Kucing Foldex: Eksotis dan Rupawan

Kucing berpenampilan unik dan menarik ini bernama kucing Foldex. Telinganya terlipat ke dalam dan wajahnya datar dengan hidung yang pesek. Jika memperhatikan dua ciri fisik tersebut, mungkin beberapa diantara sobat sekalian sudah bisa menduga jika ini adalah kucing hasil persilangan kucing beda jenis.

Kucing Foldex
Kucing Foldex (sumber)

Kucing Foldex adalah hasil persilangan dua jenis kucing yang berbeda. Apakah sobat bisa menebak dari persilangan jenis kucing apakah Foldex ini? Telinganya yang melipat berasal dari Scottish Fold dan wajahnya yang datar serta hidung pesek berasal dari Exotic Shorthair.

Sekilas Tentang Kucing Foldex

Berat Tubuh3 kg – 6,3 kg
Warna BuluPutih, Biru, Abu-abu, Hitam, Putih, Silver, Oranye
Pola BuluTabby, Bicolor, Calico, Tortie
Warna MataTembaga, Emas, Kuning, Oranye
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikSosial, Adaptif, Manja, Penyayang, Aktif
PengakuanCCA
HargaRp. 8.000.000 – Rp. 30.000.000

Nama Foldex juga berasal dari penggabungan keduanya yaitu Fold (melipat) dan Exotic. Seperti apakah karakteristik kucing Foldex ini? Kucingmania akan mengulasnya secara lengkap berikut ini khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Penyilangan kucing Scottish Fold dan Exotic Shorthair ini dimulai pada tahun 1992 di Quebec, Kanada. Pencetusnya adalah peternak kucing bernama Jeanne Barrette yang menginginkan kucing dengan penampilan yang eksotis dengan telinga melipat. Kucing Foldex mulai diakui oleh Canadian Cat Association (CCA) pada tahun 2010. Dan hingga saat ini hanya CCA yang mengakui eksistensi kucing Foldex.

Kepribadian

Kucing Foldex dikenal sebagai kucing yang memiliki kepribadian menawan dan manis. Hal ini tentu berbanding lurus dengan penampilannya yang juga menawan dan manis. Foldex adalah kucing yang berorientasi kepada pemiliknya.

Mereka suka duduk di pangkuan, digendong atau meski hanya sekedar duduk santai atau rebahan di samping manusia favoritnya. Mereka suka menjadi pusat perhatian. Pelukan dan belaian adalah sesi favorit dalam kehidupan mereka.

Kucing Foldex
Kucing Foldex (benoit.the.foldex)

Foldex juga aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka akan sangat menyukai mengikuti apa yang dilakukan pemiliknya. Sifatnya juga sosial dan adaptif. Kucing ini tidak masalah hidup bersama anak-anak kecil dan hewan peliharaan lain seperti anjing atau kelinci. Mereka juga cepat beradaptasi di lingkungan dan kebiasaan baru.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing Foldex berukuran sedang dengan berat badan rata-rata 3 kg – 6 kg ketika mencapai usia dewasa. Tulang dan ototnya kokoh. Ciri khas utama tentu saja wajah dan telinganya. Telinga melipat dan wajah rata serta hidung pesek (meski tidak akan sepesek milik Exotic). Mata bulat terbuka lebar dan nampak ekspresif. Kepalanya bulat dengan leher yang pendek. Kaki pendek dan berotot.

Ketika lahir, bayi-bayi kucing Folder akan memiliki telinga yang normal. Jika mereka mewarisi gen telinga lipat, maka dalam usia 21 hingga 28 hari telinga-telinga mereka akan mulai melipat. Namun ada juga beberapa Foldex yang tidak mewarisi gen telinga lipat sehingga telinganya seperti kucing normal.

Kucing Foldex
Kucing Foldex (sams.is.foldex)

Bulu-bulu kucing Foldex pendek hingga semi panjang dengan variasi dan pola warna yang sangat beragam. Beberapa warnanya adalah putih, biru, abu-abu, hitam, putih, silver, tabby dan lainnya.

Kesehatan

Secara umum kucing Foldex adalah kucing yang sehat karena tidak membawa gen penyakit turunan. Namun beberapa masalah kesehatan rawan menyerang kucing seperti demam dan kehilangan selera makan. Obesitas juga kerap ditemui pada beberapa kucing Foldex.

Potensi gangguan kesehatan yang harus diwaspadai oleh para pemilik kucing adalah serangan virus. Beberapa virus sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa kucing. Calicivirus mungkin jenis yang tidak mematikan namun akan membuat kucing kesakitan. Tindakan pencegahan terbaik adalah pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Merawat kucing Foldex tidak sulit. Namun yang perlu diperhatikan adalah kebersihan telinganya. Karena telinganya menutup, ada kemungkinan telinga akan cenderung lembab dan lembek yang akan memicu penumpukan kotoran telinga. Bersihkan saja secara rutin dan hindari penumpukan kotoran telinga.

Baca juga: Jenis Kucing Kaki Pendek yang Menggemaskan

Perawatan bulunya juga mudah. Sisir atau sikat saja secara rutin untuk menghindari bulu kusut dan mengurangi bulu mati yang akan membantu meminimalisir kucing mengalami hairball. Tidak perlu dimandikan sesering mungkin. Idealnya mandikan ketika tubuhnya kotor atau setidak minimal setiap dua minggu.

Kucing Foldex
Kucing Foldex (celiqocats)

Bersihkan atau gosok giginya secara rutin. Perawatan kebersihan gigi akan membantu kucing terhindar dari berbagai masalah mulut dan gigi seperti penyakit periodontal pada kucing dan bahkan mungkin sariawan.

Rata-rata Umur

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing Foldex berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Foldex

Berapa harga kucing Foldex? Jika sobat ingin mengadopsi dan memelihara kucing ini, sebagai informasi harga kucing Foldex berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 30.000.000 tergantung usia dan kualitas. Namun harga tersebut masih belum termasuk biaya tambahan lain seperti biaya impor.

Hal penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Lykoi: Unik Menyerupai “Werewolf”

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar