Kucing Kinkalow: 100% Imut, Manis dan Menawan

Kucing Kinkalow adalah kucing berkaki pendek alias cebol dengan penampilan yang manis. Kucing ini hadir karena hasil eksperimen seorang peternak kucing yang mengawin silangkan dua jenis kucing berbeda. Anda penggemar ras kucing mini pasti akan menyukai kucing ini.

Kucing Kinkalow
Kucing Kinkalow (ongsa_thetiger)

Kucing Kinkalow adalah hasil perpaduan kucing Munchkin dan American Curl. Hasilnya adalah perpaduan dua kucing yang memang sudah memiliki penampilan rupawan dan menghasilkan perpaduan yang menawan. Telinga khas American Curl dan kaki pendek Munchkin.

Sekilas Tentang Kucing Kinkalow

Berat Tubuh2.7 kg – 4.5 kg
Warna BuluAbu-abu, Oranye, Krem, Hitam, Putih, Coklat
Pola BuluCalico, Tortie, Tabby, Bicolor, Solid, Point
Warna MataKuning, Biru, Odd-eye, Hijau Cerah, Tembaga
Rentang Usia12 – 16 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikAdaptif, Sosial, Manja, Penyayang, Suka Perhatian
PengakuanTDCA, TICA (Eksperimental)
HargaRp. 16.000.000 – Rp. 46.000.000

Pada kesempatan ini Kucingmania akan mengulas profil dan karakteristik kucing Kinkalow secara lengkap khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Kemunculan awal Kinkalow dimulai pada medio tahun 1990-an. Salah seorang peternak kucing legendaris asal Amerika yaitu Terri Harris bereksperimen menyilangkan beberapa jenis kucing yang berbeda. Salah dua kucing yang turut menjadi “korban” eksperimennya adalah Munchkin dan American Curl.

Hasilnya sangat memukau dan memuaskan Terri Haris. Kucing ini memiliki kaki-kaki pendek khas Munchkin dan telinga yang melipat atau melengkung ke belakang khas American Curl. Namun karena peluang menghasilkan Kinkalow sulit, jumlah kucing ini tidak banyak dan menjadi salah satu jenis kucing yang langka.

Karakteristik

Termasuk kucing dengan aktifitas tinggi. Kaki-kaki pendeknya tidak menghalangi sifatnya yang enerjik dan suka bermain-main. Mereka akan sangat menyukai diberi mainan-mainan kecil. Bermain bersama manusia favoritnya adalah hal kesukaannya.

Kucing Kinkalow
Kucing Kinkalow (louis_and_dixie)

Kucing ini manja dan penyayang serta berorientasi kepada manusia yang memberinya kasih sayang dan perhatian yang baik. Kucing Kinkalow juga sangat suka diperhatikan dan menjadi perhatian. Tidak cocok dipelihara bagi Anda yang sering bepergian lama.

Memiliki kecerdasan yang baik untuk ukuran kucing. Kucing ini bisa dilatih menerima perintah dan trik sederhana yang diajarkan secara terus menerus. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka mengikuti apapun yang pemiliknya lakukan.

Tingkat sosialnya sangat baik dan termasuk kucing yang adaptif. Cepat beradaptasi di lingkungan dan kebiasaan baru, cocok dengan anak-anak kecil dan menerima kehadiran hewan peliharaan lain di sekitar mereka.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya kerdil namun memanjang. Ekornya kecil dengan panjang sedang dan beberapa diantaranya bahkan lebih panjang dari tubuhnya. Bentuk kepalanya disebut-sebut menyerupai harimau. Telinganya melengkung keluar atau ke belakang.

Kucing Kinkalow
Kucing Kinkalow (cat_in_the_basket)

Ketika dilahirkan, telinganya akan terlihat normal seperti kucing pada umumnya. Namun sering pertumbuhannya, telinganya akan melengkung ke arah belakang. Namun kadang beberapa diantaranya tidak memiliki bentuk telinga seperti ini.

Baca juga: Ras Kucing Tanpa Bulu yang Unik dan Menarik

Kucing Kinkalow hadir dalam warna dan pola abu-abu, oranye, krem, hitam, putih, coklat, calico, tortie, tabby, bicolor, dan solid.

Kesehatan

Secara umum kucing Kinkalow tidak memiliki penyakit bawaan. Namun kucing ini juga berpotensi terkena beberapa masalah kesehatan berikut ini:

  • Lordosis: Sebuah kondisi dimana tulang punggung bagian bawah melengkung ke dalam secara berlebihan.
  • Kaki pendeknya rawan membuatnya terkena masalah cedera tulang belakang.
  • Obesitas: Memiliki selera makan yang tinggi sehingga rawan terkena obesitas.

Masalah kesehatan lain sama seperti yang dialami oleh kucing pada umumnya. Yang harus diwaspadai adalah kemungkinan serangan virus pada kucing. Calicivirus adalah salah satu yang harus diwaspadai karena akan membuat kucing kesakitan. Beberapa virus juga mengancam nyawa seperti distemper kucing. Vaksinasi secara rutin diharapkan mampu mencegah.

Perawatan

Bagaimana cara merawat kucing Kinkalow? Perawatan kucing ini mudah. Sobat hanya perlu melakukan penyisiran dan penyikatan bulunya (dengan sikat rambut yang lembut) untuk mengangkat bulu-bulu mati dan menghindari bulunya kusut.

Perawatan lainnya adalah perhatikan kebersihan telinganya. Karena daun telinganya yang melengkung keluar, maka bagian dalam telinganya terbuka lebar dan berpotensi sering dimasuki kotoran. Bersihkan kotoran telinganya secara rutin agar kotoran tidak menumpuk.

Kucing Kinkalow
Kucing Kinkalow (murmulet_cattery)

Penumpukan kotoran di dalam telinga akan membuat beberapa gangguan pada telinga contohnya adalah infeksi telinga dan kemungkinan serangan parasit seperti kutu telinga. Bersihkan giginya secara rutin. Lakukan pembersihan gigi atau gosok gigi setidaknya dua kali dalam seminggu. Rutin membersihkan gigi akan memperkecil peluang terkena penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan ideal serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, harapan hidup kucing Kinkalow berkisar antara 12 hingga 16 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Kinkalow

Berapa harga kucing Kinkalow? Untuk mengadopsi kucing ini, Anda harus menyiapkan dana antara Rp. 16.000.000 hingga Rp. 46.000.000 tergantung pada usia, jenis kelamin dan kualitas. Perlu Anda ketahui juga bahwa harga tersebut belum termasuk biaya lain seperti biaya impor.

Hal penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Colorpoint Shorthair: Ramping, Cerdas dan Manja

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar