Kucing Korat: Cerdas, Atletis dan Mempesona

Penampilannya mirip dengan British Shorthair namun dia berasal dari Thailand, inilah salah satu kucing langka di dunia yaitu kucing Korat.

Kucing Korat
Kucing Korat (@hermessonofzeus)

Di Thailand, kucing ini dipercaya sebagai kucing pembawa keberuntungan dan simbol kemakmuran. Oleh karena itu terkadang kucing ini dijadikan sebagai mahar perkawinan agar pengantin mendapatkan hidup yang mapan, makmur dan dinaungi keberuntungan ketika memelihara kucing ini.

Sekilas Tentang Kucing Korat

Berat Tubuh3.5 kg – 6.5 kg
Warna BuluBiru, Silver
Pola BuluSolid
Warna MataHijau
Rentang Usia15 – 19 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikCerdas, Setia, Sosial, Tenang, Suka Perhatian, Manja, Aktif
PengakuanCFA, FIFe, TICA, AACE, ACF, ACFA, CAA, CCA, AFC
HargaRp. 9.000.000 – Rp. 12.000.000

Diluar semua kepercayaan masyarakat Thailand tersebut, bagaimanapun kucing Korat memang terlihat gagah dan menggemaskan di mata para pecinta kucing. Mari kita mengenal lebih lanjut tentang kucing Korat ini dengan mengetahui sifat dan juga karakteristiknya.

Sejarah

Banyak relik sejarah Thailand menggambarkan kucing Korat dalam kehidupan masa lampau. Jadi kucing ini adalah termasuk jenis kucing kuno. Mereka digambarkan sudah ada pada periode Ayutthaya (1350-1767). Catatan sejarah ini menuliskan dan menggambarkan bahwa Korat adalah pembawa kemakmuran dan keberuntungan.

Di Inggris pada tahun 1896, sebuah pertunjukan kucing mempertontonkan seekor kucing yang menyerupai Korat. Namun tidak ada bukti resmi yang menunjukkan apakah kucing tersebut adalah jenis Korat atau hanya kucing Siam berwarna biru perak.

Kucing Korat
Kucing Korat (Element46 @flickr)

Korat diperkirakan mulai masuk ke Amerika pada tahun 1959. Pasangan Amerika yang berdinas di Departemen Luar Negeri Amerika yang berada Thailand mendapatkan sepasang kucing Korat sebagai hadiah pensiun mereka. Sejak itulah pengembang biakan kucing ini dimulai di Amerika. Dan barulah pada tahun 1967 CFA secara resmi mengakui jenis kucing ini.

Dua tahun setelahnya, berdirilah “Asosiasi Pemelihara Kucing Korat” yang kemudian mempromosikan dan mengenalkan jenis Korat kepada publik.

Kepribadian

Korat adalah kucing yang cerdas. Kucing ini juga diketahui setia kepada pemiliknya atau siapa saja yang memberikan perhatian kepadanya. Namun bukan berarti mereka tidak ramah kepada orang asing. Bahkan beberapa kucing ini akan selalu “mengekor” ke orang yang dianggap favoritnya.

Mereka juga kucing yang cukup sosial. Mereka akan menunjukkan persahabatan kepada hewan lain yang ada di sekitarnya. Jadi mereka tidak memiliki masalah jika dipelihara bersamaan dengan anjing namun dia akan memilih lebih dekat dengan kucing lain.

Dan mereka juga adalah kucing yang tenang atau tidak berisik. Mereka lembut dan tidak memiliki masalah berada di sekitar anak-anak kecil yang mengajaknya bermain. Awas, kucing ini tidak suka diabaikan dan ditinggal dalam waktu lama. Hal tersebut bisa memicu stres pada kucing ini.

Kucing Korat
Kucing korat adalah kucing yang cerdas (sumber)

Meski mereka lembut, dipastikan mereka sangat suka aktifitas fisik yang tinggi seperti bermain. Mereka juga bisa dilatih mempelajari trik sederhana. Korat mampu beradaptasi dengan baik dan suka dengan lingkungan yang tenang.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing korat memiliki warna biru kelabu yang pendek dan berkilau seperti perak. Matanya memiliki warna hijau terang yang melambangkan kemakmuran. Perhatikan juga bentuk wajahnya yang terlihat menyerupai hati yang dianggap lambang kebahagiaan bagi pengantin. Kulit hidung, bibir dan bantalan kaki berwarna biru tua kelabu.

Kucing Korat
Dua kucing Korat yang mempesona (sumber)

Tubuhnya berukuran atletis, sedang, berotot, berat kucing dewasanya mencapai 4.5 kilogram. Perkembangan menuju usia lebih lambat dibandingkan dengan jenis kucing lain. Butuh 5 tahun sehingga Korat dianggap sebagai kucing dewasa.

Baca juga: Kucing Serengeti: Atletis Berpenampilan Eksotis

Kesehatan

Kucing ini membawa penyakit bawaan yang diwariskan secara turun temurun yaitu Gangliosidosis. Penyakit ini sangat berbahaya yaitu sebuah kondisi defisiensi atau malnutrisi enzim yang mempengaruhi sistem saraf yang menyebabkan kelumpuhan. Selain itu, kucing ini juga diketahui masalah lemak tubuh yang rendah yang mereka rentan terhadap anestesi (suntikan).

Sama seperti kucing pada umumnya, kucing Korat juga rentan terhadap penyakit seperti serangan virus. Beberapa virus yang menyerang kucing sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawanya. Untuk mencegah serangan virus, dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Bulu pendeknya mudah untuk dirawat. Sikat atau sisir bulunya secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu. Ada kalanya bulu-bulunya rontok dikarenakan keadaan cuaca tertentu. Dan jangan lupa untuk memotong kuku mereka serta bersihkan mata dan telinga secara rutin.

Baca juga: Kucing Persia Himalaya: Si Cantik nan Anggun

Pembersihan telinga perlu dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya penumpukan kotoran di dalam telinga. Selain itu bertujuan untuk menangkal serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Umur

Dengan kualitas hidup yang baik, umur Korat bisa mencapai 15 hingga 19 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Korat

Jika ingin mengadopsi kucing Korat, sobat harus menyiapkan dana antara Rp. 9.000.000 hingga Rp. 12.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Perlu diketahui bahwa harga tersebut belum termasuk biaya lain seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Kucing di Indonesia

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar