Kucing Lambkin: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Kucing mini memang selalu terlihat menggemaskan. Salah satunya adalah kucing Lambkin. Penampilannya unik karena terlihat seperti kucing bulu domba yang cebol.

Sama seperti sebagian besar jenis ras kucing mini lainnya, kucing ini berasal dari peranakan kucing Munchkin sebagai dasar pengembang biakannya.

Kucing Lambkin
Kucing Lambkin (kredit gambar: chatterie.beverly.cattery / Instagram)

Kucing Lambkin ada karena hasil “kreasi” manusia. Namanya adalah perpaduan antara Lamb (domba) dan Kin (dari Munchkin). Lambkin adalah hasil perpaduan antara kucing Munchkin dan kucing Selkirk Rex. Hasilnya adalah kucing bulu domba yang cebol dan sangat menggemaskan.

Sekilas Tentang Kucing Lambkin

Nama LainRex nanus
Berat Tubuh2 kg – 4 kg
Warna BuluSemua Variasi Warna
Pola BuluCalico, Poin, Lynx, Bicolor
Warna MataKuning, Tembaga, Biru
Rentang Usia15 – 20 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikManja, Adaptif, Sosial
PengakuanDCN, Catz Inc, TDCA
HargaRp. 7.000.000 – Rp. 17.000.000

Selain dikenal dengan nama Lambkin, kucing ini memiliki nama lain yaitu kucing Nanus Rex. Seperti apakah karakteristik dan profil lengkap kucing Lambkin alias Nanus Rex ini? Baca artikel ini hingga tuntas untuk menghilangkan rasa penasaran Anda.

Sejarah

Kapan tepatnya kucing Lambkin mulai muncul tidak diketahui secara pasti. Namun yang pasti adalah, orang pertama yang menghadirkan jenis Lambkin ini adalah seorang peternak kucing asal Amerika bernama Terri Harris.

Pada medio awal tahun 1990-an, Terri Harris melakukan eksperimen dengan menyilangkan kucing Munchkin dan Selkirk Rex. Terri menginginkan kucing dengan tubuh pendek dan memiliki bulu khas Selkirk Rex. Dan keinginannya memang benar-benar tercapai.

Karakteristik

Penampilannya yang manis sebanding lurus dengan sifatnya. Kucing ini manja dan sangat suka menikmati perhatian dari pemiliknya. Lambkin juga berkarakter lembut, tenang dan penyayang. Meski tenang, namun kucing ini juga memiliki tingkat aktiftas yang tinggi. Mereka suka bermain-main.

Karena menyukai perhatian, kucing ini cocok bagi Anda yang memiliki cukup waktu untuk merawatnya. Mereka kurang suka ditinggal dalam jangka waktu yang lama. Jika sobat bekerja seharian penuh atau sering keluar kota, kucing Lambkin kurang ideal menjadi peliharaan Anda.

Tingkat sosialnya bagus dan kucing ini sangat adaptif. Mereka mudah beradaptasi di lingkungan dan kebiasaan baru, cocok dengan anak-anak serta tidak masalah bergaul dengan kucing lain atau hewan peliharaan berbeda seperti anjing.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Ciri-ciri Kucing Lambkin

Kucing Lambkin
Kucing Lambkin (kredit gambar: munchkin_babycat / Instagram)

Kucing ini berukuran kecil, wajahnya bulat serta matanya juga bulat. Dada lebar dan nampak penuh. Ekornya panjang dan melengkung dengan ujungnya yang meruncing.

Kaki pendek, tebal dengan tulang cukup besar dan berotot. Kedua kaki belakang sedikit lebih tinggi daripada dua kaki depannya.

Anak-anak kucing yang dilahirkan akan langsung memiliki bulu keriting. Namun pada usia sekitar 6 minggu bulu-bulunya akan menjadi lurus dan beberapa diantaranya rontok dan kemudian akan tumbuh tipis atau lurus lagi.

Namun pada usia 8 hingga 10 bulan, bulu-bulunya akan kembali keriting seperti bulu domba.

Pola warna bulu kucing Lambkin hadir dalam berbagai variasi yang dimiliki oleh kucing. Merah, oranye, hitam, putih, krim, biru, lilac dan sebagainya. Pola calico, bicolor, solid, point, seal dan sebagainya ada di kucing Lambkin.

Kesehatan

Secara umum kucing Lambkin adalah kucing yang sehat. Namun kucing ini memiliki resiko sama seperti yang dialami kucing Munchkin terkait dengan kaki pendeknya. Masalah yang kerap menimpa kucing cebol adalah masalah pada tulang belakangnya.

Penyakit kucing lain sama seperti yang dialami kucing pada umumnya. Salah satu yang harus diwaspadai adalah serangan virus pada kucing.

Beberapa virus yang menyerang kucing sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah memberikan vaksin secara rutin.

Perawatan

Kucing Lambkin berbulu keriting tidak perlu disisir terlalu sering. Sikat saja bulu-bulunya dengan sikat yang halus hanya untuk membantu membersihkan kotoran dan bulu mati di tubuhnya. Mandikan juga seperlunya ketika mereka sudah nampak kotor.

Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah menggosok gigi. Kucing gosok gigi? Betul, bahkan kucing juga perlu mendapatkan pelayanan gosok gigi. Pembersihan gigi secara rutin untuk menghindari masalah penyakit periodontal pada kucing.

Perhatikan juga kebersihan telinganya. Bersihkan kotoran telinga secara rutin agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang berpotensi mengundang beberapa masalah seperti infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Usia

Kucing Lambkin adalah salah satu jenis kucing berusia panjang. Dengan perawatan yang tepat serta kondisi kesehatan yang selalu dijaga dengan baik, harapan hidup kucing Lambkin berkisar antara 15 hingga 20 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Lambkin

Harga kucing Lambkin atau Nanus Rex berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 17.000.000 tergantung usia dan kualitasnya. Namun perlu diketahui jika harga tersebut belum termasuk biaya tambahan lain seperti biaya impor.

Baca juga:

Hal penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar