Menangani Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Kucing sobat sedang lemas dan sulit makan? Tentu saja hal ini membuat kita khawatir. Banyak akibat buruk yang akan terjadi jika kucing tidak mau makan dan akhirnya lemas tidak berdaya. Menangani kucing lemas tidak mau makan bisa menjadi hal yang menantang karena membutuhkan tingkat kesabaran dan ketekunan yang tinggi.

Beberapa penyebab kucing lemas dan kemudian tidak mau makan adalah seperti gangguan kesehatan, keracunan atau mungkin efek dari birahi yang tidak tersalurkan. Apapun penyebabnya, kita sebagai pemilik harus mengupayakan kucing tersebut mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Bagaimanapun langkah terbaik adalah membawa kucing tersebut ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Namun mungkin karena sesuatu hal sobat belum bisa membawanya ke dokter hewan dan harus segera memberikan pertolongan awal kepada kucing tersebut.

Berikut ini beberapa upaya yang bisa sobat lakukan untuk memberikan pertolongan awal kepada kucing yang sedang lemas. Beberapa cara berikut ini menggunakan metode memaksa namun usahakan tetap memperlakukan kucing dengan lembut supaya tidak makin stres.

Menangani Kucing Lemas Tidak Mau Makan

*Perlengkapan yang harus sobat miliki adalah suntikan tanpa jarum atau spet. Akan lebih baik jika ujung suntikan diberi karet pentil sebagai tambahan. Namun jika tidak ada karet pentil tidak masalah yang penting jarum sudah dilepas dan gunakan suntikan kecil ukuran 1 cc (khusus yang tanpa karet).

Kucing Lemas Tidak Mau Makan
Spet atau suntikan dengan karet pentil (sumber gambar Tokopedia)

1. Asupan Gula

Langkah pertama ketika kucing sudah dalam keadaan lemas dan tidak mau makan adalah sobat harus memberikan asupan air gula. Cairkan gula dalam air hangat dan kemudian berikan kepada kucing melalui suntikan tanpa jarum atau spet ke dalam mulutnya. Berikan dalam jumlah cukup dan lakukan minimal 3 kali dalam sehari.

2. Susu Bear Brand

Sobat bisa memberikan susu Bear Brand sebagai asupan nutrisi. Berdasarkan pengalaman pribadi, memberikan susu Bear Brand kepada kucing lemas tidak mau makan mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup serta mampu memberikan energi tambahan. Berikan minimal 3 kali sehari secukupnya.

3. Madu

Memberikan madu murni kepada kucing yang sedang lemas dan tidak mau makan mampu memberikan asupan nutrisi yang baik serta menambah energi bagi si kucing.

4. Kuning Telur

Ketika sobat menyadari kucing sulit makan dan kemudian lemas, memberikan kuning telur terutama telur ayam kampung sangat disarankan. Ingat ya hanya berikan bagian kuningnya saja. Akan lebih bagus jika dicampur dengan madu.

Baca juga: Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

5. Air Degan Hijau

Jika memungkinkan dan bisa didapatkan dengan mudah, sobat bisa memberikan air degan hijau kepada kucing yang sedang lemas. Dalam beberapa pengalaman, memberikan asupan air dengan hijau asli mampu mengembalikan kondisi kebugaran kucing serta mengembalikan selera makannya yang hilang.

6. Vitamin

Berikan asupan multivitamin setidaknya 3 kali sehari. Beberapa jenis dan merk multivitamin yang bagus untuk kucing adalah:

  • Imboost Kids
  • Biolysin
  • Curcuma Plus

7. Pedialyte

Alternatif lain untuk menolong kucing lemas tidak mau makan adalah memberikan Pedialyte yang bagus untuk memberikan asupan cairan dan mencegah kucing dehidrasi. Pedialyte bisa dibeli di apotik.

8. Royal Canin Recovery

Memberikan Royal Canin Recovery pada beberapa kasus mampu merangsang selera makan kucing. Namun jika kucing sudah disuguhkan Royal Canin Recovery tidak menunjukkan minat, sobat bisa mencampurkan Royal Canin Recovery dengan air kemudian masukkan ke mulutnya dengan spet.

Jika dalam waktu dua hari kucing tidak menunjukkan perkembangan positif, langkah terbaik adalah segera membawa kucing tersebut ke dokter hewan untuk segera mendapatkan perawatan terbaik. Dikhawatirkan jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, nyawa kucing bisa terancam.

Beberapa cara penanganan pada kucing lemas tidak mau makan yang sudah disebutkan diatas diharapkan mampu memberikan pertolongan awal bagi kucing sobat. Pilih saja mana yang mudah untuk sobat lakukan. Namun sekali lagi sedari awal jika memungkinkan langsung bawa kucing ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis yang tepat.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar