Kucing Diare
Waspada Kucing Diare

Kucing Diare: Tips dan Petunjuk Penanganan

Posted on

KucingMania.net – Sangat jarang melihat kucing mengalami diare kecuali mereka menderita masalah pencernaan internal. Jika diare ini relatif singkat maka hal tersebut tidak berbahaya. Mungkin saja kucing tersebut telah memasukkan sesuatu yang tidak seharusnya ke dalam perutnya. Setelah sekian waktu jika memang tidak serius, diare akan segera hilang. Namun jika kucing diare secara terus menerus, mungkin itu pertanda masalah internal pencernaan yang lebih serius.

Sebagian besar kasus kucing diare disebabkan oleh pemberian susu oleh pemilik kucing. Dan yang menjadi masalah adalah susu yang diberikan adalah susu biasa yang dikonsumsi manusia. Hal ini sangat tidak bermanfaat dan sebenarnya memberikan air adalah lebih baik untuk kesehatan kucing.

Jika kucing sobat menderita diare terus-menerus untuk jangka waktu yang lama, ia akan kehilangan cairan dengan cepat dan akan menyebabkan hilangnya garam dan mineral penting yang sangat besar yang akan memperburuk kesehatan kucing sobat sekalian. Ini akan menjadi hal yang serius dan akan membutuhkan perhatian dokter hewan segera.

Untuk merawat kucing dengan kondisi diare, sobat harus selalu menjaga kebersihan dan pastikan selalu mencuci tangan setelah memegangnya. Jika penyebab diare adalah infeksi, kucing harus berhati-hati diisolasi dan semua makanannya harus diperhatikan. Perlengkapan dan barang-barang termasuk tempat tidur, kotak pasir dan mainan harus dicuci dan di disinfeksi secara menyeluruh. Disarankan juga untuk memakai sarung tangan saat sobat menanganinya. Untuk mencegah kucing menyebarkan infeksi, disarankan untuk menempatkannya dalam ruangan khusus.

Untuk memastikan penyebab kucing diare, mengunjungi dokter hewan adalah hal yang harus sobat lakukan. Dokter akan melakukan diagnosa dan mencari penyebabnya diare pada kucing.

Namun untuk penanganan kucing diare, sobat bisa melakukan beberapa hal berikut ini di rumah:

  1. Dehidrasi – Jika kucing mengalami dehidrasi, ia juga akan bisa terserang diare. Sobat bisa memeriksa sendiri apakah kucing menderita dehidrasi dengan cara mencubit bagian belakang leher mereka dan melepaskannya. Ketika cubitan dilepas, jika leher membutuhkan waktu yang lebih lama dari normal untuk kembali ke posisi normal, maka kucing mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan indikator diare, jadi jika sobat memperhatikan tanda-tanda dehidrasi, sobat harus segera menanganinya.
  2. Makanan sehat – Diare dapat dicegah dengan memberi makanan diet yang tepat kepada kucing. Diet sehat, seimbang baik dari makanan basah dan kering yang sesuai untuk usia kucing.
  3. Pra pengujian parasit – Cacing parasit dan organisme lain bisa menyerang kucing. Salah satu cara untuk mencegah masalah usus yang mengarah ke diare adalah dengan menjadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter hewan untuk mencari parasit dan cacing usus.

Jika sobat telah melakukan semua yang bisa dilakukan untuk mencegah diare dan kucing masih mengalami masalah diare, saatnya untuk beralih ke mode pengobatan.

  1. Pengobatan – Ada beberapa obat kucing diare yang mudah didapatkan dan dijual bebas di toko hewan. Namun akan lebih baik jika mendapatkan rekomendasi obat diare untuk kucing atas rekomendasi dari dokter hewan.
  2. Suplemen Probiotik – Suplemen probiotik, seperti Fortiflora dapat berperan dalam membantu mengobati kucing dengan diare dan mencegah serangan lebih lanjut. Juga, vitamin ekstra dan nilai gizi yang ada pada suplemen dapat melepaskan dan meringankan stres kucing. Suplemen probiotik dapat diberikan secara teratur sebagai tindakan pencegahan.
  3. Diet seimbang – Jika kucing sobat mengalami diare, kemungkinannya adalah karena ia memiliki diet yang tidak seimbang. Sobat dapat membantunya dengan memasukkan makanan basah dan kering dan banyak air seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Diet seimbang adalah cara penting untuk tidak hanya mengendalikan kucing dari diare, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan dan umur kucing secara keseluruhan.
  4. Mengunjungi Dokter Hewan – Mengunjungi dokter hewan adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nasihat terpercaya mengenai hewan peliharaan. Dokter akan merekomendasikan obat-obatan, makanan dan kegiatan untuk membantu kucing sobat untuk sembuh dari diare.

Baca juga: Kutu Kucing: Cara Mengatasinya

Dari penjelasan diatas, ada banyak cara untuk mencegah dan membantu mengobati kucing diare. Dalam banyak kasus, kucing yang sakit diare akan membutuhkan lebih banyak perawatan. Inilah mengapa sobat perlu melibatkan dokter hewan jika kucing mengalami sakit. Memiliki kucing yang sehat adalah tanggung jawab sobat sebagai pemiliknya. Apalagi jika sobat berencana menjadikan kucing tersebut sebagai teman hidup dalam jangka waktu lama.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar