Kucing Kanaani: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Artikel ini mengulas berbagai informasi tentang kucing Kanaani seperti apa karakteristiknya, bagaimana perawatannya dan berapa harganya.

Kucing Kanaani adalah kucing berukuran sedang dan bertubuh ramping serta atletis. Penampilannya menyerupai kucing hutan yang liar namun kucing ini jinak.

Kucing Kanaani
Kucing Kanaani (kredit gambar: wikimedia.org)

Kucing ini ada karena hasil eksperimen manusia. Termasuk jenis ras kucing yang masih “muda” karena tergolong ras kucing yang masih baru.

Sekilas Tentang Kucing Kanaani

Nama LainKanaani
Berat Tubuh3,2 kg – 5 kg
Warna BuluCoklat, Kayu manis, Krem, Seal
Pola BuluTabby, Spotted, Solid, Marble
Warna MataKuning, Emas
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikAktif, Enerjik, Sosial, Adaptif
PengakuanWCF
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 16.000.000

Sekilas kucing Kanaani akan terlihat seperti kucing Savannah atau Ocicat. Jumlahnya sangat sedikit dan langka karena proses penyilangannya sangat sulit.

Kanaani adalah hasil persilangan antara kucing domestik bulu pendek, Abyssinian, dan Bengal. Seperti apa karakteristik kucing Kanaani ini? Kucingmania akan mengulasnya khusus untuk Anda.

Sejarah

Kucing Kanaani berasal dari Yerusalem, Israel. Pertama kali diciptakan pada tahun 1990-an oleh seorang peternak kucing bernama Doris Polachek sekaligus pemilik Ha Jeruschalmi Cattery. Doris membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkannya.

Meski pada awalnya diciptakan di Israel, namun proses pembiakannya setelah itu lebih banyak dilakukan di Jerman. Hingga saat ini hanya 1 organisasi kucing yang mengakui kucing Kanaani yaitu World Cat Federation (WCF) yang bermarkas di Jerman.

Kepribadian

Kucing Kanaani dikenal sebagai kucing yang aktif dan enerjik. Pemiliknya harus memiliki lingkungan yang luas dan area untuk memanjat bagi kucing yang sangat lincah ini (seperti pohon kucing atau cat condo). Dan kucing ini akan sangat menyukai bermain-main dengan pemiliknya.

Mereka juga memiliki sifat sosial dan adaptif. Tidak memiliki masalah menyambut kehadiran orang asing, menikmati hidup bersama anak-anak kecil dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan beda jenis seperti anjing atau kelinci.

Tingkat adaptasinya juga sangat baik sehingga mudah untuk menerima perubahan rutinitas dan tempat tinggal. Kucing Kanaani juga termasuk kucing cerdas.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Berikut ini beberapa ciri kucing Kanaani:

  • Tubuh berukuran sedang, atletis dan memiliki tulang dan otot yang kuat.
  • Kepala sedang proposional dengan ukuran tubuh. Mata besar berbentuk almond
  • Telinga lebar dan terpisah jauh.
  • Ekor tebal dan panjang dengan ujung meruncing
  • Bulu pendek dan terasa kasar ketika dibelai.

Kesehatan

Sejauh ini belum ada indikasi penyakit genetik pada kucing ini. Jadi secara umum kucing Kanaani adalah kucing yang sehat. Masalah kesehatan sama seperti yang dialami oleh kucing pada umumnya. Penyakit seperti demam, kehilangan selera makan dan kemungkinan serangan virus.

Sebagai pemilik kucing, Anda harus mewaspadai serangan virus. Beberapa virus sangat berbahaya dan bahkan berpotensi mengancam nyawa seperti distemper.

Virus lain seperti calicivirus tidak mematikan namun akan membuat kucing sangat kesakitan. Pemberian vaksin secara rutin sangat disarankan untuk mencegah serangan virus.

Baca juga:

Perawatan

Merawat kucing Kanaani tidak sulit. Bulunya yang pendek sangat mudah dirawat. Bersihkan saja bulunya dengan memandikan secara rutin setidaknya setiap 1 kali dalam sebulan atau setiap dua minggu. Sisir atau sikat dengan sikat khusus untuk mengangkat kotoran dan bulu mati di tubuhnya.

Disarankan juga untuk rutin menggosok giginya 1 kali dalam seminggu. Rutin menggosok gigi akan meminimalisir terkena penyakit periodontal pada kucing.

Jangan lupa bersihkan juga kotoran di dalam telinganya agar terhindar dari beberapa masalah seperti infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Umur

Dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik dan pola perawatan yang tepat, harapan hidup kucing Kanaani berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Kanaani

Kucing ini sangat langka sehingga proses adopsinya dipastikan sulit. Harga kucing Kanaani saat ini berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 16.000.000 tergantung usia dan kualitas. Namun harga tersebut masih belum termasuk biaya tambahan lain seperti biaya impor dan microchip.

Baca juga:

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar