Kucing Dragon Li: Kucing Dari Negeri Tirai Bambu

Jika mendengar nama Dragon Li, mungkin pikiran Anda akan langsung membayangkan naga dari Cina. Namun jika ini adalah kucing Dragon Li, apakah sobat masih akan mengira ini adalah kucing penjelmaan naga? Dragon Li adalah nama yang keren untuk jenis kucing bukan?

Kucing Dragon Li
Kucing Dragon Li (pet4sell co)

Kucing Dragon Li atau nama lainnya adalah Chinese Li Hua adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Cina. Kucing ini adalah ras kucing kuno yang turun temurun berkembang biak dan merupakan ras kucing alami yang artinya mereka berkembang biak tanpa adanya campur tangan manusia.

Sekilas Tentang Kucing Dragon Li

Nama LainChinese Lia Hua, Chinese Fox Flower, China Li Hua
Berat Tubuh4.1 kg – 5.5 kg
Warna BuluCoklat Keemasan
Pola BuluBroken-mackerel, Tabby
Warna MataKuning, Hijau
Rentang Usia14 – 16 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikAktif, Cerdas, Adaptif, Sosial
PengakuanCFA
HargaRp. 5.600.000 – Rp. 8.400.000

Mungkin sebagian dari Anda masih penasaran dengan kucing Dragon Li ini? Kucingmania akan mengulas karakteristik dan profil lengkap kucing yang berasar dari negeri tirai bambu ini khusus untuk Anda para penggemar kucing.

Sejarah

Kucing Dragon Li pada habitat alamiahnya pada masa lalu adalah kucing liar. Sebuah teori menyatakan jika kucing ini menjinakkan diri mereka sendiri secara alami. Proses perkembangbiakan yang mereka lakukan melalui “jalur” kucing liar dan kucing gunung membantu proses domestifikasi pada diri mereka sendiri.

Kepribadian

Kucing Dragon Lin digambarkan sebagai kucing pemburu yang hebat. Hal ini tentu saja wajar karena garis keturunan yang mereka dapatkan dari kucing gunung liar yang bertahan hidup dengan berburu mangsanya. Dargon Li masa kini tetap meneruskan kebiasaan berburu ini dengan menangkap tikus dan hewa pengerat lainnya.

Kucing Dragon Li
Kucing Dragon Li (jordifractal)

Kucing ini juga dikenal lincah dan aktif. Selain itu Dragon Li termasuk kucing yang cerdas, adaptif dan sosial. Mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru, cocok hidup berdampingan dengan hewan peliharaan lain seperti anjing.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing Dragon Li adalah kucing yang berukuran sedang. Rata-rata berat badang kucing ini ketika sudah dewasa berada di kisaran 4,1 kilogram hingga 5,5 kilogram. Warna dan pola bulunya terlihat berwarna coklat yang keemasan dengan pola broken-mackerel dan tabby.

Baca juga: Jenis Kucing Kaki Pendek yang Menggemaskan

Ukuran mata besar dan bulat dengan bentuk seperti almond. Warna mata kucing ini ada yang hijau dan ada yang kuning serta ada yang perpaduan keduanya. Tubuhnya kokoh, kuat dengan tulang dan otot yang tebal.

Kesehatan

Sebagai ras kucing alami, kucing ini adalah kucing yang sehat dan bebas dari penyakit genetik bawaan. Namun sebagai mahluk hidup, kucing juga bisa mengalami masalah kesehatan. Penyakit yang kerap menyerang kucing seperti demam, flu, kehilangan nafsu makan, sakit mata dan lainnya.

Kucing Dragon Li
Kucing Dragon Li (jimaso_0913)

Sebagai pemilik kucing, yang harus diwaspadai adalah serangan virus pada kucing. Virus yang menyerang kucing beberapa diantaranya sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa kucing seperti distemper. Untuk mencegah virus, dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Merawat kucing Dragon Li sangat mudah karena kucing ini tidak memerlukan perlakuan khusus. Bulu-bulunya hanya perlu disisir atau disikat dengan sikat yang lembut agar tidak kusut dan membantu mengangkat bulu-bulu mati untuk meminimalisir hairball.

Bersihkan telinganya secara rutin agar kotoran tidak menumpuk. Penumpukan kotoran di dalam telinga beresiko terjadinya infeksi telinga atau serangan parasit seperti kutu telinga. Gosok giginya secara rutin agar kucing terhindar dari penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia Kucing Dragon Li berkisar antara 14 hingga 16 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Dragon Li

Harga kucing Dragon Li saat ini berkisar antara Rp. 5.600.000 hingga Rp. 8.400.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Harga tersebut masih belum termasuk biaya impor, microchip dan biaya tambahan lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Pixie Bob: Ekor Bundel dan Manja

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar