Kucing Devon Rex: Telinga Peri Penuh Kasih Sayang

Bulunya bergelombang, tatapan mata yang lebar dengan wajahnya yang mungil, inilah kucing Devon Rex yang merupakan salah satu jenis kucing langka yang ada di dunia ini. Seperti apakah profil kucing yang masih menjadi “sepupu” dari jenis Cornish Rex ini?

Kucing Devon Rex
Kucing Devon Rex (Pleun Harzing)

Kucing ini seolah-olah seperti menjadi sepupu dari kucing Cornish Rex. Namun yang membedakan keduanya adalah bulu-bulu Cornish Rex cenderung lebih keriting merapat, sedangkan bulu-bulu Devon Rex lebih cenderung keriting longgar. Jika hanya dilihat secara sekilas, keduanya nampak seperti kucing yang sama.

Sekilas Tentang Kucing Devon Rex

Berat Tubuh2.5 kg – 4 kg
Warna BuluPutih, Biru, Hitam, Krim, Merah, Coklat, Frost, Platinum, Fawn, Cokelat, Kastanye, Kayu Manis, Lavender
Pola BuluBicolor, Calico, Tabby, Ticking, Smoke, Shaded, Points, Tortie
Warna MataOdd-eye, Biru, Tembaga, Hijau, Emas, Hazel, Oranye, Kuning
Rentang Usia13 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikSetia, Manja, Penyayang, Cerdas, Aktif, Enerjik, Adaptif
PengakuanCFA, FIFe, TICA, WCF, ACF, ACFA, CAA, CCA, AFC, GCCF
HargaRp. 16.000.000 – Rp. 26.000.000

Mari kita mengenal kucing Devon Rex lebih dekat dengan mengetahui asal-usulnya dan juga profilnya lebih mendalam.

Sejarah

Devon Rex adalah kucing hasil mutasi alami dan tanpa disengaja. Nenek moyang kucing ini pada mulanya ditemukan di Buckfastleigh, Devon, Inggris pada tahun 1960. Beryl Cox, seorang wanita yang tinggal di dekat sebuah tambang yang terbengkalai menemukan kucing yang memiliki bulu bergelombang.

Ketika itu kucing Cornish Rex sedang populer sehingga pada mulanya Beryl Cox sempat mengira kucing ini adalah jenis Cornish Rex. Namun setelah diamati lebih mendalam, kucing yang ditemukan ini memiliki bulu bergelombang yang berbeda dengan bulu keriting Cornish Rex.

Beryl Cox juga menemukan perbedaan lain seperti bulu keriting Devon lebih kusut, kumis yang cenderung pendek, dan telinga besar yang posisinya cenderung lebar dan merendah (Cornish lebih lancip dan tegak keatas).

Kucing Devon Rex
Cornish Rex (kiri) dan Devon Rex (kanan)

Beryl Cox akhirnya mencoba untuk mengawinkan kucing ini dengan jenis Cornish Rex untuk mengetahui kemungkinan berjenis sama. Namun hasilnya adalah anak-anak kucing dengan bulu-bulu yang lurus.

Jika memang jenisnya sama, maka seharusnya menghasilkan anak kucing dengan bulu yang sama-sama keriting. Oleh karena itu akhirnya diputuskan bahwa nenek moyang Devon ini adalah jenis yang berbeda.

Mulai saat itulah pada akhirnya jenis Devon Rex mulai dilestarikan dengan mengembang biakkan beberapa jenisnya.

Kucing ini mulai mendapat pengakuan oleh American Cat Fanciers Association (ACFA) untuk mengikuti pertunjukan kucing pada tahun 1972. Tahun 1979 The International Cat Association (TICA) mulai berdiri dan langsung mengakui Devon Rex sebagai jenis ras baru. Dan The Cat Fanciers’ Association (CFA) mengakui pada tahun 1983.

Kepribadian

Kucing Devon Rex pada umumnya dikenal sebagai kucing yang setia, manja, berorientasi kepada pemiliknya. Mereka sangat suka berada di pangkuan pemiliknya, tidur berdampingan, dan suka mengikuti aktifitas yang dilakukan pemiliknya.

Selain itu kucing ini adalah salah satu jenis yang cerdas. Cerdas dalam kapasitasnya sebagai kucing yang bisa diajari mempelajari trik sederhana atau memahami perintah tertentu.

Kucing Devon Rex
Anak Kucing Devon Rex (sumber)

Devon Rex adalah kucing yang cukup aktif, enerjik, suka bermain, dan rasa ingin tahu yang besar. Mereka juga dikenal mudah beradaptasi. Mereka adalah kucing yang sosial, jika di rumah ada hewan peliharaan lain, maka kucing ini bisa hidup berdampingan dengan baik.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Beberapa orang menyebutkan ini adalah kucing peri, kucing alien, kucing kelelawar dan julukan-julukan aneh lainnya. Hal ini sangat beralasan karena memang penampilan kucing ini sangat unik. Tubuh kucing dewasa berukuran sedang, tulang keras dan berotot namun lentur.

Kepala berukuran sedang cenderung kecil. Termasuk salah satu kucing bertelinga lebar dan bagian ujungnya meruncing. Mata lebar melonjong, mayoritas memiliki mata berwarna biru aqua (beberapa warna mata lain seperti kuning, oranye, hijau dan keemasan).

Kucing Devon Rex
Kucing Devon Rex berwarna putih (kiril.olga)

Kakinya panjang dan ramping, dua kaki belakang memiliki masing-masing empat jari dan dua kaki depannya memiliki masing-masing lima jari, ekor panjang proposional dengan panjang tubuhnya dan ujungnya melancip.

Bulu bergelombang, halus, tipis namun lebih tebal pada beberapa bagian seperti kepala, dada, leher dan perut. Beberapa motif warna kucing Devon Rex adalah cream, hitam, biru, putih, calico dan coklat.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bermata Biru yang Mempesona

Kesehatan

Devon Rex diketahui tidak memiliki penyakit atau masalah kesehatan bawaan. Namun bulu tipisnya membuatnya rawan terkena beberapa gangguan kesehatan seperti iritasi kulit dan jamuran.

Beberapa kucing Devon Rex juga diketahui mengalami gangguan kesehatan seperti Kardiomiopati hipertrofi (kondisi ketika otot jantung menjadi tebal abnormal) dan kelainan otot atau Miopati.

Masalah kesehatan lain sama seperti yang dialami kucing pada umumnya. Salah satunya adalah serangan virus berbahaya yang beberapa diantaranya berpotensi mengancam nyawa. Pemberian vaksin yang rutin diharapkan mampu mengantisipasinya.

Perawatan

Bulu-bulunya yang sangat pendek memerlukan perhatian lebih terutama pembersihan lapisan kulit luarnya yang mudah berminyak. Penyikatan bulu secara halus dan pelan-pelan tetap diperlukan agar permukaan bulu dan kulit selalu bersih.

Kucing ini juga tidak boleh terlalu lama berada di ruang terbukan dengan sinar matahari langsung yang menyengat. Selain itu mereka juga perlu diberikan baju atau sweater untuk menghangatkan tubuhnya ketika dingin.

Kucing Devon Rex Calico
Kucing Devon Rex Calico (_maxvenstar_)

Perawatan standar lainnya seperti memotong kuku, menggosok gigi, pembersihan mata dan telinga harus rutin dilakukan. Perhatikan kebersihan telinga secara seksama. Hindari penumpukan kotoran telinga dan antisipasi serangan kutu telinga dengan rajin memberikan pembersihan telinganya.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat serta memperhatikan kondisi kesehatannya, kucing Devon Rex diketahui mampu bertahan hidup hingga usia 15 tahun.

Baca juga: Kucing Egyptian Mau: Ras Kuno Titisan Dewa

Adopsi

Kucing ini langka, untuk mengadopsinya akan membutuhkan banyak “pengorbanan”. Sebagai informasi awal, harga kucing Devon Rex saat ini berkisar antara Rp. 16.000.000 hingga Rp. 26.000.000 tergantung usia, kondisi dan kualitasnya.

Pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi. Dan pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing seperti ICA, FIFe dan CFA.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar