Kucing Cornish Rex: Bertubuh Ramping dengan Telinga Lebar

Kucing Cornish Rex memiliki bulu lembut, bergelombang, bertelinga lebar dan penampilan yang menarik. Seperti apakah profil kucing berukuran sedang yang berasal dari Inggris dan memiliki penampilan yang hampir menyerupai Devon Rex ini?

Kucing Cornish Rex
Kucing Cornish Rex (Tessa`s Cats Photo)

Sekilas Tentang Kucing Cornish Rex

Berat Tubuh2.5 kg – 5 kg
Warna BuluHitam, Coklat, Putih, Oranye, Dilute Biru, Cream, Lilac
Pola BuluSolid, Tabby, Bicolor, Tortoiseshell, Smoke
Warna MataBiru, Emas, Hijau, Biru-hijau
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikSetia, Cerdas, Manja, Penyayang, Aktif
PengakuanCFA, FIFe, TICA, AACE, ACF, ACFA, CAA, CCA, AFC, GCCF
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 18.000.000

Secara sekilas, penampilan Cornish Rex hampir mirip dengan Devon Rex. Mereka sama-sama dari Inggris dan dari beberapa segi tubuhnya hampir terlihat sama. Supaya kita bisa membedakan diantara keduanya, tidak ada salahnya kita berkenalan dengan kucing yang memiliki sifat manja ini.

Sejarah

Cikal bakal kucing Cornish Rex muncul pada 21 Juli 1950 di Bodmin Moor, Cornwall, Inggris. Ketika itu seekor kucing bernama Serena yang memiliki bulu putih melahirkan 5 bayi kucing. Pemiliki Serena yaitu Nina Ennismore menyadari jika salah satu bayi kucing yang dilahirkan memiliki penampilan yang berbeda.

Salah satu anak Serena memiliki bulu sangat pendek dan keriting. Sedangkan bayi kucing lainnya berbulu cukup panjang dan lurus. Nina Ennismore memberi nama anak kucing keriting ini Kallibunker. Selain keriting, bulu-bulu milik Kallibunker sangat lembut dan bergelombang.

Nina Ennismore kemudian menghubungi ahli genetika bernama AC Jude. Setelah mengamati Kallibunker, AC Jude memberikan saran kepada Nina untuk mengawinkan Kallibunker dengan induknya. Perkawinan ini menghasilkan 3 bayi kucing. Satu berbulu lurus dan dua lainnya berbulu lebat dan bergelombang.

Kucing Cornish Rex
Kucing Cornish Rex (Jackie Petersen)

Masih penasaran, Nina Ennismore kembali mengawinkan Kallibunker dengan induknya untuk yang kedua kalinya. Pada percobaan kedua ini, lahir kembali bayi-bayi kucing dengan bulu keriting, lebat dan bergelombang.

Jenis kucing baru ini kemudian diberi nama Cornish Rex yang merupakan gabungan nama antara Cornish dan Rex yang berasal dari nama jenis kelinci Astrex dengan penampilan yang sama-sama berbulu keriting, lebat dan bergelombang.

Pada tahun 1957, kucing Cornish Rex dibawa ke Amerika Utara. Peternak berencana mengembangkan Cornish Rex namun mengalami kendala karena kurangnya stok kucing Cornish Rex yang bisa dijadikan indukan. Oleh karena itu ketika itu Cornish Rex sempat disilangkan dengan kucing Siam.

Baca juga: 17 Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Pada tahun 1963 kucing Cornish Rex mulai mendapatkan pengakuan. Dimulai oleh American Cat Fanciers Association (ACFACAT) dan Canadian Cat Association (CCA-AFC) serta kemudian pada tahun 1964, The Cat Fanciers’ Association (CFA) mengakui Cornish Rex sebagai kucing kejuaraan.

Kepribadian

Cornish Rex terkadang mendapatkan sebutan kucing yang menyerupai anjing dalam sifatnya. Salah satu hal yang mendasari penyebutan ini karena kucing ini suka bermain-main benda yang dilempar pemiliknya dan kemudian membawa kembali benda tersebut.

Kucing Cornish Rex
Kucing Cornish Rex (Sebastian Matuszczyk)

Sifatnya sangat manja, berorientasi kepada pemiliknya, suka mencari perhatian dan tidak akan segan-segan untuk duduk di pangkuan pemiliknya. Mereka kucing yang aktif, suka berlari kesana kemari dan suka melompat serta naik ke sudut yang tinggi.

Bahkan hingga usia dewasanya kucing ini dikenal sebagai kucing yang memiliki sifat seperti anak-anak kucing yang ceria. Selain itu kucing ini juga sangat suka perhatian, mudah ditangani dan cenderung memiliki kecerdasan sehingga mudah untuk dibiasakan mempelajari perintah dan trik tertentu.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing ini memiliki ukuran tubuh kecil hingga sedang, ramping kepala cenderung berukuran kecil, moncong menyempit dengan ujung membulat. Telinganya besar dan tegak posisi waspada. Ukuran mata sedang, bentuk lonjong dan sedikit miring keatas. Meskipun terlihat kecil dan ramping, kucing ini akan terasa berat ketika sobat mengangkatnya.

Kaki panjang, ramping, paha berotot dan cakar-cakar yang kecil. Jumlah jari di kedua kaki depannya masing-masing lima dan masing-masing empat di kedua kaki belakangnya. Ekor panjang dan ramping serta meruncing di bagian ujungnya. Bulu pendek, lembut, lebat, padat, bergelombang.

Kesehatan

Kucing Cornish Rex tidak memiliki penyakit bawaan yang diwariskan secara turun temurun. Namun beberapa kasus gangguan kesehatan dikabarkan kerap menyerang kucing ini, seperti:

  • Hernia Umbilikalis.
  • Kebotakan herediter.
  • Kardiomiopati hipertrofi.
  • Cedera atau keseleo pada bagian Patella.

Untuk menjaga dan merawat kesehatannya, disarankan melakukan vaksinasi secara rutin untuk mencegah serangan virus yang kerap menyerang kucing dan bahkan diantara cenderung mematikan.

Perawatan

Bagaimana perawatan Cornish Rex? Bulu-bulunya yang bergelombang, padat dan halus tidak perlu terlalu sering disisir karena malah akan merusaknya. Perawatan standar lain yang diperlukan adalah rutin membersihkan mata, menggosok gigi dan memotong kuku.

Baca juga: Kucing Minskin: Si Cebol Berpenampilan Unik

Hal penting berikutnya adalah rajin membersihkan telinga untuk menghindari penumpukan kotoran dan mencegah serangan parasit seperti kutu telinga.

Bulu-bulu Cornish Rex meskipun padat dan bergelombang namun diketahui tidak begitu bagus dalam memberikan perlindungan dari cuaca panas dan dingin. Tidak disarankan terlalu lama dan sering membiarkan kucing ini terpapar panas sinar matahari secara langsung.

Kucing Cornish Rex
Anak Kucing Cornish Rex (Sigríður Dagbjartsdóttir)

Selalu itu ketika cuaca sangat dingin, kucing ini juga membutuhkan bantuan kehangatan. Kita bisa memakaikan baju atau sweater untuk menghangatkan tubuhnya.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan memperhatikan kondisi kesehatannya dengan baik, umur kucing Cornish Rex bisa mencapai usia 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Cornish Rex

Sobat ingin mengadopsi kucing ini? Harga kucing Cornish Rex saat ini berada di kisaran Rp. 11.000.000 hingga Rp. 18.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya.

Baca juga: Kucing Devon Rex: Telinga Peri Penuh Kasih Sayang

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar