Kucing Cymric: Kucing Ekor Pendek yang Rupawan

Kucing Cymric adalah jenis kucing dengan bulu panjang dan terlihat tidak memiliki ekor alias bundel. Kucing ini adalah Manx dalam versi bulu panjang. Tidak heran karena memang penampilan serta motif yang dimiliki memang terlihat seperti Manx. Jika Anda suka kucing bundel berbulu panjang, Cymric adalah pilihannya.

Kucing Cymric
Kucing Cymric (Itachi Silverwolf)

Kucing Cymric (dibaca: kim-rick) bagi sebagian penggemar kucing tetap dianggap sebagai jenis Manx versi bulu panjang. Beberapa orang lain menganggap ini adalah jenis berbeda dari jenis Manx. Namun apapun yang Anda pilih, hal tersebut tidak menghilangkan kenyataan bahwa kucing ini terlihat menggemaskan.

Sekilas Tentang Kucing Cymric

Nama LainLonghair Manx
Berat Tubuh3.5 kg – 6 kg
Warna BuluPutih, Biru, Hitam, Merah, Cream, Silver, Biru-cream, Coklat
Pola BuluTortie, Bicolor, Calico, Tabby, Ticking, Smoke, Shaded
Warna MataKuning, Emas, Amber, Tembaga, Hijau, Hazel, Oranye
Rentang Usia9 – 13 Tahun
PerawatanSedang
KarakteristikAdaptif, Sosial, Aktif, Cerdas
PengakuanCFA, FIFe, TICA, WCF, AACE, ACF, ACFA, CAA, CCA, AFC, CCC, ACFF, CFF, GCCF, LOOF, NZCF, SACC
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 16.800.000

Jika Anda ingin mengetahui secara lengkap tentang kucing Cymric, kucingmania akan mengulasnya secara lengkap berikut ini. So, baca hingga tuntas untuk menambah pengetahuan Anda tentang jenis kucing ini.

Sejarah

Sejarah kucing Cymric dimulai bersamaan dengan munculnya cerita tentang kucing Manx. Awalnya Manx mendiami pulau Man (kepulauan di laut Irlandia). Bagaimana nenek moyang kucing Manx dan Cymric mulai mendiami pulau Man memiliki beberapa cerita yang simpang siur.

Sebuah cerita mengatakan jika pada tahun 1558 sebuah kapal milik Spanyol tenggelam di sekitar pulau Man. Beberapa kucing yang ada di kapal tenggelam ini berenang menyelamatkan diri ke pulau Man. Kucing-kucing ini kemudian hidup dengan makmur di pulau Man karena banyaknya hewan pengerat di pulau ini. Mereka berkembang biak dan kemudian secara turun temurun menjadi penduduk tetap pulau Man.

Kucing Cymric
Kucing Cymric (Itachi Silverwolf)

Cerita versi lain mengatakan jika nenek moyang kucing Manx dan Cymric masuk ke pulau Man mengikuti para pedagang yang berasal dari Fenisia. Para pedagang ini membawa kucing yang mereka bawa dari Jepang dalam perjalanan perdagangan mereka yang kemudian singgah di pulau Man.

Jika Manx sudah dikenal duluan sejak tahun 1900-an, kucing Cymric mulai dikenal pada tahun 1963. Awal kemunculannya kucing ini bernama Longhair Manx. Dalam perjalanan waktunya, nama jenis kucing ini dirubah menjadi Cymric oleh Blair Wright dan Leslie Falteisek (pelopor pelestarian kucing Cymric).

Organisasi kucing pertama yang menerima status pendaftaran dan mengakui jenis Cymric secara penuh adalah CCA (The Canadian Cat Association) pada tahun 1976. Beberapa organisasi kucing lain sebagian besar juga mengakui Cymric kecuali Cat Fanciers’ Federation (CFF).

Kepribadian

Kucing Cymric adalah kucing yang aktif. Mereka akan sangat menyukai bermain-main dan memanjat. Dengan aktifitas tingginya, kucing ini akan tetap memiliki waktu santai bersama pemiliknya dengan bersantai di pangkuan orang yang menjadi favoritnya.

Cymric juga termasuk kucing yang sosial dan adaptif. Mereka cepat beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru. Sebagai kucing yang sosial, Cymric sangat menerima kehadiran anak-anak kecil dan hewan peliharaan lain di lingkungan tempat tinggalnya.

Kucing Cymric
Kucing Cymric (chipve)

Dengan pelatihan rutin, kucing Cymric bisa diajari untuk menerima perintah sederhana yang diajarkan pemiliknya karena mereka cukup cerdas untuk ukuran kucing. Dan kucing ini termasuk salah satu jenis kucing yang tidak takut dengan air (mereka bahka menyukai bermain air).

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuh berukuran sedang, kompak serta memiliki tulang dan otot yang kuat. Kepala sedang dan lonjong. Telinga cukup lebar dengan ujung membulat. Mata besar dan bulat serta ekspresif. Kaki besar dan kokoh karena ototnya kuat, kedua kaki depannya sedikit lebih pendek daripada kedua kaki belakang.

Ekor pendek dan bahkan cenderung tidak memiliki ekor namun dengan sedikit tonjolan tulang. Bulu semi panjang hingga panjang, lembut dan halus ketika dibelai. Bulunya terdiri dari dua lapisan dimana lapisan dasar lebih tebal dan bagian luar lebih terbuka. Pada beberapa musim bulunya akan cenderung rontok.

Kesehatan

Kebanyakan kucing Cymric sehat. Namun beberapa juga akan mengalami masalah gangguan kesehatan yang beresiko diturunkan secara turun temurun seperti:

  • Tulang belakang terlalu pendek beresiko menyebabkan cacat saluran kemih, usus dan pencernaan.
  • Distrofi Kornea: Mata keruh.
  • Arthritis tulang ekor.

Gangguan kesehatan lainnya sama seperti yang dialami kucing pada umumnya seperti demam, selera makan turun, flu dan sebagainya. Kondisi penyakit berat lainnya seperti obesitas dan diabetes juga bisa menyerang kucing yang memiliki pola makan buruk.

Kucing Cymric
Kucing Cymric (chipve)

Masalah kesehatan serius lainnya yang layak diwaspadai adalah serangan virus. Calicivirus akan membuat kucing sangat kesakitan dan distemper kucing juga berpotensi mengancam nyawa kucing. Untuk mengantisipasinya tentu dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Bulu panjang kucing Cymric perlu disisir dan disikat dengan sikat lembut secara rutin agar tidak kusut dan membantu mengurangi bulu mati yang rontok yang beresiko membuat kucing hairball.

Baca juga: Jenis Kucing Bertelinga Lebar yang Eksotis

Perawatan rutin lainnya adalah menggosok gigi. Membersihkan gigi secara rutin akan mengurangi resiko kucing terkena penyakit periodontal pada kucing. Bersihkan juga kotoran telinganya agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang berpotensi menyebabkan serangan kutu telinga.

Rentang Usia

Dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik dan perawatan yang tepat dan ideal, usia kucing Cymric berkisar antara 9 hingga 13 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Cymric

Berapa harga kucing Cymric? Saat ini harga kucing Cymric berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 16.800.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Dan harga tersebut masih belum termasuk biaya lain seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Pixie Bob: Ekor Bundel dan Manja

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar