Kucing Maine Coon: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Artikel ini mengulas tentang kucing Maine Coon. Seperti apakah karakteristiknya, cara perawatannya, harga, dan informasi penting lain.

Kucing Maine Coon adalah kucing yang gagah dengan bulu lembut dan tebal. Seperti apakah profil kucing ini? Kami mengulasnya secara lengkap khusus untuk Anda.

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon (kredit gambar: flibustier / istockphoto)

Kucing Maine Coon adalah kucing yang gagah dengan bulu lembut dan tebal. Sebagai salah satu kucing termahal dan juga kucing terbesar yang ada di dunia ini, kucing Maine Coon adalah jenis kucing yang menjadi favorit dan dambaan bagi para pecinta kucing.

Pemegang rekor kucing domestik terbesar saat ini masih dipegang oleh salah satu jenis Maine Coon bernama Barivel yang berasal dari Vigevano, Milan, Italia. Selain tubuhnya yang besar dan gagah, karakteristik kucing ini juga sangat memukau sehingga ideal untuk dipelihara di tengah keluarga.

Sekilas Tentang Kucing Maine Coon

Berat TubuhJantan: 5 kg – 9 kg
Betina: 3 kg – 5 kg
Warna BuluPutih, Hitam, Biru, Merah, Cream, Coklat, Perak, Tortoiseshell, Bluecream
Pola BuluSolid, Tortoiseshell, Bicolor, Calico, Tabby, Smoke, Shaded
Warna MataOdd-eye, Hijau, Emas, Kuning, Tembaga
Rentang Usia12 – 17 Tahun
PerawatanSedang – Tinggi
KarakteristikSetia, Penyayang, Adaptif, Aktif, Tenang
PengakuanCFA, FIFe, TICA, ACF, ACFA, CAA, GCCF
HargaRp. 8.000.000 – Rp. 30.000.000

Seperti apakah profil kucing Maine Coon ini? Kucingmania akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Kucing Maine Coon adalah kucing asli Amerika. Mereka berasal dari New England, Maine, Amerika Utara. Darimana asal kucing ini sebelum masuk Amerika belum bisa dibuktikan. Banyak simpang siur kabar yang menceritakan bagaimana Maine Coon mulai masuk Amerika.

Sebuah kisah menceritakan bahwa kucing Maine Coon adalah kucing-kucing yang menjadi keturunan dari kucing berambut panjang milik Marie Antoinette (Ratu Prancis).

Ketika masa revolusi Prancis, Marie Antoinette yang menjadi buronan berusaha kabur meninggalkan Prancis dengan membawa serta kucing-kucing peliharaannya.

Marie Antoinette saat itu dibantu oleh kapten kapal bernama Clough. Kapten Clough berhasil memuat barang-barang milik Marie Antoinette dan kucing-kucingnya keatas kapalnya.

Namun Marie Antoinette tidak berhasil mencapai kapal karena tertangkap. Beruntung bagi para kucing peliharaan Marie Antoinette, mereka berhasil mencapai Amerika Utara dengan “bantuan” Kapten Clough.

Kisah lain menceritakan bahwa para pedagang jaman dulu membawa kucing-kucing dalam perjalanan bisnis mereka. Mereka sengaja membawa kucing-kucing ini untuk membantu mengendalikan hama tikus yang kerap merusak barang dagangan mereka di kapal.

Salah satu kapten kapal yang memimping kapal para pedagang ini adalah Kapten Coon. Pada tahun 1700-an, Kapten Coon kerap membawa kucingnya dalam perjalanan mengarungi lautan. Dan suatu ketika Kapten Coon dan kucingnya berlabuh di Amerika Utara dan kemudian berbaur dengan para warga lokal.

Sejak saat itulah cikal bakal kucing Maine Coon masuk Amerika. Bagaimanapun dan seperti apapun kepastian kucing ini masuk Amerika Utara, namun yang pasti mereka masuk melalui jalur para pedagang yang keluar masuk menuju Amerika Utara.

Baca juga:

Kepribadian

Maine Coon dikenal sebagai kucing yang memiliki sifat setia, sayang kepada pemiliknya dan memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik. Mereka suka menghabiskan waktu santai bersama dengan orang-orang di sekitarnya. Baik itu duduk bersantai bersama atau mengikuti pemiliknya tidur.

Meski tubuhnya besar, kucing Maine Coon adalah jenis kucing yang aktif. Mereka suka bermain, memanjat, berlarian kesana kemari. Mereka butuh lingkungan tempat tinggal yang luas dan tidak cocok dipelihara dalam lingkungan yang sempit.

Dan ia adalah ahli dalam mengejar tikus. Jika ada tikus di rumah sobat, Maine Coon akan memburunya. Dia suka bermain-main dengan bola kecil yang dilempar-lempar.

Gumpalan kertas yang sobat lempar juga akan dikejarnya. Kucing Maine Coon suka memanjat sebaik kucing mana pun tetapi biasanya lebih suka tinggal di permukaan tanah.

Air adalah hal yang akan menarik perhatian mereka. Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang suka dengan air. Bulu-bulunya tebal dan anti air sehingga mereka akan sangat menyukai ketika ada kolam air atau media apapun yang berisi air.

Maine Coon adalah tipe kucing yang tenang dan tidak berisik. Mereka akan mengungkapkan perasaan dan permintaannya dengan suaranya yang datar dan cenderung lembut.

Dia juga sangat pintar dan akan dengan senang hati mempelajari trik atau bermain dengan mainan puzzle yang menantang otaknya. Kucing Maine Coon jantan cenderung berlaku lebih konyol dibandingkan Maine Coon betina yang lebih suka menunjukkan sifat bermartabat.

Secara umum, kucing Maine Coon adalah jenis yang tepat untuk dipelihara bersama ditengah keluarga kita. Kepribadian kucing Maine Coon seperti yang sudah digambarkan di atas menunjukkan betapa pintar dan memiliki sosialisasi bagus dengan lingkungan sekitarnya.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon
Ciri-ciri Kucing Maine Coon (kredit gambar: Carrigphotos / gettyimages)

Tubuh

Mereka adalah jenis kucing domestik terbesar saat ini. Jantan bisa berbobot dari 6,8 hingga 11 kg dengan betina yang berbobot dari 4,5 hingga 6,8 kg. Ketinggian kucing dewasa bisa antara 25 hingga 41 cm dan mereka dapat mencapai panjang hingga 40 inci (100 cm), termasuk ekor, yang dapat mencapai panjang 14 inci (36 cm).

Tubuh kuat dan berotot, untuk menopang berat badan mereka sendiri, dan dada luas. Mereka memiliki bentuk tubuh persegi panjang dan mereka tumbuh secara perlahan.

Kucing ini bisa mencapai ukuran maksimal ketika mencapai usia tiga hingga lima tahun, sementara ras kucing lainnya hanya membutuhkan waktu satu tahun.

Ekor

Sangat panjang, meruncing, sangat berbulu. Terlihat seperti ekor rakun. Dapat mencapai panjang 14 in (36cm).

Bulu dan Warna

Lembut dan halus (tekstur dapat bervariasi dengan warna bulu). Rambut lebih pendek di kepala dan bahu dan lebih panjang di perut dan panggul. Lapisan bawahnya padat, bulu tahan air. Warna bulunya diketahui adalah putih, hitam, krim, coklat, perak, bluecream, calico dan tortoiseshell.

Kepala dan Telinga

Kepala lebar sedang dan panjangnya sedikit lebih panjang, dagu terlihat persegi. Memberikan tampilan terlihat menjadi persegi panjang tetapi seharusnya tidak tampak meruncing atau runcing.

Dagu kuat, kencang dan sejajar dengan bibir atas dan hidung. Telinga besar, berumbai-rumbai, lebar di pangkal, lonjong hingga tampak runcing (mirip dengan Lynx). Mata besar, ekspresif, dan lebar.

Kaki

Kaki besar, lebar, panjang sedang, dan proporsional dengan tubuh. Kaki depan lurus. Kaki belakang lurus saat dilihat dari belakang. Cakar besar, berbentuk bulat, berumbai. Lima jari kaki depan; empat di belakang.

Temperamen

Maine Coon sangat cerdas dan mudah dilatih. Sangat mencintai dan baik di sekitar anjing dan anak kecil. Berhati-hati di sekitar orang asing tetapi tidak agresif. Bisa sangat menyenangkan.

Kesehatan

Beberapa kucing Maine Coon dilaporkan mengalami beberapa gangguan kesehatan atau penyakit seperti:

  • Atrofi otot tulang belakang (kelainan otot)
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Kardiomiopati hipertrofik (gangguan jantung)
  • Displasia pangkal paha.

Beberapa gangguan kesehatan lainnya adalah masalah yang kerap menyerang kucing pada umumnya seperti serangan virus. Beberapa virus berpotensi mengancam nyawa kucing seperti Distemper kucing. Langkah terbaik untuk mengantisipasinya adalah dengan memberikan vaksinasi secara rutin.

Perawatan

Meskipun berbulu panjang, perawatan Maine Coon cukup mudah. Mereka tidak memerlukan perawatan khusus atau rumit. Perawatan standar seperti pembersihan dan penyikatan bulu secara rutin dibutuhkan untuk menjaga bulu mereka tetap dalam kondisi bagus.

Perawatan lain seperti rutin membersihkan mata, menggosok gigi, memotong cakar (kuku) dan yang tidak kalah penting adalah pembersihan kotoran telinga. Membersihkan telinga sangat penting untuk menghindari penumpukan kotoran dan mengantisipasi serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Umur

Dengan perawatan dan kondisi kesehatan yang baik, usia kucing Maine Coon berkisar antara 12 hingga 17 tahun.

Adopsi

Apakah sobat tertarik mengadopsi kucing yang mempesona ini? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Kucing Maine Coon
Anak Kucing Maine Coon (kredit gambar: jehandmade / istockphoto)

Harga Kucing Maine Coon

Harga Maine Coon saat ini berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 30.000.000. Yang membuat harganya berbeda adalah usia dan kualitasnya.

Baca juga:

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar