Kucing Khao Manee: Si Cantik Dengan Pesona Tiada Tara

Kucing Khao Manee memiliki warna putih bersih berkilau seputih salju dengan paras yang anggun dan menawan. Kucing cantik ini adalah jenis ras kucing kuno dan sangat langka. Khao Manee dikenal sebagai kucing yang cerdas dan sangat “berbakti” kepada pemiliknya. Cantik dan setia, perpaduan yang sangat ideal kan?

Kucing Khao Manee
Kucing Khao Manee (ayshazen)

Kucing Khao Manee (dibaca: cow manee) berasal dari Thailand. Sejarah kucing ini panjang dan berliku-liku. Khao Manee memiliki arti kurang lebih adalah “permata putih”. Masyarakat Thailand kuno (hingga saat ini) sangat mempercayai siapapun yang memelihara kucing ini maka kehidupannya akan selalu dinaungi keberuntungan.

Sekilas Tentang Kucing Khao Manee

Nama LainKhao Plort, Diamond Eye, White Cat of Thailand
Berat Tubuh3,6 kg – 5 kg
Warna BuluPutih
Pola BuluSolid
Warna MataOdd-eyed, kuning, biru
Rentang Usia10 – 12 tahun
PerawatanRendah
KarakteristikManja, Setia, Aktif, Cerdas, Sosial, Adaptif
PengakuanCFA, TICA, GCCF, WCF
HargaRp. 25.000.000 – Rp. 140.000.000

Seperti apa karakteristik dan profil lengkap kucing Khao Manee? Kucingmania akan mengulas informasi lengkap kucing Khao Manee yang dijamin akan meluluhkan hati Anda.

Sejarah

Thailand adalah negara dimana banyak kucing kuno dengan penampilan rupawan berasal. Selain Khao Manee, beberapa ras kucing yang kita kenal saat ini seperti Siam, Korat, Suphalak dan Konja juga berasal dari Thailand. Ketiganya adalah kucing kuno dan dulunya dikenal sebagai kucing suci serta peliharaan para bangsawan dan pendeta.

Jika kucing Siam, Korat, Suphalak dan Konja diketahui sudah ada sejak jaman Kerajaan Ayutthaya (1351 – 1767), kucing Khao Manee diketahui mulai ditemukan sejak jaman Kerajaan Thonburi (1768 – 1782). Sebuah catatan kuno ditemukan di kuil Buddha bernama Wat Arun yang menyebutkan tentang kucing Khao Manee.

Bukti catatan sejarah tentang Khao Manee semakin banyak ditemukan pada masa Kerajaan Rattanakosin (1782 – 1932). Beberapa catatan kuno dan lukisan di dinding kuil menggambarkan keberadaan kucing berwarna putih dengan nama Khao Plort.

Kucing Khao Manee
Kucing Khao Manee (Michael LaPalme)

Pada masa modern, kucing Khao Manee mulai dikenal pada tahun 1999. Seorang peternak kucing bernama Colleen Freymuth mengimpor 12 kucing Khao Manee ke Amerika dan kemudian memulai program pelestarian jenisnya. Pada tahun 2004, Colleen bekerja sama dengan peternak kucing lain yang berasal dari Prancis yaitu Frédéric Lachaud-Goedert untuk lebih meningkatkan upata pelestarian.

Keduanya kemudian mendapatkan bantuan dari Janet Poulsen untuk mulai memperkenalkan jenis kucing Khao Manee dan berjuang untuk mendapatkan pengakuan jenisnya. Kucing Khao Manee mulai mendapat pengakuan dimulai dari TICA pada Mei 2009. Menyusul berikutnya CFA pada 2018 dan kemudian WCF dan GCCF.

Kepribadian

Kucing Khao Manee dikenal sebagai kucing yang sangat manja dan berorientasi kepada pemiliknya. Kucing ini juga memiliki tingkat aktifitas tinggi karena energinya yang besar. Selain itu mereka juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Khao Manee juga diketahui memiliki kecerdasan yang baik. Ingatan mereka tajam sehingga mudah untuk dilatih mempelajari trik sederhana dan memahami perintah yang diajarkan secara kontinyu. Tingkat adaptasinya juga sangat baik sehingga cepat beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru.

Termasuk kucing yang sosial sehingga tidak memiliki masalah untuk hidup berdampingan dengan hewan peliharaan lain seperti kelinci atau anjing. Kucing ini juga tidak keberatan untuk hidup bersama anak-anak kecil di sekitarnya (ada beberapa jenis kucing yang kurang nyaman dengan anak-anak kecil).

Kucing Khao Manee
Kucing Khao Manee (ayshazen)

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing Khao Manee adalah kucing berukuran sedang. Tubuh kucing ini ramping dengan tulang dan otot yang kuat. Bulunya diketahui hanya berwarna putih, pendek, halus dan tebal. Telinganya berukuran sedang dengan daun telinga lebar. Berat badan kucing ini berkisar antara 3,6 kg hingga 5 kg.

Warna mata diketahui berwarna kuning, biru dan yang terbaik adalah bermata odd-eyed. Kucing Khao Manee berkualitas tinggi ciri utamanya harus memiliki dua warna mata yang berbeda (odd-eyed). Dua warna mata odd-eyed adalah perpaduan biru dan warna lain.

Kesehatan

Kucing bulu putih dengan mata odd-eyed berpotensi mengalami gangguan pendengaran seperti tuli atau pendengaran lemah pada salah satu telinganya (biasanya telinga yang sejajar dengan warna mata biru). Kucing Khao Manee odd-eyed tentu saja berpotensi mengalami masalah ini.

Secara umum kucing ini sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan dari nenek moyangnya. Beberapa masalah gangguan kesehatan yang kerap menyerang kucing adalah demam dan menurunnya nafsu makan. Dan yang wajib diwaspadai adalah serangan virus pada kucing.

Kucing Khao Manee
Kucing Khao Manee (Bryan Boyd)

Beberapa virus diketahui sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa seperti distemper. Virus lain yang juga berbahaya adalah calicivirus. Meski tidak mematikan, calicivirus akan membuat kucing menderita dan kesakitan. Tindakan terbaik untuk mencegah serangan virus adalah vaksinasi rutin.

Perawatan

Merawat kucing Khao Manee sangat mudah. Bulu pendek halusnya tidak perlu terlalu sering dimandikan. Sisir atau sikat saja dengan sisir lembut setidaknya dua kali dalam seminggu untuk membantu mengangkat bulu mati agar meminimalisir terkena hairball.

Baca juga: Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Jaga kebersihan gigi dengan rutin melakukan gosok gigi. Lakukan setidaknya 1 kali saja dalam satu minggu. Gunakan kain halus, sikat gigi khusus kucing atau sikat gigi kecil yang biasa digunakan bayi manusia yang dipadukan dengan pasta gigi khusus untuk kucing. Rutin menggosok gigi kucing akan membantu menghindari penyakit periodontal pada kucing.

Bersihkan juga kotoran di dalam telinganya secara rutin. Hindari terjadinya penumpukan kotoran di dalam telinga yang bisa memicu berbagai masalah telinga seperti infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga.

Masa Hidup

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang baik, rentang usia kucing Khao Manee berkisar antara 10 hingga 12 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Khao Manee

Untuk mengadopsi kucing Khao Manee, sobat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Harga kucing Khao Manee saat ini berkisar antara Rp. 25.000.000 hingga Rp. 140.000.000 tergantung usia dan kualitas. Dan harga tersebut belum termasuk biaya tambahan lain seperti biaya impor dan microchip.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing California Spangled: Kucing Eksotis Berkarakter Manis

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar