Kucing German Rex: Si Ikal Dari Jerman

Kucing German Rex adalah jenis ras kucing asal Jerman dengan bulu halus pendek dan bergelombang (ikal). Tubuhnya berukuran sedang dan karakternya yang manis akan membuat pemiliknya makin jatuh cinta padanya. Kucing ini juga sangat aktif dan suka menghabiskan waktu dengan bermain serta bersantai dengan pemiliknya.

Kucing German Rex
Kucing German Rex (OneWorldCats.com)

Kucing German Rex secara genetik identik dengan dua kucing jenis Rex lainnya yaitu Cornish Rex dan Devon Rex. Namun bedanya adalah kucing German Rex langka. German Rex dikenal sebagai kucing yang memiliki kecerdasan cukup baik. Ingatannya yang tajam adalah salah satu penyebab kenapa kucing ini memiliki kecerdasan yang baik. German Rex juga dikenal sebagai kucing yang setia dan sangat menyayangi orang-orang yang merawatnya dengan baik.

Sekilas Tentang Kucing German Rex

Berat TubuhJantan: 3,5 kg – 4 kg
Betina: 3 kg – 4 kg
Warna BuluOranye, Putih, Hitam, Biru, Lilac, Cream, Lavender, Kayu manis, Kastanye, Coklat, Frost, Perak, Merah
Pola BuluSolid, Bicolor, Calico, Tortie, Tabby, Point, Smoke, Shaded
Warna MataKuning, Emas, Tembaga, Biru, Hijau
Rentang Usia9 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikAktif, Setia, Manja, Cerdas, Ramah
PengakuanFIFe
HargaRp. 16.000.000 – Rp. 26.000.000

Mungkin diantara kita ada yang belum mengenal seperti apa kucing German Rex ini. Oleh karena itu kucingmania akan mengulas profilnya secara lengkap berikut ini khusus untuk Anda.

Sejarah

Kemunculan jenis kucing German Rex dimulai pada tahun 1930-an. Semuanya bermula dari kucing bernama Kater Munk yang dimiliki oleh orang bernama Erna Schneider. Kater Munk dan pemiliknya tinggal di sebuah desa bernama Königsberg (saat ini berubah nama menjadi Kaliningrad dan menjadi wilayah milik Rusia).

Kater Munk adalah kucing hasil perkawinan silang antara kucing Russian Blue dan Turkish Angora. Kater Munk memiliki bulu ikal. Pada masa kehidupannya, Kater Munk beberapa kali kawin dengan kucing-kucing domestik setempat dan keturunan yang dihasilkan memiliki bulu ikal seperti Kater Munk. Kucing-kucing ini pada akhirnya disebut dengan jenis Prussian Rex.

Kucing German Rex
Kucing German Rex (OneWorldCats.com)

Pada tahun 1951, di sebuah rumah sakit bernama Hufelandklinik yang berada di Berlin-Buch, Jerman, seekor kucing hitam berbulu ikal ditemukan olah dokter rumah sakit bernama Rose Scheuer-Karpi. Ada dugaan jika kucing ini adalah keturunan Kater Munk. Namun pada akhirnya penelitian menyebutkan jika bulu ikal kucing ini tidak berhubungan dengan Kater Munk.

Dokter Rose Scheuer-Karpi kemudian mengadopsi kucing hitam berbulu ikal dan memberinya nama Lämmchen. Pada perkembangannya, Lämmchen kemudian kawin dengan kucing liar berbulu hitam lurus. Lahirlah 4 bayi kucing dengan bulu ikal. Pada tahun 1964 Lämmchen meninggal dengan meninggalkan keturunan kucing-kucing berbulu ikal.

Pada tahun 1964, peternak kucing yang berada di bawah bendera Vom Grund Cattery mulai mengembang biakkan kucing keturunan Lämmchen. Bermodalkan 3 kucing bulu ikal hasil keturunan Lämmchen, program pelestarian dimulai dengan mengembang biakkan kucing ikal dengan kucing European Shorthair.

Hingga saat ini hanya 1 organisasi kucing yang menerima pendaftaran dan mengakui jenis kucing German Rex yaitu Fédération Internationale Féline (FIFe).

Kepribadian

Kucing German Rex dikenal memiliki sifat yang ramah dan setia kepada orang-orang yang mempelakukannya dengan baik. Kucing ini suka menghabiskan waktu santainya dengan berada di sekitar manusia favoritnya. German Rex juga diketahui sebagai kucing yang memiliki kecerdasan. Ingatan kucing ini tajam dan mereka cukup mudah dilatih untuk mempelajari perintah yang diajarkan dan juga trik-trik sederhana yang dilatih secara terus menerus.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing German Rex berukuran sedang, ramping dan atletis. Kepala bulat dengan telinga segitiga cukup lebar, mata berukuran sedang dengan warna yang cenderung sama dengan bulunya. Sebagian kucing akan memiliki kumis menggulung atau mungkin nampak keriting dan sebagian lurus.

Kucing German Rex
Kucing German Rex (se_oneworld_cats)

Bulu pendek ikal namun halus. Variasi warna dan pola bulunya sangat beragam hampir semua warna kucing ada pada kucing German Rex. Beberapa diantaranya adalah oranye, putih, hitam, biru, lilac, cream, lavender, kayu manis, kastanye, coklat, solid, bicolor, calico dan tortie.

Kesehatan

Kucing ini memiliki kondisi kesehatan yang baik. Mereka tidak memiliki penyakit genetika yang berasal dari nenek moyangnya. Namun sebagai mahluk hidup kucing juga akan mengalami sakit. Penyakit yang kerap menyerang kucing seperti demam dan nafsu makan yang menurun.

Baca juga: Jenis-jenis Kucing Lengkap Disertai Gambar

Sebagai pemilik kucing, kita harus sangat mewaspadai masalah kesehatan seperti serangan virus. Beberapa virus yang menyerang kucing sangat berbahaya dan berpotensi mematikan. Virus lain seperti calicivirus meski tidak mematikan namun tetap sangat berbahaya karena akan membuat kucing kesakitan. Pemberian vaksin secara rutin adalah tindakan terbaik untuk mencegahnya.

Perawatan

Merawat kucing berbulu ikal seperti German Rex tidak sulit. Bulunya tidak perlu disisir terlalu sering (jika terlalu sering dikhawatirkan merusak ikalnya). Sikat saja dengan sikat khusus yang lembut untuk membersihkan bulu mati. Hal ini akan membantu meminimalisir terjadinya hairball.

Kucing German Rex
Kucing German Rex (pommesmayocats)

Perawatan rutin lain adalah menggosok gigi. Menggosok gigi secara rutin setidaknya minimal 1 kali saja dalam seminggu sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit periodontal pada kucing. Bersihkan juga telinganya secara rutin agar kotoran tidak menumpuk di dalam telinganya serta terhindar dari infeksi telinga dan serangat parasit seperti kutu telinga.

Masa Hidup

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing German Rex berkisar antara 9 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing German Rex

Berapa harga kucing German Rex? Jika sobat ingin mengadopsi kucing ini, sebagai informasi bahwa harga kucing German Rex berkisar antara Rp. 16.000.000 hingga Rp. 26.000.000 tergantung usia dan kualitas. Dan harga tersebut masih belum termasuk biaya lain seperti impor dan microchip.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Colorpoint Shorthair: Ramping, Cerdas dan Manja

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar