Kucing Emas Sumatera: Harga dan Karakteristik

Ditemukan di alam liar Sumatera dan beberapa wilayah Asia lainnya, inilah kucing emas Sumatera dengan bulu coklat keemasan serta penampilan liar nan eksotis.

Kucing emas Sumatera adalah salah satu jenis kucing yang sangat langka dan dilindungi. Penampilannya tidak jauh berbeda dengan kucing berpenampilan “emas” lainnya yaitu kucing emas Afrika (African golden cat). Seperti apakah karakteristik dan profil lengkap kucing emas Sumatera? Baca artikel ini hingga tuntas.

Kucing Emas Sumatera
Jenis Kucing Emas Sumatera (catsg.org)

Sekilas Tentang Kucing Emas Sumatera

Nama lainAsiatic Golden Cat, Catopuma temmincki
UkuranSedang menengah
Berat badan8 kg hingga 15 kg
Panjang tubuh66 cm hingga 105 cm dan panjang ekor 42 cm hingga 57 cm
StatusTerancam punah dan dilindungi

Karakteristik

Kucing emas Sumatera tubuhnya berukuran sedang dengan kaki yang cukup panjang. Warna bulunya coklat kemerahan atau coklat keemasan. Namun beberapa kucing ini juga ditemukan memiliki bulu berwarna abu-abu namun sangat jarang.

Ciri khas lain kucing ini adalah garis-garis putih yang dibatasi dengan garis hitam atau coklat tua di area pipi, sudut mata bagian dalam hingga ke ubun-ubun. Kaki bawah bagian dalam berwarna putih, dan terdapat bercak putih di bagian bawah ujung ekornya panjang.

Kucing emas Sumatera
Kucing emas Sumatera (catsg.org)

Telinganya bulat dengan bagian belakangnya berwarna hitam dengan bintik abu-abu, dengan bagian tengah berwarna keputihan, dan mata biasanya berwarna hijau keabu-abuan atau kuning. Tubuh jantan lebih besar daripada betina.

Habitat

Habitat alamiah kucing emas Sumatera adalah hutan nokturnal, mereka terdeteksi tinggal di hutan sub-tropis dan tropis yang selalu hijau, terkadang juga terlihat di area terbuka dengan jalur berbatu dan padang rumput.

Dari beberapa hasil jepretan kamera jebakan, kucing ini juga sering ditemukan berkeliaran di luar kawasan hutan lindung, di antara perkebunan kopi dan perkebunan sawit di Sumatera. Kucing ini juga sempat terekam kamera pengintai hutan berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat di Sumatera.

Untuk bertahan hidup, kucing emas Sumatera berburu hewan-hewan kecil seperti katak, tikus, tupai, musang, reptil kecil seperti kadal dan ular, serangga, burung, primata, unggas, babi hutan, anak kerbau, dan ungulata kecil seperti kijang muncak dan chevrotains. Bahkan ada laporan kucing ini masuk ke kawasan penduduk dan memangsa kambing serta anakan sapi.

Hewan Langka

Tidak ada data yang valid terkait jumlah kucing emas Sumatera yang hidup di alam liar. Namun jumlah mereka yang sedikit dan terus menyusut menjadikan kucing ini ada dalam daftar merah IUCN sebagai satwa yang terancam punah.

Kucing emas Sumatera
Anak kucing emas Sumatera (catsg.org)

Salah satu penyebab penyusutan populasi kucing ini adalah karena ulah manusia. Mereka dijadikan obyek perburuan liar untuk dijual di pasar gelap. Bahkan menurut kabar, para penduduk lokal juga kerap memburu kucing ini untuk dijadikan santapan, pengobatan serta dimanfaatkan kulit dan bulunya.

Ancaman utama yang lain bagi kucing emas Asia adalah hilangnya habitat akibat penggundulan hutan di seluruh wilayah jelajahnya. Hutan Asia Tenggara mengalami laju deforestasi regional tercepat di dunia karena perluasan perkebunan kelapa sawit, kopi, akasia, dan karet.

Untuk terus melindungi populasinya, di Indonesia sendiri ada larangan secara resmi terkait perburuan terhadap kucing ini. Regulasi dan penegakan hukum nasional dan internasional yang lebih besar diperlukan untuk melestarikan spesies ini dalam jangka panjang. Konservasi habitat dan pembentukan koridor habitat juga penting untuk perlindungan mereka.

Baca juga:

Harga Kucing Emas

Harga kucing emas saat ini berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 30.000.000 dan bahkan bisa lebih. Namun sekali lagi kucing ini adalah hewan yang dilindungi dan bagi siapapun yang menjual atau memeliharanya bisa dikenakan sangsi hukuman.

Selain itu, kucing emas Sumatera adalah hewan liar yang buas dan tidak cocok untuk dijadikan peliharaan layaknya kucing domestik pada umumnya.

Jika sobat ingin memelihara kucing dengan penampilan liar dan eksotis, pertimbangkan kucing jenis lain seperti beberapa kucing berikut ini.

Kucing Ocicat
Kucing Ocicat
Kucing Bengal
Kucing Bengal
Kucing Toyger
Kucing Toyger
Kucing Savannah
Kucing Savannah

Bagikan:

Danar Virdaus

Halo, saya Danar Virdaus. Saya "bucing" di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar