Kucing Chinchilla: Kucing Cantik nan Anggun

Kucing Chinchilla adalah kucing berbulu panjang dan berwarna putih. Di ujung bulu-bulunya nampak warna perak dan sebagian terlihat kuning keemasan. Jadi perpaduan putih dan perak pada bulunya membuat kucing Chinchilla terlihat sangat menawan. Apakah sobat pecinta kucing tidak merasa asing dengan bentuk wajahnya?

Kucing Chinchilla
Kucing Chinchilla (Chemose)

Jika Anda penggemar kucing, mungkin Anda sudah memperkirakan bahwa kucing ini terlihat seperti kucing Persia jika melihat bulu dan bentuk wajahnya. Jika sobat memiliki pemikiran seperti itu, ada benarnya lho. Kucing ini memang masih memiliki darah Persia dan bahkan nama lainnya adalah Persia Chinchilla.

Sekilas Tentang Kucing Chinchilla

Berat Tubuh3.5 kg – 5.5 kg
Warna BuluPutih Perak, Perak, Biru-perak, Emas, Biru-emas, Hitam-emas, Oranye
Pola BuluSolid, Smoke, Shade, Bicolor
Warna MataKuning, Hijau, Lime
Rentang Usia12 – 16 tahun
PerawatanTinggi
KarakteristikManja, Setia, Sosial, Penyayang
PengakuanSACC
HargaRp. 9.500.000 – Rp. 70.000.000

Kucing Chinchilla ada karena campur tangan manusia yang melakukan perkawinan silang dua jenis kucing yang berbeda. Kucing ini membuat dunia perkucingan terbelah menjadi dua kubu. Kubu pertama menganggap Chinchilla adalah jenis khusus dan kubu kedua menganggap Chinchilla adalah variasi kucing Persia.

Bagaimana asal mula kemunculan kucing ini dan seperti apakah profil serta karakteristiknya akan kami ulas secara lengkap berikut ini.

Sejarah

Sejarah kucing Chinchilla sangat panjang. Semuanya dimulai di Inggris pada tahun 1882. Seekor kucing Persia betina dengan warna bulu biru kawin dengan kucing liar jantan. Kucing Persia betina ini kemudian melahirkan anak kucing yang salah satunya berwarna smoke.

Anak kucing ini kemudian diberi nama Chinnie oleh pemiliknya. Ketika dewasa, Chinnie kemudian kawin dengan kucing berwarna perak dan menghasilkan keturunan yang kemudian memiliki bulu warna perak. Pada akhir kemudian anak Chinnie ini kemudian akan melahirkan keturunan yang berwarna keperakan.

Kucing Chinchilla
Kucing Chinchilla (MissKawaiiChan)

Cucu dari Chinnie ini diberi nama Silver Lambkin yang kemudian menjadi akan cikal bakal untuk mengembang biakkan kucing Chinchilla.

Hingga saat ini, beberapa organisasi kucing memberikan perlakuan berbeda dalam menerima pendaftaran jenis kucing ini. TICA dan CFA menerima dan menganggap kucing Chinchilla sebagai Persia Chinchilla. Dan organisasi lain selain keduanya menerima Chinchilla sebagai jenis kucing khusus yaitu kucing Chinchilla.

Karakteristik

Chinchilla adalah kucing yang tenang dan lembut. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang memiliki sifat manja dan penyayang. Chinchilla akan cenderung setia kepada manusia favoritnya yang mampu merawat dan menyayanginya sepenuh hati.

Kucing Chinchilla menyukai lingkungan yang tenang. Oleh karena itu kucing ini juga merasa kurang nyaman berada di sekitar anak-anak kecil yang cenderung gaduh. Mereka juga sangat suka diperhatikan sehingga kurang cocok jika sering ditinggal sendiri dalam kesepian.

Rasa sayang kepada pemiliknya akan ditunjukkan dengan suka menikmati waktu bersantai dengan duduk di pangkuan atau mengikuti pemiliknya tidur. Termasuk kucing yang sosial karena bisa bergaul dengan baik ketika ada hewan peliharaan lain yang hidup bersamanya.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing Chinchilla adalah kucing dengan tubuh pendek, gempal, bulat, dan kompak. Yang membuat tubuhnya gempal adalah tulang dan ototnya yang tebal. Kaki-kakinya pendek namun memiliki tulang dan otot yang tebal.

Kucing Chinchilla
Kucing Chinchilla (tanju Anlaş)

Matanya bulat dan besar serta memiliki tatapan yang ekspresif. Telinganya kecil jika dibandingkan dengan ukuran tubuh dan kepalanya yang lebar, besar, dan bulat. Hidungnya tidak akan sedatar atau sepesek kucing Persia.

Bulu panjang halus dan lembut ketika dibelai. Warna kucing Chinchilla adalah putih perak, perak, biru perak, emas, dan biru emas.

Kesehatan

Kucing Chinchilla memiliki kemungkinan mewarisi gangguan kesehatan sama seperti yang dialami oleh kucing Persia yaitu penyakit ginjal polikistik. Namun tidak semua kucing akan mengalaminya. Oleh karena itu penting untuk memantau kondisi kesehatannya ketika mengadopsi kucing ini.

Masalah kesehatan lain sama seperti yang dialami kucing pada umumnya. Sobat harus mewaspadai serangan virus pada kucing. Beberapa virus yang menyerang berpotensi mengancam nyawa. Bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan vaksin secara rutin agar terhindar dari masalah virus.

Perawatan

Bulu panjang kucing Chinchilla memerlukan perhatian khusus. Sangat disarankan untuk rutin menyisir atau menyikat bulu-bulunya agar tidak kusut dan membantu mengangkat bulu mati. Hal ini membantu menghindari kucing mengalami hairball.

Baca juga: Kucing Termahal, Harganya Fantastis!

Perhatikan kebersihan giginya dengan rajin menggosok atau membersihkan gigi. Hal ini untuk menghindari masalah kesehatan mulut dan gigi seperti penyakit periodontal pada kucing. Bersihkan juga kotoran matanya supaya tidak menumpuk dan menimbulkan kerak yang kemudian akan membekas permanen.

Kucing Chinchilla
Kucing Chinchilla (Volkan_83)

Bersihkan kotoran telinganya secara rutin. Hindari penumpukan kotoran di dalam telinga agar kucing terhindar dari berbagai masalah seperti infeksi telinga dan kemungkinan serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang ideal dan tepat serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, harapan hidup kucing Chinchilla berkisar antara 12 – 16 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Chinchilla

Apakah sobat tertarik untuk memelihara kucing yang cantik dan mempesona ini? Sebagai informasi, harga kucing Chinchilla saat ini berkisar antara Rp. 9.500.000 hingga Rp. 70.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Namun sobat harus tahu juga bahwa biaya tersebut masih belum termasuk biaya tambahan seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Burmilla: Si Manis nan Menawan

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar