Kucing Ekor Bundel Kurilia: Cakep dan Bundel!

Sobat penyuka kucing ekor pendek atau bundel pasti akan jatuh hati dengan kucing ekor bundel Kurilia ini. Penampilannya menawan dengan ekor bundelnya yang lucu serta tatapan wajahnya yang menggemaskan.

Kucing Ekor Bundel Kurilia
Kucing Ekor Bundel Kurilia (asasirov)

Sekilas kucing ini mungkin mirip dengan kucing Persia yang berekor pendek. Namun bisa dipastikan kucing ini berbeda dengan jenis Persia. Kucing ekor bundel Kurilia atau Kurilian Bobtail adalah salah satu jenis kucing langka.

Sekilas Tentang Kucing Ekor Bundel Kurilia

Berat Tubuh3.5 kg – 6.5 kg
Warna BuluMerah (Oranye), Abu-abu, Putih, Perak
Pola BuluTabby, Bicolor, Calico, Tortie
Warna MataKuning, Emas, Tembaga
Rentang Usia15 – 20 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikRamah, Sosial, Adaptif, Aktif, Cerdas
PengakuanFIFe, TICA, WCF
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 21.000.000

Seperti apa profil kucing bundel yang berasal dari pulau Kuril ini? Mari kita mempelajari karakter dan juga informasi lainnya terkait kucing ekor bundel Kurilia.

Sejarah

Kucing ini berasal dari pulau Kuril (Kepulauan Kuril, juga dikenal dengan nama Kepulauan Kurile, membentang ke arah timur laut dari Hokkaido, Jepang, hingga Kamchatka, memisahkan Laut Okhotsk dari Samudra Pasifik Utara. Ia adalah bagian dari Oblast Sakhalin, Rusia – sumber Wikipedia).

Kucing ekor bundel Kurilia diketahui sudah ada di pulau Kuril selama 200 tahun. Ada kemungkinan kucing ini masih memiliki hubungan dengan kucing Japanese Bobtail meski belum ada bukti otentik terkait hal tersebut.

Kucing Ekor Bundel Kurilia
Kucing Kurilian Bobtail (sumber)

Penduduk pulau Kuril pada masa lampau memelihara kucing ini untuk membantu mereka mengendalikan hama hewat pengerat seperti tikus. Warga setempat yang mayoritas petani begitu mengandalkan kucing ini sebagai pembasmi tikus. Dan tentu saja mereka sangat berbakat dalam berburu tikus.

Tidak ada informasi yang jelas terkait perkembangan kucing ini di dunia. Namun pada masa setelah perang, beberapa personil militer Rusia diketahui membawa kucing ini ke Rusia. Beberapa pecinta kucing Rusia kemudian mulai membiakkan kucing ini.

Pada tahun 2002, kucing ekor bundel Kurilia mulai tampil mengikuti pertunjukan kucing. Dan sejak saat itu kucing ekor bundel Kurilia mulai mendapatkan pengakuan secara resmi sebagai ras kucing baru oleh Canadian Cat Association (CCA), American Cat Fanciers Association (ACFACAT), Cat Fanciers Federation (CFFINC), dan The International Cat Association (TICA).

Kepribadian

Kurilian Bobtail diketahui sebagai kucing yang ramah. Mereka bersahabat dengan manusia, tidak masalah dengan anak-anak kecil dan mudah beradaptasi dengan hewan lain. Mereka suka berinteraksi dan cenderung berorientasi dengan pemiliknya.

Karena memiliki gen sebagai pemburu yang handal, kucing ekor bundel Kurilia yang ada saat ini juga dikenal masih memiliki naluri berburu ini. Mereka kucing yang aktif, suka bermain, memanjat dan membutuhkan permainan yang interaktif.

Pada dasarnya kucing Kurilian Bobtail ini adalah kucing mandiri. Beberapa diantara nenek moyang mereka yang bukan kucing peliharaan adalah kucing yang mampu hidup sendiri di alam dan tanpa bantuan manusia.

Kucing Ekor Bundel Kurilia
Dua kucing ekor bundel Kurilia (sumber)

Kurilian Bobtail juga dikenal sebagai kucing yang cerdas. Kucing ini bisa dibiasakan untuk mematuhi perintah-perintah atau trik sederhana.

Kucing ekor bundel Kurilia tidak takut air, mereka tidak keberatan atau senang bermain dengan air. Hal ini karena nenek moyang mereka yang tinggal di sekitar air dan juga bulu-bulunya memiliki ketahanan dengan air.

Baca juga: Kucing Serengeti: Atletis Berpenampilan Eksotis

Tentu saja kucing ekor bundel Kurilia bisa menjadi sahabat di tengah-tengah keluarga kita. Yang menjadi hambatan hanyalah keberadaan mereka langka dan tidak semua orang sanggup memiliki kucing ini.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuh kucing ekor bundel Kurilia sedang. Tulang dan ototnya besar serta kokoh, beberapa kucing penampilannya menyerupay Lynx, ekor pendek alias bundel. Kedua kaki belakang berukuran sedikit lebih panjang daripada dua kaki depannya.

Karena kedua kaki belakangnya yang lebih panjang inilah yang menjadikan kucing ekor bundel Kurilia adalah pelompat yang handal.

Kucing Ekor Bundel Kurilia
Anak kucing ekor bundel Kurilia (sumber)

Untuk mencapai seluruh potensi fisiknya, Kurilian Bobtail membutuhkan waktu hingga 5 tahun hingga mereka mencapai kedewasaan sepenuhnya. Ukuran dan bobot kucing betina mencapai 4-5 kilogram. Sedangkan jantan bisa mencapai 6 kilogram.

Kesehatan

Tidak ada laporan yang menyampaikan apakah kucing ini memiliki masalah kesehatan bawaan. Hal ini karena jumlah kucing ini yang sedikit sehingga belum banyak informasi terkait masalah kesehatan serius yang kerap menyerang.

Namun sama seperti ras kucing lainnya, beberapa masalah gangguan kesehatan juga bisa menyerang kucing ini jika tidak mendapatkan perawatan dan perhatian yang tepat. Salah satunya adalah serangan virus yang berpotensi mengancam nyawa. Untuk mencegahnya diperlukan tindakan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Perawatan standar secara rutin dibutuhkan oleh kucing ini. Penyisiran dan penyikatan bulu secara rutin akan membantu mengangkat bulu-bulu mati. Pembersihan mata, menggosok gigi dan juga pembersihan telinga dibutuhkan untuk menghindari kotoran yang menumpuk dan mencegah serangan kutu telinga.

Perhatikan pemberian makan, minuman yang cukup serta kunjungan rutin ke dokter hewan untuk memantau kondisinya. Dan yang penting adalah pemberian vaksinasi untuk menangkal beberapa serangan virus yang kerap menyerang kucing.

Baca juga: Kucing Korat: Cerdas, Atletis dan Mempesona

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat, kucing ini termasuk kucing yang berumur panjang karena ketahanan tubuh alami mereka. Diketahui bahwa kucing ekor bundel Kurilia bisa hidup antara 15 hingga 20 tahun.

Adopsi

Untuk mengadopsi kucing ini sepertinya sulit dan membutuhkan usaha yang luar biasa. Selain jumlahnya yang sangat terbatas, kucing ini juga sulit ditemukan di sekitar negara kita. Salah satu upaya adalah mengimpor dari breeder di luar negeri.

Harga kucing ekor bundel Kurilia berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 21.000.000 tergantung usia, kualitas dan kondisinya. Bagaimana, apakah sobat tertarik dengan kucing ekor bundel Kurilia atau Kurilian Bobtail ini?

Bagikan di:

Tinggalkan komentar