Kucing Lynx: Harga dan Karakteristik

Lynx adalah kucing berukuran besar yang memiliki ciri unik jambul rambut hitam di ujung telinga. Dikenal sebagai hewan penyendiri, seperti apa kucing lynx ini?

Kucing Lynx bukanlah kucing domestik yang bisa dipelihara di rumah. Mereka hidup di alam liar dan sangat menghindari konfrontasi dengan manusia. Lynx bisa dikatakan adalah “siluman” dan lebih suka berburu makanan ketika malam hari sehingga sangat sulit untuk ditemukan begitu saja.

Kucing Lynx
Kucing Lynx (pixabay.com)

Sekilas Tentang Kucing Lynx

NamaLynx
Jenis spesiesFelis lynx
UkuranBesar
KelasMamalia
JenisLynx Eurasia (Lynx lynx)
Lynx Kanada (Lynx canadensis)
Lynx Iberia (Lynx pardinus)
Bobcat (Lynx rufus)
Berat9 kg hingga 30 kg
UkuranPanjang tubuh 70 hingga 150 cm, panjang ekor 5 – 25 cm
Rentang usiaHingga 20 tahun

Karakteristik Kucing Lynx

Seluruh tubuh Lynx ditutupi dengan bulu tebal yang indah yang membuat mereka tetap hangat selama musim dingin yang sangat dingin. Cakar kucing ini sangat besar dan lebar yang sangat berguna untuk berburu serta berfungsi sebagai sepatu salju alami.

Ciri khas utamanya adalah jumbai telinga dengan warna hitam di ujung telinganya. Ciri lain kucing lynx adalah:

  • Ekor pendek dengan ujung berwarna gelap
  • Cakar besar serta bantalan kaki (paw) yang lebar
  • Kumis panjang
  • Tubuh kuat
  • Kaki bertulang besar dan lebar
  • Warna bulu coklat muda, warna coklat tua, coklat kekuningan, abu-abu, dan motif berbintik.
Jenis Kucing Lynx
Jenis Kucing Lynx (pixabay.com)

Semua jenis kucing Lynx adalah pemburu hebat yang memiliki indera pendengaran yang kuat (jumbai di telinga mereka adalah alat bantu pendengaran) serta memiliki penglihatan yang sangat kuat (saking kuatnya, Lynx dapat melihat seekor tikus dari jarak 250 kaki).

Jenis Kucing Lynx

Canada Lynx

Canada Lynx atau Lynx Kanada tinggal di wilayah yang dinamakan Taiga yaitu kawasan hutan luas yang banyak ditumbuhi pohon konifer, pinus, cemara, dan sejenisnya. Taiga memiliki musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat yaitu berlangsung selama 1-3 bulan [1].

Kucing Lynx
Canada Lynx (shutterstock.com)

Canada Lynx hidup dengan berburu hewan-hewan kecil seperti kelinci, tikus, tupai tanah, lemming, dan rusa yang berukuran kecil. Canada Lynx saat ini sering diburu oleh manusia untuk diambil bulunya. Meski sering menjadi buruan manusia, Canada Lynx saat ini tidak dalam status terancam punah.

Eurasian Lynx

Eurasian Lynx atau Lynx Eurasia adalah jenis kucing Lynx yang terbesar. Panjang tubuhnya berkisa antara 80 hingga 130 cm dengan berat tubuh antara 18 kg hingga 36 kg. Habitatnya tersebar di beberapa wilayah Asia, Eropa dan beberapa wilayah Skandinavia seperti Finlandia, Swedia dan Norwegia.

Kucing Lynx
Eurasian Lynx (shutterstock.com)

Bulu Eurasian Lynx sangat adaptif. Ketika musim dingin, bulunya akan menebal dan memiliki warna abu-abu perak hingga coklat keabu-abuan. Ketika musim panas, bulunya akan rontok dan menjadi lebih pendek serta berubah warna menjadi merah yang kecoklatan.

Eurasian Lynx bertahan hidup dengan berburu hewan kecil hingga hewan berukuran besar (bahkan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri). Mangsa kegemarannya adalah tikus, kelinci, ikan lele, tupai, marmut, rubah, babi hutan, chamois, dan rusa. Dalam kondisi tersulit (seperti kesulitan mencari buruan), Eurasian Lynx juga tidak keberatan memakan bangkai.

Iberian Lynx

Iberian Lynx atau nama lainnya Lynx Spanyol adalah salah satu jenis kucing Lynx yang langka dan terancam punah. Jenis Lynx ini berasal dari Semenanjung Iberia yang berada di wilayah Eropa Selatan.

Kucing Lynx
Iberian Lynx (shutterstock.com)

Salah satu penyebab ancaman kepunahannya adalah perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Iberian Lynx diperjualbelikan di pasar gelap sebagai hewan peliharaan atau dimanfaatkan kulit dan bulunya.

Iberian Lynx bertahan hidup dengan berburu hewan kecil hingga sedang. Mangsa favoritnya adalah kelinci.

Sejak tahun 2002 sudah dilakukan program penangkaran atau konservasi oleh Kebun Binatang Juarez Spanyol. Kelahiran pertama anak-anak Iberian Lynx dari hasil penangkaran adalah pada tahun 2005 di El Acebuche Breeding Center, Spanyol.

Bobcat

Bobcat atau kucing hutan banyak ditemukan hidup di Amerika Utara. Habitatnya berada di wilayah hutan, rawa, pegunungan, padang rumput, dan gurun. Bobcat bukan jenis Lynx yang terancam punah. Di alam liar, Bobcat sering dibunuh oleh hewan besar seperti beruang, puma, anjing hutan, dan serigala.

Kucing Lynx
Bobcat (shutterstock.com)

Bobcat lebih banyak aktif pada waktu senja, malam hingga fajar. Mereka menghabiskan waktu di kegelapan untuk berburu. Mereka suka memangsa hewan kecil seperti tikus, kelinci, burung dan telurnya, ikan, musang, dan beberapa hewan berukuran sedang seperti rusa.

Bobcat suka menghabiskan waktu sepanjang hari dengan berdiam diri di dalam sarangnya (gua atau celah apapun yang bisa dijadikan tempat bersarang). Bobcat juga dikenal sebagai kucing yang mahir berenang dan mendaki.

Baca juga:

Habitat

Sebagai kucing yang lebih suka hidup menyendiri, habitat Lynx berada di wilayah Amerika Utara, Eropa, Skandinavia, dan Asia. Kucing Lynx senang hidup di hutan dataran tinggi dengan banyak semak, ilalang, dan rumput. Mereka berburu tidak hanya di daratan, tetapi juga bisa memanjat pohon dan berenang.

Adopsi

Bisakah kucing Lynx dipelihara selayaknya kucing yang lain? Jawabannya adalah bisa meski berburu Lynx adalah tindakan ilegal di banyak negara. Jenis Lynx yang bisa dipelihara adalah Lynx Kanada dan Bobcat. Namun untuk mengadopsi Lynx membutuhkan izin dan lisensi khusus yang sangat ketat (dan seringnya sulit untuk didapatkan).

Kucing Lynx
Kucing Lynx sebagai peliharaan

Harga Kucing Lynx

Harga kucing Lynx berkisar antara Rp. 20.000.000 hingga Rp. 280.000.000 tergantung jenis, usia dan sejauh apa tingkat jinaknya.

Hal Penting

Bagaimanapun juga, Lynx adalah hewan liar dan bukan hewan peliharaan yang baik. Lynx adalah hewan yang sulit dijinakkan (meski memungkinkan). Lynx dapat mengancam keselamatan meskipun dipelihara sejak lahir. Mereka adalah salah satu hewan yang masih memiliki naluri kuat sebagai hewan liar. Memelihara Lynx di beberapa negara juga ilegal (termasuk di Indonesia).

Jika sobat ingin memelihara kucing berpenampilan liar dan eksotis seperti Lynx, pertimbangkan kucing jenis lain seperti beberapa kucing berikut ini.

Kucing Ocicat
Kucing Ocicat
Kucing Bengal
Kucing Bengal
Kucing Toyger
Kucing Toyger
Kucing Savannah
Kucing Savannah

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar