Kucing Donskoy: Setia, Manja dan Botak!

Kucing Donskoy adalah kucing tanpa bulu hingga kulitnya terlihat berlipat-lipat. Mirip dengan kucing Sphynx namun keduanya dipastikan tidak berhubungan. Sifatnya manis dan penyayang sehingga beberapa orang menyebut kucing ini sebagai anjing dalam bentuk kucing karena kesetiaannya.

Kucing Donskoy
Kucing Donskoy (michael_hamburg69)

Kucing Donskoy memiliki nama lain seperti Don Sphynx, Donskoy Rusia, Don Hairless, dan Russian Hairless. Kucing ini berasal dari kota Rostov-on-Don, Rusia. Jenis ini ada karena perkawinan silang yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia.

Sekilas Tentang Kucing Donskoy

Nama LainDon Sphynx, Donskoy Rusia, Don Hairless, Russian Hairless
Berat Tubuh3.5 kg – 5 kg
Warna Bulu
Pola BuluRubber Bald, Flocked, Velour, Brush
Warna MataKuning, Emas, Tembaga, Biru
Rentang Usia12 – Tahun
PerawatanTinggi
KarakteristikAdaptif, Sosial, Aktif, Enerjik, Penyayang, Setia
PengakuanTICA, WCF
HargaRp. 14.000.000 – Rp. 28.000.000

Seperti apa profil dan karakteristik kucing Donskoy ini? Kami akan mengulasnya secara lengkap berikut ini khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Dimulai pada tahun 1987, ketika itu seorang profesor dari State Pedagogical Institute bernama Elena Kovaleva menyelamatkan seekor anak kucing yang dijadikan mainan oleh sekelompok anak-anak. Anak kucing dalam karung ini dijadikan sebagai “bola” yang mereka tendang kesana kemari.

Elena Kovaleva kemudian membawa kucing ini pulang untuk dipelihara dan kemudian diberi nama Varvara. Sering pertumbuhan usianya, Varvara mengalami kerontokan bulu parah hingga nyaris botak. Elena pun memberian beberapa pengobatan namun tidak membuahkan hasil. Varvara pun tumbuh sebagai kucing yang botak.

Kucing Donskoy
Kucing Donskoy (Seb94220)

Ketika mencapai usia dewasa, Varvara kemudian kawin dengan kucing lokal. Ketika anak-anaknya dilahirkan, sebagian tidak berbulu seperti induknya dan sebagian memiliki bulu pendek normal. Namun anak-anak kucing yang memiliki bulu ini kemudian pada akhirnya juga mengalami kerontokan bulu hingga nyaris botak.

Khawatir jika kucing-kucing ini mengalami penyakit berat dan menular, Elena kemudian berencana membuang kucing-kucing botak ini. Namun salah satu peternak kucing bernama Irina Nemikina menyelamatkan kucing-kucing botak ini.

Irina Nemikina kemudian memiliki ide untuk mengawin silangkan kucing botak ini dengan kucing peliharaannya. Kucing ini kemudian dikawinkan dengan kucing jenis European Shorthair. Dan kemudian lahirlah beberapa kucing botak yang nantinya akan menjadi cikal bakal Donskoy saat ini.

Organisasi pertama yang mengakui jenis kucing Donskoy adalah World Cat Federation (WCF) pada tahun 1997 dan disusul oleh The International Cat Association (TICA) pada tahun 2005.

Karakteristik

Kucing Donskoy adalah kucing yang cerdas dan memiliki ingatan yang baik diantara jenis kucing lainnya. Mereka bisa dilatih menerima perintah dan trik tertentu. Dengan perawatan yang baik dan penuh kasih sayang, kucing ini akan memberikan kesetiaan kepada pemiliknya.

Baca juga: Ras Kucing Tanpa Bulu yang Unik dan Menarik

Kucing ini juga memiliki sifat sosial dan adaptif. Mereka mudah menerima kehadiran anak-anak kecil dan hewan peliharaan lain di sekitar mereka. Cepat beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru. Sangat menyukai perhatian dan manja. Kucing ini tidak cocok dipelihara orang yang sering bepergian keluar rumah dalam jangka waktu lama.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Donskoy adalah kucing berukuran sedang yang memiliki tulang dan otot besar. Daun telinga mereka besar dan lebar, mata besar berbentuk almond.

Kucing Donskoy
Kucing Donskoy (olga_bogema_mirov)

Meskipun dianggap sebagai kucing tanpa bulu, namun kucing ini memiliki 4 pembagian jenis bulu, yaitu:

  • Rubber bald: Terlahir botak dan akan tetap botak hingga dewasa.
  • Flocked: Nampak botak, namun sebenarnya memiliki bulu super tipis dan terasa lembut ketika dibelai.
  • Velour: Terlahir botak pada bagian kepala. Bagian tubuh lain seperti wajah, kaki dan ekornya tumbuh sedikit bulu ketika dewasa.
  • Brush: Memiliki bulu pendek di mayoritas bagian tubuhnya. Namun pada beberapa bagian kecil tubuhnya akan tetap botak.

Kesehatan

Kucing Donskoy diketahui memiliki beberapa gangguan kesehatan bawaan seperti:

  • Berbagai masalah pada kulit.
  • Rentan memiliki masalah gusi dan mulut.
  • Displasia ektodermal hipohidrotik (masalah pada kalenjar keringat).

Penyakit lainnya sama seperti yang menyerang kucing pada umumnya. Salah satu yang harus diwaspadai adalah beberapa jenis virus yang menyerang kucing. Untuk mencegahnya dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Perawatan kucing Donskoy memerlukan perhatian ekstra. Kucing ini bagian kulitnya akan selalu mengeluarkan minyak berlebihan karena tidak memiliki bulu. Harus sering dilap secara rutin dan dimandikan setiap minggu untuk membersihkan tubuhnya.

Tidak boleh berada di luar rumah secara berlebihan. Mereka sangat rentan jika terkena sengatan sinar matahari secara langsung secara terus menerus. Selain itu ketika cuaca dingin, kucing ini memerlukan bantuan kehangatan seperti memakaikan baju atau sweater khusus kucing.

Kucing Donskoy
Kucing Donskoy (namazu_donskoy)

Bersihkan atau gosok giginya secara rutin. Kucing ini rawan mengalami berbagai masalah pada mulut, gigi dan gusinya. Pembersihan gigi secara rutin akan menghindari masalah seperti penyakit periodontal pada kucing.

Perhatikan juga kebersihan telinganya. Hindari terjadinya penumpukan kotoran di dalam telinganya. Penumpukan kotoran akan memicu berbagai masalah seperti contohnya infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing Donskoy berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Donskoy

Apakah sobat ingin memiliki kucing ini? Harga kucing Donskoy saat ini berkisar antara Rp. 14.000.000 hingga Rp. 28.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya.

Hal penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Lambkin: Si Cebol Bulu Domba

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar