalah hal yang wajar karena sudah naluri alamiahnya. Bahkan bisa dikatakan makan rumput adalah “kewajiban” yang harus dilakukan oleh para kucing untuk menjaga kesehatan pencernaannya.

Kucing Makan Rumput
Kucing makan rumput wheatgrass (sumber gambar Lazada)

Jika sobat memelihara kucing, menyediakan rumput juga bisa menjadi hal wajib yang harus dipersiapkan. Karena bagaimanapun juga menyediakan rumput adalah untuk kebaikan pencernaan kucing. Beruntung jika sobat memelihara kucing dan memiliki area kebun atau taman yang tumbuh rumput.

Kucing Makan Sayuran, Apakah Bermanfaat? » KucingMania
Meski dikenal sebagai hewan Karnivor, banyak kucing yang ternyata doyan makan sayuran. Apakah dengan kucing makan sayuran bisa mendapatkan manfaatnya?
www.kucingmania.net

Namun bagaimana jika lingkungan tinggal tidak memungkinkan rumput untuk tumbuh? Jangan khawatir, saat ini banyak penjual khusus rumput kucing atau wheatgrass. Sobat bisa membeli bibitnya dan menanamnya di media seperti pot.

Kesimpulan

Rumput adalah salah satu kebutuhan utama bagi kucing. Manfaat utamanya adalah membantu sistem pencernaan kucing. Kucing seperti yang kita tahu sangat suka menjilati tubuhnya dan mengunyah benda asing yang bisa masuk ke perut mereka.

Disinilah rumput memberikan peranannya. Rumput akan membantu pencernaan kucing untuk mengeluarkan bulu, benda asing dan makanan yang tidak dicerna dengan tuntas melalui kotorannya atau muntahannya. Jadi sangat wajar dan normal ketika kucing makan rumput.

Bagikan:

Tinggalkan komentar