Kucing Genetta: Imut dan Berpenampilan Liar

Penampilannya eksotis layaknya kucing hutan namun dia “cebol” sehingga terlihat liar dan imut, inilah kucing Genetta. Kucing yang “terbentuk” karena adanya campur tangan manusia yang melakukan perkawinan silang antara kucing Bengal dan kucing Munchkin.

Kucing Genetta
Kucing Genetta (FanciFt Cattery)

Namanya diambil dari jenis hewan bernama Genet (nama ilmiahnya Genetta). Karena penampilan kucing Genetta dan Genet bisa dikatakan cukup mirip dari segi postur tubuh dan motifnya. Yang membedakan hanyalah kucing Genetta jinak sedangkan Genet adalah hewan yang liar.

Sekilas Tentang Kucing Genetta

Berat Tubuh1.5 kg – 4.5 kg
Warna BuluPerak, Bintik Salju (snow), Coklat, Hitam
Pola BuluMarmer, Marble, Kayu Manis
Warna MataHijau, Coklat Tua, Kuning
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikAktif, Cerdas, Pencari Perhatian, Sosial, Adaptif
PengakuanTICA (Status Terdaftar), TDCA, REFR
HargaRp. 3.000.000 – Rp. 170.000.000

Seperti apakah jenis kucing Genetta ini? Artikel ini akan mengulas informasi tentang kucing Genetta secara lengkap khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Genetta adalah jenis kucing yang relatif masih baru. Kemunculan awalnya terjadi pada tahun 2006. Orang yang memiliki ide awal untuk menghadirkan jenis ini adalah Shannon Kiley. Shannon memiliki peternakan kucing bernama Pawstruck Cattery yang berada di Texas.

Shannon Kiley mendapatkan ide untuk membiakkan kucing ini berasal dari “keluh kesah” para pecinta kucing yang menginginkan peliharaan dengan penampilan Genet namun jinak layaknya kucing. Dalam beberapa kali percobaan, Shannon Kiley akhirnya berhasil menuntaskan idenya dengan lahirnya bayi kucing Genetta pada tanggal 13 Desember 2006.

Kucing Genetta
Genet atau Genetta (nuno.xavier@moreira)

Pada awalnya Shannon Kiley tidak begitu saja dengan mudah mendapatkan kucing dengan penampilan khas Genet tersebut. Shannon mencoba beberapa jenis kucing seperti Bengal, Savannah dan Munchkin untuk dicampurkan dan beberapa diantaranya gagal. Keberhasilannya didapat setelah mengawin silangkan Bengal dan Munchkin.

Namun hingga saat ini kucing ini belum mendapatkan pengakuan dari organisasi kucing. Hingga artikel ini ditulis, kucing Genetta sedang dalam proses pendaftaran untuk mendapatkan pengakuan di The International Cat Association (TICA).

Namun organisasi lain yang sudah menerima dan mengakui kucing ini adalah organisasi kucing yang hanya mengakui kucing mini, langka dan eksotis. Organisasi pertama adalah The Dwarf Cat Association (TDCA) dan kemudian berikutnya adalah Rare and Exotic Feline Registry (REFR).

Kepribadian

Penampilan yang terkesan liar seperti Genet hanya pada permukaan saja. Kucing Genetta adalah kucing yang jinak dan sangat ideal untuk dipelihara di tengah-tengah keluarga.

Meskipun kakinya pendek, hal tersebut tidak menghalangi aktifitasnya. Karena kucing ini lincah dan penuh aktifitas. Mereka akan sangat menikmati waktu bermain bersama pemiliknya. Kucing ini juga diketahui memiliki sifat yang berorientasi kepada pemiliknya.

Mereka suka mencari perhatian dan interaksi kepada pemiliknya. Tidak cocok jika sering ditinggal sendirian di rumah. Kucing ini akan cenderung stres jika terlalu sering ditinggal sendirian. Ada baiknya memberikan mereka partner kucing lain sebagai teman mereka jika pemiliknya cukup sering pergi meninggalkannya.

Kucing ini cukup cerdas dan adaptif. Bisa diajari untuk menerima perintah tertentu yang diajarkan mulai dari kecil. Cocok dengan lingkungan baru, mudah menerima tamu atau orang asing dan tidak masalah bergaul dengan jenis peliharaan lain seperti anjing.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Penampilan fisik utamanya adalah kaki pendek dan motif liarnya. Namun beberapa anak kucing Genetta dilahirkan dengan kaki yang agak panjang. Namun standar kucing Genetta adalah yang berkaki pendek. Bulu-bulunya pendek dan bermotif seperti kucing Bengal.

Kucing Genetta
Kucing Genetta (@ase_bengals)

Kepalanya membentuk baji yang menyempit, ukurannya tidak besar atau kecil (proposional). Telinganya besar, lebar dan membulat dengan ujung melancip. Ukuran mata besar dan nampak ekspresif dengan warna mata hijau, coklat tua dan kuning. Hidung lebar dan besar, serta lehernya ramping dan agak memanjang.

Ekornya panjang dan bahkan cenderung lebih panjang dibandingkan dengan panjang tubuhnya, lebar di bagian pangkal dan melancip di ujung ekornya. Kaki pendek, kecil namun kokoh dan berotot.

Warna motif kucing ini hadir dalam beberapa pola dan variasi seperti perak, bintik salju (snow), coklat, hitam, pola marmer, marble, dan kayu manis.

Kesehatan

Sebagai kucing hasil persilangan, kucing Genetta rawan mewarisi penyakit atau gangguan kesehatan yang berasal dari orang tuanya. Salah satunya adalah resiko penyakit bawaan yang dimiliki kucing Munchkin yaitu Pectus Excavatum dan Lordosis.

Baca juga: Ras Kucing Mini yang Menggemaskan

Pectus Excavatum adalah sebuah kondisi kelainan tulang dada. Sedangkan Lordosis adalah kelainan punggung bawah yang melengkung ke dalam sehingga kucing akan sulit berjalan.

Masalah kesehatan lain sama seperti yang dialami kucing pada umumnya. Salah satu yang berpotensi menyerang adalah virus. Virus dapat dicegah dengan memberikan suntikan vaksinasi secara rutin.

Perawatan

Perawatan kucing Genetta mudah dan tidak perlakuan khusus yang rumit. Bulu pendeknya mudah dirawat. Penyisiran atau menyikat bulu secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu akan membantu membersihkan kotoran dan mengangkat bulu-bulu mati.

Kucing Genetta
Anak Kucing Genetta (@leecatshome)

Perawatan lain adalah membersihkan kotoran mata, memotong kuku dan jangan lupa rutin membersihkan atau menggosok gigi. Kucing gosok gigi? Ya betul sekali bahkan kucing membutuhkan perawatan gigi agar terhindar dari masalah seperti penyakit periodontal.

Hal lain yang perlu rutin dibersihkan adalah telinga. Kotoran dalam telinga harus dibersihkan secara rutin agar tidak terjadi penumpukan kotoran. Hal ini untuk menghindari masalah telinga seperti infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Usia

Dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik dan perawatan yang tepat, umur kucing Genetta berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Genetta

Ingin memiliki kucing eksotis dan unik ini? Sebagai informasi awal, harga kucing Genetta saat ini dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu:

  • Genetta non standar (berkaki panjang): Rp. 3.000.000 hingga Rp. 80.000.000.
  • Genetta standar (cebol atau kaki pendek): Rp. 21.000.000 hingga Rp. 170.000.000.

Yang membedakan tingkat harga adalah tergantung pada usia, pola bulu, persentase kemurnian dan tinggi badannya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing American Curl: Enerjik dengan Telinga Unik

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar